Featured

Tidak Mau Bekerjasama, Telkom Blokir Netflix di Indonesia

Layanan streaming konten film dan TV series Netflix yang belum ada sebulan hadir di Indonesia, mulai hari ini ditutup aksesnya oleh Telkom. Ya, menurut laman sumber DailySocial, hal ini resmi dilakukan mulai hari ini, 27 Januari 2016 pukul 00.00 WIB untuk semua saluran pelanggan IndoHome, Wifi.id dan Telkomsel.

Kabarnya keputusan ini terpaksa diambil oleh Telkom karena Netflix dianggap tidak punya izin dan mematuhi peraturan di Indonesia. Yaitu terkait kerjasama dengan operator lokal untuk membatasi akses konten yang berbau pornografi dan kekerasan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan.

Kami blokir Netflix karena tidak memiliki ijin atau tidak sesuai aturan di Indonesia, dan banyak memuat konten yang tidak diperbolehkan di negeri ini. Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,”

“Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia. Di luar negeri mereka (Netflix) lakukan kerjasama dengan beberapa operator, masa di sini tidak? Padahal, jika kerjasama dengan operator lokal banyak manfaat didapatkan kedua belah pihak”

Sedikit mundur ke belakang, kabarnya Netflix punya waktu 1 bulan untuk mengurus segala hal mengenai kehadirannya di Indonesia. Seperti kepemilikan badan hukum yang jelas, kerjasama dengan operator lokal untuk menerapkan platform Over The Top (OTT) dan beragam hal lainnya.

Pengumuman mengenai hal tersebut disampaikan dalam rapat Kemenkominfo serta Badan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tertanggal 13 Januari 2016. Jadi, sebetulnya belum melampaui batas tenggang waktu 1 bulan – tetapi sekarang aksesnya sudah diblokir..


Baca Juga:

Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Setuju dengan langkah pemerintah atau kamu ada di pihak Netflix sebagai pengguna setia? Bagikan di kolom komentar ya!


Panduan Dasar & Kesan Pertama Menggunakan Netflix di Indonesia

Gambar


14 Comments

14 Comments

  1. pandu

    27 January 2016 at 11:52

    Wah.. doi kebakaran jenggot neh, takut kalah saingan, akhirnya main blokir2 aja, padahal pemerintah masih nunggu netflix untuk mengurus perijinan hingga bulan depan. Ga Fair ini.

  2. Kris

    27 January 2016 at 12:26

    Telkom perbaiki dulu jaringan indihome dan internetnya, ngga usah urus netflix

  3. extrakginseng

    27 January 2016 at 12:45

    gimana mo maju, dikit2 blokir.. Kan belum cukup sebulan juga waktu yg dikasih, bohong kalo operator gak untung. Emang kita nonton netflix gak bayar operator??
    kalo mengenai konten pornografi itu kan ada filternya buat anak2 asal diawai orang tua pemakaiannya.
    Tuh, sinetron, telenovela gak jelas perlu diblokir, gak porno tapi gak mendidik dan pembodohan massal buat NKRI!

    • pandu

      27 January 2016 at 12:59

      Tunggu aja gan, bentar lagi ada gerakan buat buka blokirnya, change.org siap tampung.hehe..
      padahal menterinya aja masih nunggu.

  4. Aku

    27 January 2016 at 13:13

    Takut kalah saing ini mah

  5. ali

    27 January 2016 at 22:32

    Org Indo jgn sok pahlawan kesiangan. Di Tiongkok facebook dan situs2 gede di blokir aja berani. Hrsnya kita dukung pemerintah dong. Biar jd tuan di negri sendiri.

    • L

      29 January 2016 at 09:37

      Dukung pemerintah? 1bulan bray untuk urus ijin..

  6. aunonym

    28 January 2016 at 00:42

    Munafik itu Telkom, kalo ngomongin adegan dewasa, itu di indihomenya dia juga gak disensor itu adegan dewasa.

  7. Ruli Perdana

    28 January 2016 at 06:10

    Terus nasib yg udah sign in ke netflix gimana dong??? mau ngebatalin langganan gak bisa, tp bulan depan mulai bayar tp gk bs gunain layanannya.

  8. ihavemacbookpro

    28 January 2016 at 07:16

    Saya setuju dengan Telkom…..bukan membela dan bukan munafik tapi budaya barat yang perlu kita ambil cukup teknologinya bukan lifestylenya!

  9. jojon

    28 January 2016 at 13:56

    Gila aja tuh telkom, kalo alesanya konten dewasa, kenapa gak sekalian blokir youtube tuh banyak konten semi JAV bertebaran di youtube, dan Juga VK.COM banyak banget tuh film bokepnya masih bisa di akses secara bebas.

  10. Stanley

    28 January 2016 at 21:45

    Yang namanya PT Telkom Indonesia menjadi buah bibir dan sekaligus menjadi bahan tertawaan di seluruh media internasional. Karena alasan sebenarnya tidak diungkap, tetapi pakai alasan “internet sehat”. Kelihatan sekali kalau indihome atau useetvnya ga laku. Programnya jelek dan lebih mahal dari netflix. Bagi yang kena blokir, pindah internet provider saja. Masih banyak yang jauh lebih bagus dari telkom. Telkom itu pilihan terakhir kalau anda tinggal di hutan belantara.

  11. Stanley

    1 February 2016 at 21:17

    Telkom mulai kelihatan belangnya. Netflix diblokir dan membuat sendiri yang namanya Flik. Sekarang internetnya tidak flat lagi, alias diberi kuota. Katanya support, customer sering mencuri bandwidth. Padahal sudah bayar, tapi dibilang pencuri. Hebat. Kelihatannya telkom mau merusak diri-sendiri.

  12. Berry Koasuari

    19 July 2016 at 16:57

    kalau iflix tuh satu perusahaan gak sih sama netflix?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top