News

Swift Masuk Daftar 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Swift yang dibuat Apple sejak 2014, untuk pertama kalinya masuk daftar 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia pada bulan ini. Informasi yang bersumber dari Tiobe Index (via 9To5Mac) ini menyebutkan, perhitungan yang dilakukan melewati 3 faktor dan menggunakan search engine sebagai bantuan riset.

The ratings are based on the number of skilled engineers world-wide, courses and third party vendors. Popular search engines such as Google, Bing, Yahoo!, Wikipedia, Amazon, YouTube and Baidu are used to calculate the ratings

Tiobe juga menjelaskan bahwa perhitungan ini tidak melibatkan seberapa banyak jumlah barisan kode yang telah dibuat dengan Swift atau hal yang berhubungan dengan kuantitas lainnya. Mereka juga punya argumen menarik mengenai Swift. Yaitu prestasi ini tidak akan lebih tinggi lagi, masuk daftar 5 besar misalnya.

Karena masih banyak sekali pengembang yang lebih nyaman dengan bahasa pemrograman Objective-C. Beberapa aplikasi baru di App Store memang sudah menggunakan Swift, namun jumlahnya masih berbading sangat jauh jika melihat beragam aplikasi lawas yang terus mendapatkan update dan setia di Objective-C.


Baca Juga:


Tujuan utama dari catatan yang dibagikan oleh Tiobe adalah mengajak para perusahaan atau pengembang aplikasi menentukan manajemen strategik untuk aplikasi buatannya. Tentunya dengan mengentahui bahasa pemrograman yang sedang populer, para pengembang bisa mulai belajar hal baru atau mempersiapkan update aplikasinya dengan perubahan lewat bahasa pemrograman Swift.

Swift adalah bahasa pemrograman buatan Apple yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi di iOS, macOS, tvOS dan watchOS serta Linux. Apple membuat Swift di jalur Open Source untuk membuat siapa saja dapat berpartisipasi dan mengembangkan bahasa pemrograman tersebut. Namun sayangnya beberapa waktu lalu Chris Lattner sebagai pembuat Swift menyatakan bahwa dirinya keluar dari Apple dan masuk ke Tesla. Sedangkan menurut rumor lain menyebutkan, Apple akan merilis Swift 4.0 di WWDC 2017.


Download Gratis E-Book “Mudah Membuat Aplikasi iOS”

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top