Games

Menjadi Penjelajah Luar Angkasa Di Stellar Wanderer



stellar-wanderer-1

Terkadang saya memimpikan bahwa suatu saat nanti, atau bahkan mungkin beberapa puluh tahun ke depan, orang-orang akan mulai berkendara di luar angkasa. Mereka mulai berpindah dari satu planet ke planet lain untuk sekadar piknik, menjalankan bisnis, atau kepentingan lainnya. Paling tidak, itulah yang ada di benak saya mengenai topik tentang luar angkasa.

Nampaknya, apa yang ada di pikiran saya tadi, kurang lebih sama dengan apa yang saya temukan pada Stellar Wanderer, sebuah game buatan tim pengembang Crescent Moon Games dan Dreambuilder. Pada Stellar Wanderer, kalian akan diajak menjadi penjelajah angkasa. Dan sebagai penjelajah angkasa, tentunya pemain akan mengalami banyak petualangan, baik berupa petualangan yang menyenangkan, atau petualangan yang berbahaya.

Seorang Penjelajah Angkasa

stellar-wanderer-2
Pada awal permainan, sebuah film pendek akan muncul sebagai pengantar cerita yang akan membawa pemain kepada apa yang akan pemain alami di sepanjang permainan. Dan tidak lupa, sebagai penjelajah angkasa, tentunya pemain akan dibekali dengan sebuah pesawat luar angkasa milik pemain sendiri. Pesawat inilah yang akan menjadi alat serang, rumah, sekaligus pelindung bagi pilot, yaitu pemain sendiri.

Jalan cerita pada Stellar Wanderer cukup klise, dimana seorang misterius yang kaya menyewa jasa pemain untuk melakukan beberapa pekerjaan serius, seperti menembak pesawat musuh, menambang apapun yang sang karakter misterius minta, dan umumnya, pemain lah yang akan melakukan semua pekerjaan yang diminta oleh sang karakter misterius tersebut, tentunya dengan bayaran yang sesuai.

Semakin banyak tugas yang berhasil pemain selesaikan, maka semakin banyak pula uang yang akan pemain dapatkan. Pemain kemudian dapat menghabiskan uang ini untuk membeli peralatan yang diperlukan untuk memperbagus kapal luar angkasa pemain sendiri, seperti senjata, perlengkapan untuk para awak kapal, sumber tenaga, serta kargo. Untuk memodifikasi kapal luar angkasa milik pemain, maka pemain harus kembali ke hangar, yang berada di kapal luar angkasa utama. Disini pula, pemain dapat membeli pesawat luar angkasa yang baru yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Hal unik lainnya lagi, pada Stellar Wanderer, pemain mempunyai kesempatan untuk memilih kelas dari karakter utama yang akan pemain mainkan, sesuai dengan cara bermain pemain sendiri. Kelas ini terbagi menjadi empat: Fighter, Trader, Tank, dan Engineer. Fighter akan membuat pemain mempunyai kemampuan menyerang yang lebih kuat dibanding kelas lainnya. Trader akan membuat pemain mempunyai kemampuan negosiasi yang lebih baik daripada kemampuan bertempurnya. Tank berarti memperkuat pertahanan pemain, yang juga berarti pemain dapat menerima serangan jauh lebih besar. Dan yang terakhir, Engineer berguna untuk membuat berbagai objek, yang kemudian dapat digunakan untuk menghabisi para musuh atau untuk keuntungan pemain sendiri.

Butuh Penyesuaian Untuk Mengendalikan Pesawat Luar Angkasa

stellar-wanderer-3
Salah satu misi penting yang diminta oleh sang karakter misterius ini adalah berperang, maka pengendalian kapal luar angkasa adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. Untungnya bagi pemain, pengendalian kapal luar angkasa tidak serumit yang kalian bayangkan, dan justru dibuat dengan sangat sederhana.

Pemain dapat menggerakkan kapal luar angkasa dengan menggunakan sensor akselerator, atau dengan kata lain kalian dapat menggerakkan iPad ke kanan dan kiri, atau atas dan bawah sesuai dengan ke arah mana kapal luar angkasa ingin kalian arahkan. Cukup sulit memang jika pemain tidak terbiasa dengan kendali yang satu ini, namun saya rasa setelah beberapa saat, maka pemain akan mulai cukup familiar dengan kendalinya sendiri.

Ada beberapa opsi kendali yang dapat diubah pada Stellar Wanderer, seperti kalibrasi dan perubahan sumbu X dan Y. Pada bagian kiri layar, akan terdapat dua tombol virtual utama, sebagai tombol untuk akses akselerasi dan rem. Sedangkan pada bagian kanan layar akan terdapat tombol virtual lain yang berfungsi untuk menembak, melakukan warp time atau lompatan waktu. Tombol virtual terakhir ini juga dapat digunakan untuk mendaratkan kapal ke hangar pada kapal luar angkasa utama saat tidak terjadi kombat.

Titik Aim Yang Terlalu Kecil

stellar-wanderer-4
Grafis pada game ini bisa dibilang cukup baik. Saya tidak bisa mengatakan bahwa grafisnya sekelas dengan game pada konsol, tidak, game ini sepertinya belum sampai kesana. Namun saya cukup terhibur dengan detail berbagai objek yang ditampilkan pada layar iPad saya. Beberapa objek terlihat cukup baik teksturnya dan animasi dari beberapa objek tersebut tertampil tanpa adanya lag. Gambar latar belakangnya juga terlihat cukup jelas walaupun tidak terlihat bergerak.

Tidak hanya soal grafis saja, musik dan suara aktor pun terdengar sangat baik. Saya cukup menikmati suara musik latarnya dan tentu suara aktor yang berbeda satu sama lain, seperti mendengar pembicaraan sungguhan. Lalu apa yang terlewat ketika mekanisme permainan, sistem kendali, grafis dan musiknya dibuat dengan baik? Apakah itu berarti tidak ada kelemahan sama sekali? Tentu tidak.

stellar-wanderer-5
Apa yang dilewatkan oleh game aksi luar angkasa yang satu ini justru hal yang sepele. Ada dua hal yang benar-benar membuat saya terkadang merasa frustasi. Hal pertama adalah titik aim yang sangat kecil. Saya memainkan game ini di iPad, dan itupun terkadang saya masih sering kehilangan titik aim karena titik aim ini terkadang menjadi satu dengan gambar di latar belakang, yang menjadikannya sulit untuk dilihat. Hal ini tentunya cukup mengganggu ketika kalian harus berperang melawan musuh, berputar-putar dalam gerakan yang cukup cepat.

Hal lain yang mengganggu adalah sistem kombat. Pada saat menembak, muncul kotak kecil yang berfungsi sebagai bantuan aim. Semua musuh yang berada pada kotak ini akan menerima serangan dari tembakan kita, meskipun titik aimnya tidak menunjukkan tepat ke arah sasaran. Bukan hal yang besar mungkin, namun bagi sebagian dari kalian yang benar-benar menginginkan sebuah tantangan, hal itu mungkin akan menjadi kabar buruk, menjadikan game yang satu ini kurang menantang. Sayangnya lagi, tidak ada opsi untuk mematikan bantuan aim ini.


Baca Juga:

Kesimpulan

Saya tidak terlalu menyukai permainan game aksi yang mengharuskan saya untuk menggunakan kendali akselerator, atau menghilangkan tombol virtual sama sekali. Menurut saya, hal ini membuat sebuah game hampir tidak mungkin untuk dimainkan di ruang publik. Jadi jika kalian adalah seorang yang suka dengan sebuah game tentang aksi luar angkasa dan menginginkan sebuah game yang dapat dimainkan dimana, dan kapan saja, maka Stellar Wanderer bukanlah sebuah game yang cocok untuk kalian. Beberapa orang mungkin tidak masalah menggerak-gerakkan iPadnya di depan umum, namun beberapa lainnya mungkin cukup canggung untuk melakukannya terang-terangan.

Namun diluar itu, dan secara keseluruhan, Stellar Wanderer adalah game aksi petualangan luar angkasa yang sangat baik. Grafisnya yang hampir menyerupai game di konsol, suara musik yang sesuai dengan aksi yang pemain lakukan di setiap petualangan, serta suara dari aktor yang mengisi setiap karakter diperdengarkan dengan sangat baik. Dan walaupun latar belakang ceritanya cukup klise, saya toh tetap bisa menikmatinya. Mungkin ini saatnya kalian untuk mencobanya sendiri, untuk melihat dan merasakan bagaimana rasanya untuk menjadi seorang penjelajah luar angkasa.

Download Stellar Wanderer · Harga: 75000


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top