Games

Turmoil, Games Simulasi Pengeboran Minyak di Abad 19



Di awal abad 19 pada belahan dunia bagian Amerika Utara, demam hasil minyak bumi menjadi hal yang sangat booming. Banyak orang di seluruh dunia berlomba ke daerah tersebut untuk mendirikan sumur minyak dan berusaha menjadi kaya raya. Ide ini yang menginspirasi pengembang Gamious B.V. untuk menghadirkan games Turmoil di iOS. Penasaran dengan cara bermain Turmoil? Simak video trailernya dan review MakeMac berikut ini.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenal Turmoil

Games ini menggunakan genre simulasi dan tersedia untuk iPad. Di awal permainan, kamu akan memilih salah satu dari 4 karakter yang tersedia di Turmoil. Tidak ada kemampuan istimewa dari satu karakter atau lainnya, jadi jangan terlau pusing ya. Selesai memilih karakter, kamu akan dikenalkan dengan cara bermain di games Turmoil yang bersifat simulasi dari kegiatan mendirikan dan menjual bahan minyak mentah. Gimana caranya?

Menjadi Pengusaha Pengeboran Minyak

Saat pertama kali bermain, ada beberapa tutorial dasar yang dapat kamu simak dan lakukan langsung. Yaitu syarat dasar dari mencari minyak bumi adalah menyewa “orang pintar” atau ahli yang dapat mendeteksi keberadaan minyak bumi di bawah permukaan tanah. Setelah itu beli Rig alias stasiun pengeboran minyak dan tarik pipa dan bor ke dalam tanah. Untuk menarik dan mengebor pipa juga tidak bisa sembarangan, kamu harus menghemat uang dari setiap panjang pipa yang dikeluarkan dan menemukan sumber minyak potensial.

Setelah berhasil menemukan dan memompa, tugas berikutnya adalah membeli kereta kuda yang mengangkut minyak untuk menjual kepada pihak lain. Di awal permainan hanya ada 1 jenis penjual saja, namun setelah bermain cukup jauh, ada 2 perusahaan yang siap membeli minyak bumi yang kamu dapat dengan harga bersaing. Tinggal tekan ikon panah ke atas dan ke bawah sesuai jumlah kereta kuda yang ingin kamu kirimkan ke perusahaan tersebut. Mudah kan!

Durasi Menambang

Karena berbasis games simulasi, ada batasan yang diberikan pada setiap level permainan. Yaitu dalam bentuk 3 bulan hingga 6 bulan – tertera dari kalender di sisi kiri atas layar. Setiap selesai sebuah periode, Turmoil akan membuka peta tanah dan kamu bisa mengamati daerah mana saja yang sudah digali atau masih tersembunyi. Setelah itu ada tampilan statistik dari pendapatan serta pengeluaran yang kamu lakukan. Mulai dari detail biaya paling tinggi, grafik pendapatan dan juga beberapa lainnya.

Sebagai catatan, pengguna juga dapat melakukan pinjaman ke Bank jika sudah bangkrut atau kehabisan modal. Tentunya proses meminjam di Bank ini menggunakan bunga yang dihitung setiap tahun dalam masa kalender di dalam permainan. Awas hati-hati, jangan meminjam dalam jumlah besar secara langsung ya! Bunga yang diberikan bisa sangat besar dan mencekik pendapatan kamu.


Baca Juga:


Upgrade Kemampuan dan Peralatan

Setelah bermain beberapa level, beberapa tanah kosong yang ada di sekitar tempat pelelangan tanah akan menjadi toko atau workshop. Fungsinya adalah melakukan upgrade untuk setiap bangunan yang kamu miliki, karakter yang mencari minya atau kereta kuda yang digunakan. Bahkan ada bangunan Saloon alias cafe yang dapat kamu gunakan untuk bertemu para petinggi di kota tersebut. Misalnya tuan Kyle dari perusahaan pembeli minya, berikan tip kepada pemilik Saloon untuk membuat proses negosiasi harga minyak kamu tetap tinggi sepanjang tahun.

Yuk Segera Cobain Turmoil!

Tujuan akhir dari Turmoil adalah menjadi kaya dan mengalahkan pendapatan dari 3 rival di games ini. Tentunya tidak mudah dan butuh beberapa strategi. Tim MakeMac punya beberapa tips sederhana untuk bermain Turmoil.

Pertama adalah memulai pengeboran minyak dengan menghemat pipa. Setelah itu gunakan minimal 2 kereta pengangkut yang bertugas secara bergantian untuk membawa minyak dari tempat pengeboran ke penyimpanan, dan dari penyimpanan kepada pihak penjual. Terakhir, jangan membangun Rig atau tempat pengeboran baru jika sudah ada notifikasi bulan terakhir di layar ya!

Tim MakeMac sangat menikmati games Turmoil karena ide yang unik dan cara bermain sangat mudah. Kamu bahkan bisa memainkan games ini sambil mengerjakan hal lainnya – seperti yang sedang saya lakukan saat menulis artikel ini. Tinggal gunakan headphone atau earphone favorit untuk mendengarkan suara petikan gitar di games ini dan sedotan minyak bumi yang bisa saja mengering tanpa terduga.

Tertarik mencoba Turmoil? Games ini dibanderol dengan harga $5.99 alias 89 ribu Rupiah dan mendukung iPad dengan batasan sistem iOS 8 atau lebih baru. Tidak ada iklan atau in-app purchases yang akan menjadi penghalang kamu untuk bermain. Silahkan mencoba mengadu nasib sebagai pengusahan pengeboran minyak dengan games Turmoil ya! Segera unduh Turmoil dengan tautan di bawah ini:

Download Turmoil · Harga: 89000


12 Game Simulasi Pilihan Penulis MakeMac (Part 2)

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top