News

Tim Cook Kepergok Pakai Pemantau Kadar Glukosa di Apple Watch

Tim Cook

Tim Cook, Foto: Reuters

Fitur pemantau kadar gula darah atau glukosa yang siap dihadirkan di perangkat Apple Watch generasi berikutnya ternyata bukan sekadar rencana belaka. Apple dikabarkan sudah mulai mengujinya.

Laporan yang dilansir dair CNBC menyebutkan bahwa CEO Apple Tim Cook kepergok tengah mengenakan prototipe perangkat yang bisa mendeteksi kadar glukosa yang terhubung ke Apple Watch miliknya.

A source said that Cook was wearing a prototype glucose-tracker on the Apple Watch, which points to future applications that would make the device a “must have” for millions of people with diabetes – or at risk for the disease.

Lantaran masih berupa prototipe, perangkat yang bisa mencatat kadar gula darah yang digunakan Tim Cook merupakan perangkat terpisah. Dalam prosesnya, perangkat tersebut menempel ke Apple Watch dan terhubung via Bluetooth.

Hal ini memunculkan sejumlah spekulasi. Pertama, Apple kemungkinan bakal menyematkan fitur kesehatan yang sangat berguna bagi penderita diabetes tersebut di dalam Apple Watch generasi baru. Dan kedua, mereka bakal menjual pemantau kadar glukosa tersebut sebagai aksesoris tambahan buat Apple Watch.

Spekulasi kedua cukup masuk akal. Mengingat, Apple harus mendapatkan izin dari badan makanan dan obat AS, FDA, jika ingin menyematkan fitur pemantau kadar glukosa di Apple Watch. Masalahnya, Apple menolak melakukannya karena prosedurnya yang diklaim bisa menghambat perkembangan teknologi.


Baca juga:


Dugaan ini semakin dikuatkan dengan kabar menyebutkan, Apple juga berencana menghadirkan gelang pintar yang memiliki beragam fungsi. Salah satunya adalah dilengkapi fitur pemantau kadar glukosa tadi.

Masih dalam laporan yang sama, Tim Cook diketahui sudah menggunakan pemantau kadar glukosa tersebut. Saat berada di University of Glasgow di Februari untuk menerima penghargaan kehormatan, dia mengungkapkan sudah menggunakannya selama beberapa minggu.

Sebelumnya, Apple dalam persiapannya ini kabarnya sudah membentuk tim kesehatan yang terdiri atas ratusan ahli kesehatan untuk mengerjakan sensor pencatat kadar glukosa di Apple Watch generasi baru nanti.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top