News

Tak Jadi di Jakarta, Apple Siap Bangun Pusat R&D di Banten

Apple Store

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengungkapkan bahwa Apple tidak jadi memilih Ibukota Jakarta sebagai salah satu kota di mana mereka bakal membangun pusat riset dan pengembangannya (R&D) di Indonesia.

Melainkan Rudiantara, sebagaimana dikutip Detikinet, mengatakan bahwa perusahaan yang digawangi CEO Tim-Cook tersebut bakal membangun R&D miliknya di Banten yang letaknya tidak jauh dari Jakarta.

“Nggak di Jakarta. Secara administrasi bukan Jakarta. Tapi dekat Jakarta,” kata menteri yang kerap disapa Chief RA ini usai menyampaikan keynote di acara Indonesia Digital Economy Forecast 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (19/1/2016).

“Di Banten, pak?” tanya wartawan. “Tahu saja,” kata Menkominfo sembari tersenyum.

Adapun soal lokasi rincinya, Apple diduga kuat bakal mendirikan kantor R&D miliknya Serpong, Tangerang Selatan. Bukan hanya dekat dari Jakarta, lokasi ini dinilai memiliki infrastruktur yang memadai buat dijadikan kantor pertama Apple.

Pembangunan fasilitas R&D Apple di Banten sudah sesuai dengan permintaan Rudiantara. Dalam pertemuannya dengan perwakilan Apple belum lama ini, Rudiantara dilaporkan meminta Apple untuk tidak membangun R&D miliknya di pulau Jawa saja tapi lebih Indonesia-sentris.


Baca juga:


Seperti diberitakan sebelumnya, Apple direncanakan sudah memilih 4 kota di Indonesia untuk membangun kantor R&D miliknya dengan nilai investasi mencapai $48 juta, yaitu Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Surakarta. Mereka bakal membangunnya awal tahun ini.

Pembangunan R&D miliknya di Indonesia menandai komitmen Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G LTE yang berlaku di tahun ini. Sehingga mereka bisa mulai secara resmi menjual produk-produknya, termasuk iPhone, di pasaran Tanah Air.

Sayangnya, belum ada informasi pasti soal kapan Apple bisa mulai menjual produk-produknya di Indonesia meski mereka sudah mengantongi izin dari Dirjen Postel untuk melakukannya. Tapi diperkirakan iPhone 6s, iPhone 7, dan produk baru lainnya bakal segera dijual di sini dalam waktu yang tidak lama lagi.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top