Tutorial : Jailbreak + Unlock iPhone 3G dengan iOS 4.2.1 (Update)

Apple sudah merilis iOS 4.2.1, update terbaru dari iOS yang disebut Apple sebagai update terbesar yang pernah mereka rilis. Banyak fitur baru yang ditanamkan pada iOS 4.2.1 ini. Namun, apakah iOS 4.2.1 sudah bisa di-jailbreak? Tentu saja! Berikut tutorialnya untuk iPhone 3G!

PERHATIAN! (jika iPhone anda itu Factory Unlock, abaikan bagian ini)

Untuk anda pengguna iPhone 3G Software Unlock/SU (dimana iPhone anda butuh untuk di-unlock), ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

  1. Dalam proses ini, anda bisa memperbaharui baseband iPhone anda ke versi 06.15. Jika iPhone anda terpasang baseband versi 05.14 atau 05.15 atau lebih tinggi, anda harus menempuh proses ini agar bisa di-unlock. Anda tidak bisa menempuh proses ini sekedar hanya untuk men-jailbreak iPhone anda.
  2. TIDAK ADA JALAN KELUAR DARI BASEBAND 06.15. GARANSI ANDA BISA HILANG KARENA PROSES INI.
  3. Sejak dari  iOS 4.2.1, jika iPhone anda ber-baseband versi 06.15, anda tidak bisa me-restore iPhone anda menggunakan firmware asli dari Apple (bila menempuh proses ini). Anda harus me-restore-nya menggunakan custom firmware.
  4. Melalui proses ini, baseband 06.15 bisa membuat GPS anda tidak dapat aktif.

Persiapan Awal

Hal-hal yang harus anda persiapkan adalah

  • redsn0w 0.9.6b6 untuk Mac dan Windows (untuk pengguna Win 7 dan Vista, pastikan redsn0w dijalankan dalam ‘XP Compatibility Mode’
  • iPhone 3G dengan iOS 4.2.1
  • iOS 4.2.1 untuk iPhone 3G : unduh disini (UPDATE : Tutorial jailbreak iPhone 3G ini bisa juga diterapkan pada iPod touch 2G. Cukup mengunduh iOS 4.2.1 untuk iPod touch 2G di sini.)
  • iTunes 10.1 atau versi lebih tinggi.

Proses

Langkah Pertama
: Unduh semua software yang dibutuhkan di atas. Pastikan iPhone 3G anda sudah terpasang iOS 4.2.1

Langkah Kedua
: Hubungkan iPhone 3G anda ke Mac/PC dan kemudian, luncurkan redsn0w. Pilih Browse.

Langkah Ketiga
: Pilih firmware iOS 4.2.1 yang sudah diunduh. Pilih OK. redsn0w akan mengidentifikasi firmware tersebut. Bila sudah, pilih ‘Next’. redsn0w akan mempersiapkan segalanya untuk proses jailbreak ini.

Langkah Keempat
: redsn0w akan memunculkan berbagai opsi.

Untuk pengguna iPhone 3G Factory Unlock (FU) atau iPhone 3G Telkomsel :

Pilih opsi Install Cydia dan Enable Battery Percentage saja.

Anda bisa memilih Custom boot logo / recovery logo, tapi tidak disarankan untuk mengaktivasi multitasking dan home screen wallpaper.

Hal ini dapat menurunkan performa iPhone 3G anda.

Untuk pengguna iPhone 3G Software Unlock (SU) :

Pilih opsi Install Cydia, Enable Battery Percentage dan Install iPad baseband. Saat memilih ‘Install iPad baseband’, muncul sebuah peringatan, lalu pilih Yes.

Anda juga bisa memilih Custom boot logo / recovery logo, tapi tidak disarankan untuk mengaktivasi multitasking dan home screen wallpaper.

Hal ini dapat menurunkan performa iPhone 3G anda.

Bila sudah selesai dengan pilihan anda, pilih ‘Next’.

Langkah Kelima : redsn0w akan meminta anda untuk mematikan iPhone 3G anda. Setelah mati, bersiaplah untuk melaksanakan langkah keenam pada waktu yang tepat. Pilih ‘Next’.

Langkah Keenam : Ikuti instruksi yang diberikan oleh redsnow yaitu

  • Tekan tombol Power/Sleep selama 3 detik
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Home, TANPA melepas tombol Power/Sleep selama 10 detik.
  • Setelah itu, lepas tombol Power/Sleep TANPA melepas tombol Home, hingga iPhone 3G masuk ke mode DFU agar redsn0w dapat melaksanakan tugasnya.

Langkah Ketujuh

Tunggu hingga proses jailbreaking selesai. Bila sudah selesai, anda dapat menutup redsn0w dam mengakses Cydia dari iPhone anda.

Langkah Kedelapan (khusus proses Unlock untuk iPhone 3G SU)

Pasang ultrasn0w dari Cydia, kemudian bila sudah terpasang, pilih ‘Restart SpringBoard’. Maka, iPhone anda selesai di-unlock!

Sekian tutorial jailbreak dan unlock untuk iPhone 3G di iOS 4.2.1. Mohon maaf bila tutorial ini kurang memuaskan. Terima kasih.


Fokus membahas iOS. Tertarik untuk merancang UI/UX. Terjebak di dunia Apple dan sangat terinspirasi dengan Steve Jobs. Hampir lulus dari Program Studi Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

152 Comments

  1. wacko  /  10 December 2010, 21:54 Reply

    mu nanya nih klo ultrasn0w itu ada di belah mana cydia yah? sama springboard itu dimana yah? tolong kabari yah…makasih

    • Fauzan Alfi  /  11 December 2010, 05:11

      coba masuk ke Cydia, pilih Search, ketik ‘ultrasn0w’. nanti bakal ketemu.

    • wacko  /  11 December 2010, 17:13

      om kemaren sudah coba bisa masuk ultrasnow, tapi bukan lewat seacrh tapi lewat “manage – sources – cari url repo666.ultrasn0w.com” lalu ada aplikasi yang bisa d jalankan (apakah step sampai disini sama dengan yang disarankan? mengingat ketika d “search” tidak ditemukan ultrasnow
      setelah step ini selesai, “restart springboard” ada disebelah mana yah? soalnya setelah ultrasnow selesai ada pertanyaan tentang update sesuatu.
      (apakah step sampai disini juga normal?, saya menemukan kendala kemarin jaringan sempat tidak terdeteksi setelah ultrasnow melakukan restart sehingga iphone harus d restore ulang, saya ingin coba lagi…tapi apakah step yang saya tulis ini ada yang salah? tolong minta bantuannnya yah..makasih om

  2. deni  /  11 December 2010, 02:07 Reply

    kang… kalo untuk Iphone 4 bisa ngak ya…
    thanks

    • Fauzan Alfi  /  11 December 2010, 05:15

      untuk iPhone 4, hanya bisa ‘tethered’ jailbreak. jadi tiap kali iPhone 4 nya di restart, bakal masuk ke recovery mode dan butuh redsn0w di Mac/PC utk kembali ke semula. saya sarankan sih tunggu hingga bisa ‘untethered jailbreak’.

    • sandy  /  26 December 2010, 11:23

      maksudnya nunggu sampe unthtered gmana bang ?

      emang nya klo yg new bootroom bisa jd untethered jailbreak jg ?

  3. ventus  /  11 December 2010, 06:43 Reply

    untuk iPod cara nya gimana ya?

    • Ventus  /  11 December 2010, 06:53

      maksud saya,untuk iPod 3G

    • Fauzan Alfi  /  11 December 2010, 08:21

      gunakan cara yang sama dengan tutorial ini, hanya gunakan firmware iOS 4.2.1 untuk iPod touch 3G saat ‘Browse’ di redsn0w.

  4. B@You  /  11 December 2010, 13:46 Reply

    kalo iPhone dgn Baseband Bootloader 06.04 bisa gk sh di downgrade? soalnya udh nyoba make fuzzyband tp hanya compatible 05.08,, ad solusi mz?

    • B@You  /  12 December 2010, 12:39

      …Sorry mksdnya Bootloader 06.02 …

  5. bob  /  13 December 2010, 01:37 Reply

    mas, untuk selain redsnow ada tidak yg tidak pakai step 6, yang gak pake tekan tahan power sama home.
    saya 2 x gagal pencet, udah minta retry terus. (jempol gede kali ya) kadung ke jailbreak step 1 – 5. jadinya 2x restore di itunes. ;(
    t kasih.

    • bob  /  13 December 2010, 01:48

      pas hold power pasti malah dianggap mau matiin iponnya.
      sekilas baca, green poison juga pake step 6. kalau black rain tidak ya ..

    • Fauzan Alfi  /  21 December 2010, 19:12

      rata-rata untuk men-jailbreak iPhone harus melewati langkah ke-6 yaitu masuk ke DFU mode. ikuti langkahnya, tepati waktunya, tekan tombol agak keras, jangan lemes.

  6. ipul  /  14 December 2010, 11:49 Reply

    mas, iPhone 3g sy sdh upgrade ke iOS 4.2.1 cuma masalahnya tidak ada sinyal telkomsel pd iPhone sy

  7. Andi  /  15 December 2010, 23:12 Reply

    punya saya 3G koq g bs di JB yah?
    begitu langkah keenam selesai…layarnya mati n mnta direstore gitu..

  8. agus  /  18 December 2010, 18:21 Reply

    kenapa saya udah upragde . sim card gak support and tidak bisa masuk ke menu iphone. hasilnya cuma bisa emergency call

    • Kuswanto  /  19 December 2010, 10:37

      iPhone punya-mu itu SU (Software Unlock), harus pakai SIM unlock dulu supaya bisa dipakai lagi.

  9. fariz  /  19 December 2010, 22:02 Reply

    habis instal cydia itu di suruh buka redsnow lagi , buat jalanin just tathered..
    habis itu aku coba restart iphone kok ga mau masuk, hanya ada gambar apple doank,,,
    ini kenapa yah? tolong

  10. rangga  /  20 December 2010, 13:46 Reply

    om agar dapat porses upgrade dari 4.1 ke 4.2.1 harus menggunakan custom firmware ya?
    kalo menggunakan custom firmware harus yang versi berapa karna iphoneku ada di firmware 4.1,
    langkah2nya sama atau beda, bisa diajarkan langkah2nya?

    trims ya om…

    • Fauzan Alfi  /  21 December 2010, 19:08

      bisa pake custom firmware atau bisa pake cara di atas. cara pembuatan custom firmware itu sama seperti tutorial Pwnage Tools sebelumnya, silakan cari dahulu sebelum bertanya.

  11. Aries  /  21 December 2010, 18:37 Reply

    Bro gw dah berhasil jailbreaknya…untuk masukin aplikasi kan biasanya install Appsync dari cydia, tapi buat 4.2 saya liat belum ada gan…mohon petunjuknya dan infonya ya gan…thanx sebelumnya…

    • Fauzan Alfi  /  21 December 2010, 19:15

      untuk hal ini, no comment.

    • fariz  /  27 December 2010, 23:16

      Apa setiap kali habis mematikan iphone harus jalankan redsnow dan memilih just thatered, apa ga bisa automatis ya? Tolong infonya yah

  12. Faris  /  21 December 2010, 19:18 Reply

    Gan mau tanya,,
    Gw dah slesai instal cydia di iOS 4.2,,
    tapi buat reboot iphone knapa kok ga bisa masuk, hanya ada gambar apple terus, ga mau jalan,.! Itu knapa gan,,
    Tolong infonya yah

    • Fauzan Alfi  /  27 December 2010, 15:38

      hubungkan iPhone ke komputer, trus luncurkan redsn0w dan nanti pilih ‘Just boot tethered right now’

    • Fariz  /  27 December 2010, 23:20

      Apa setiap kali habis mematikan iphonee harus jalankan redsnow dan memilih just thatered, apa ga bisa automatis ya? Tolong infonya yah

  13. ewin  /  23 December 2010, 18:16 Reply

    mau nanya mas fauzhan..
    saya ewin saya pengguna iphone 3 s 16gb..
    yang SU punya
    setelah saya upgrade ke OS 4.2.1..
    sinyal nk keluar juga…
    trus saya coba ikuti cara yang mas fauzhan ajarkan..
    sampai selesai…
    alhamdulilah…
    akirnya jadi juga….
    oh ya mas saya boleh minta no hp nya…

    sms aja ke no saya 081365939666\

    thank ya mas fauzhan

    • Fauzan Alfi  /  27 December 2010, 15:58

      maaf saya tidak dapat berbagi nomor kontak saya.

  14. Warok  /  27 December 2010, 16:51 Reply

    Bro gimana caranya jb ipod touch ios 4.2.1 supaya sukses waktu di “exploiting with limera1n” pross jb.. q da nyoba brapa kali msh tetep nyangkut disana (oh iya ipod touch q 8gb 2.5g)

    • Fauzan Alfi  /  29 December 2010, 10:30

      coba di restore dahulu, baru dijailbreak. (jangan lupa sebelum merestore, backup dulu iPod touch anda)

  15. Reinza Syafruddin  /  27 December 2010, 18:46 Reply

    saya udah nyoba berkali kali selalu yangkut di “exploiting with limera1n”
    solusinya apa ya buat Ipod 3G saya.

    • Fauzan Alfi  /  29 December 2010, 10:31

      sama seperti diatas : coba di restore dahulu, baru dijailbreak. (jangan lupa sebelum merestore, backup dulu iPod touch anda)

    • Andre  /  9 May 2013, 22:35

      coba redsn0wnya di klik kanan properties,trus compatibility
      compabilitynya gnti windows 95,dan ikuti jailbreaknya dengan benar

      smoga berhasil

  16. mbhah jhonkey  /  31 December 2010, 12:36 Reply

    to dr.iphone mr.fausan alfi saya adalah orang biasa, yg pertama kali seumur hidup dapat melakukan jailbreack. sebelumnya saya sangat frustasi dng iphone saya karena call emergency akibat update, tidak ada kata lain selain TERIMA KASIH.

  17. mbhah jhonkey  /  31 December 2010, 12:37 Reply

    to dr.iphone mr.fausan alfi saya adalah orang biasa, yg pertama kali seumur hidup dapat melakukan jailbreack. sebelumnya saya sangat frustasi dng iphone saya karena call emergency akibat update, tidak ada kata lain selain TERIMA KASIH untuk ANDA.

    • Fauzan Alfi  /  2 January 2011, 06:12

      sama2. semoga bermanfaat. :)

  18. ary  /  2 January 2011, 14:22 Reply

    gan tanya nihh kalo dah di jb kan kalo di matiin. apakah harus mengulang seperti kita mau jb dari pertama soalnya kalo ipod kalo dah di matiin trus mau di hidupin harus di jb tapi yang di centang just boot…., apakah sama kalo di matiin harus di gituin juga. makasih.
    trus i3g kalo dah di instal fw 4.2.1 apakah perfomnya bagus, punya saya diinstal fw 4.1 tapi kok lemot ya. solusinya gimana ya gan. makasih

    • Fauzan Alfi  /  4 January 2011, 10:03

      iya pilih yang ‘Just boot tethered only’. untuk iPhone 3G, saya sarankan utk di-upgrade ke 4.2.1 karena akan membuat performanya meningkat.

    • ventus  /  4 January 2011, 10:17

      kalau emang mau iPhone 3G nya ga lemot,disaran kan pake iOS 3 saja .
      3.1.2 atau 3.1.3 ..

  19. ndjoe  /  4 January 2011, 05:59 Reply

    ini udah support buat ipt2g yang mc model?

    • Fauzan Alfi  /  4 January 2011, 10:00

      sudah bisa tapi masih tethered.

  20. tommy  /  4 January 2011, 11:12 Reply

    om…kenapa icon aplikasi iphone 3G ku ngaka keliatan ya gambarnya.. cuma ada icon kota putih polos aja. gimana ya cara menampilkan gambar logo icon aplikasinya.. mohon pencerahannya ..trima kasih

  21. angga  /  5 January 2011, 15:42 Reply

    kl tiba2 stop working gmn nih pas instal?

    • Fariz  /  6 January 2011, 07:31

      Coba instal lagi aja gan,
      Udah biasa gagal kyk gitu,..
      Ga perlu restore, langsung aja redsnownya jalanin n ikutin,,

    • Fauzan Alfi  /  18 January 2011, 07:27

      ulangi saja proses jailbreaknya bila gagal di tengah jalan.

  22. angga  /  5 January 2011, 15:51 Reply

    soal nya saya punya ud OS 4.2.1
    jadi gmn nig gan?

    • Fauzan Alfi  /  18 January 2011, 07:29

      pakenya iPhone 3G apa 3GS? mohon diperjelas.

  23. andiko  /  6 January 2011, 12:13 Reply

    booss mau nanya nih, 3gs ane dah upgrade dari 4.1 ke iOS 4.2.1, ada cara gak bos, kalo mau restart gak perlu dipancing pake redsnow 0.9.6b6, ane kawatir kalo lagi dijalan tiba2 ke restart terus kagak bawa laptop untuk nyolokin masuk ke redsnow. sebelumnya kalo pake iOS 4.1 mau restart halus or restart kasar balik lagi ke home dah otomatis nyala aja, gak perlu dipancing pake redsnow.
    itu aja sih yag mau ditanyain. Thx.

    • ozzy  /  7 January 2011, 09:27

      coba download redsnow 0.9.7 tapi hanya untuk mac, for windows masih cooming soon,
      copy file yang di butuhkan untuk 0.9.7, kalo udah jalanin untetherednya. selesai dah ga pake pancingan redsnow lagi gan.

    • Fauzan Alfi  /  18 January 2011, 07:34

      kalo mau menggunakan redsn0w 0.9.7, harus punya SHSH 4.2b3 dimana yang punya akses hanya developer saja. itu jg alasan saya untuk tidak menerbitkan tutorialnya.

  24. dep  /  7 January 2011, 23:50 Reply

    bro saya udah ikutin semua langkah-langkah di atas untuk jailbreak iphone 3G SU saya ke iOS 4.2.1. masalahnya adalah setelah semua langkah selesai dan keluar tulisan done di redsnow dan saya klik finish. iphone nya kemudian reboot dan stuck di logo apple terus bahkan saya tunggu sampai sejam lebih tetap seperti itu. jailbreak ini udah saya ulang 3 kali dengan hasil yang sama mohon solusinya bro

  25. dape  /  11 January 2011, 04:02 Reply

    nah iya nih bro…sama kayak @dep
    solusinya gimana ya? krn bener2 ga bisa kedetect sm iTunes pula.

    • Izzy  /  14 January 2011, 23:28

      kamu buka redsno0w.
      jalanin (just thetered now) ikutin perintahna

  26. Izzy  /  14 January 2011, 23:26 Reply

    ada yang tau link download redsn0w 0.9.7 for windows ga ?

    • Fauzan Alfi  /  18 January 2011, 07:25

      kalo ga salah, masih belum ada versi Windows nya.

    • Izzy  /  18 January 2011, 09:07

      Owh..di youtube udah keluar versi win, tapi gw searching g ad…
      Kalo dah dapet minta link nya yah gan, thanks

  27. bob  /  15 January 2011, 23:01 Reply

    mohon dibantu lagi;
    di ipon jailbreak, udah ada game dan aplikasi misalnya 5 halaman, trus pingin instal ipa lain yg dowload dari internet atau dari dvd. Di itunes komputer, udah siap di halaman aplikasi untuk di contreng syncnya, nanti kan iphon akan hilang aplikasi/gamesnya yg lama dan hanya berisi ipa yang baru. ini benar tidak penangkapan saya, ya ?
    nah bgmn caranya agar aplikasi/games yg lama tdk hilang/td perlu proses back up, tapi cuma nambah ipa yang baru di halaman yg sudah ada.
    tks.

    • Fauzan Alfi  /  18 January 2011, 07:26

      supaya tidak hilang, anda harus memiliki file .IPA aslinya dan masukkan ke dalam iTunes library anda karena iTunes menganut sistem sinkronisasi.

    • Izzy  /  18 January 2011, 09:12

      Ada linknya download free app n game bwat iphone?
      Minta donk gan..

  28. bob  /  18 January 2011, 15:07 Reply

    FA; berarti untuk copy file ipa yg sudah jadi aplikasi di iphone tidak bisa ya. ;( harus beli atau search internet.
    dan ke depannya semua ipa yg disukai harus ada dulu di komputer, kalau menemukan ipa aplikasi/gamesbaru.
    wah.

    Izzy; gugling banyak kok, misalnya http://apptrackr.org/

    • honk  /  22 January 2011, 11:59

      bisa klo kamu download pake installous(klo appstore g bs kyknya)..
      klo pake installous kan kesimpen .ipanya…jadi kmu coba pake ifile trus akses dr komp n copy .ipa nya…semoga bermanfaat

  29. Honk  /  20 January 2011, 22:16 Reply

    Saya pake iphone 3G SU..uda saya ikuti cara jailbreak sampe sls install ultrasn0w..tp koq masi g bs kluar ya signalnya??
    Sekedar info,Modem firmware saya 05.15.04

    • honk  /  22 January 2011, 11:50

      o uda bs gan

  30. roy  /  22 January 2011, 03:48 Reply

    om fauzan saya mau tanya nn
    maaf kalo bahasanya kurang baik n
    n
    langsung aja ..

    gini juragan, saya punya ipone 3g dan udah di jB ngikutin tutor diatas tapi belum sampe login ke cydia, karna gak ada sinyal . .
    solusinya apa ya apa saya harus JB ulang ??

  31. sendy  /  22 January 2011, 05:04 Reply

    mas say mau nanya.,iphone saya 3g 8giga modemfirmwarenya 05.15.04 aslinya 3.2.3 sya update ke 4.2.1.,n sudah ikutin langkah2nya tp stelah selesai cydianya ga bisa di buka,.diklik cydianya balik lge ke menu.,.klo boleh tau mslhnya apa n bgaimana solusinya mas,.maksih bgt.,^^

    • honk  /  22 January 2011, 11:51

      update dl modem firmwarenya…klo cydia g bs dibuka gt kapan hari ak JB ulang..semoga berhasil

  32. roy  /  22 January 2011, 11:53 Reply

    mau tanya lagi . . saya udah JB ulang tapi sinyal gak mau masuk juga n’ wifi gak mau nyambung sama sekali . .

    apa yang harus saya perbuat dengan ipone saya ini, mohon bantuannya suhu semua

  33. poetra  /  29 January 2011, 02:58 Reply

    Akhirnya setelah 3 kali restore dan berjam-jam frustrasi, berhasil juga upgrade, jailbreak dan unlock iphone-nya. Terima kasih banyak untuk master Fauzan yang udah mau direpotin dan ditanya2in…

    Oh iya, link redsn0w yang di atas (dari iphone-dev) sepertinya sudah dihapus, jadi coba cari mirror. Tapi saran saya, sama seperti saran di atas, lebih baik pikir-pikir dulu sebelum update ke 4.2.1 (kecuali memang gak sengaja ke-update), hehe.

  34. Michelangelo Iwan  /  30 January 2011, 10:49 Reply

    Saya sudah mengikuti langkah-langkah diatas, tapi setelah saya cek kog masih version 4.1 y ? belum berubah ke versi 4.2 ? bagaimana cara mengecek keberhasilan JB ?

  35. nanang  /  5 February 2011, 13:14 Reply

    maaf om…aku punya iphone 3G tapi kok sekarang ga bisa aktif dan di layarnya ada tanda itune dan di bawahnya ada gambar usb…gimana cara aktifin kembali om ?? tolong beri tau caranya

  36. gebooy  /  6 February 2011, 01:02 Reply

    @nanang : http://support.apple.com/kb/TS1275

  37. Lucky  /  8 February 2011, 01:51 Reply

    gan mau tanya ipon gw 3G udah suskes ke jailbreak.. sewaktu gw coba pake 91 pc suite dari pandaapp.com kenapa koq tiba2 crash dan hang ya di beberapa kesempatan.. dan sewaktu gw restart nyangkut di startup icon apple? gmn cara agar bisa kembali masuk iOS nya ya gan? atau kasaran nya install ulang sofware klo perlu? solusi nya gmn ya gan?

  38. Lucky  /  8 February 2011, 01:57 Reply

    tambahan gan, sewaktu gw colokin usb nya ga kedetect ama itunes nya.. yang bisa baca hanya 91 pc suite nya doank gan.. tolong di bantu yah pusing banget gw >,<, apa yg harus saya lakukan buat biar ga nyangkut di icon aplle nya?

  39. Arif  /  15 February 2011, 09:08 Reply

    Saya punya iPhone 4 os 4.1 baseband 02.10.04 sdh di jailbreak tapi Belum di unlock, pertanyaan saya bisa engga saya upgrade ke os 4.2.1 agar bisa di unlock? Thx utk pencerahannya

  40. Nangga  /  18 February 2011, 15:33 Reply

    Mas,pas fetching baseband ke 06.15 lama ya?
    kok aku tunggu ga kelar2?

    • Fauzan Alfi  /  28 February 2011, 21:10

      lamanya brp menit? maksimal itu 30 menit. pastikan terhubung dengan koneksi internetnya.

  41. pitrz  /  18 February 2011, 17:20 Reply

    mas fauzi mau nanya nih..kenapa iphone saya mau saya restore ngk bisa?dia selalu eror,slah dimana y….help me!!!!

    • Fauzan Alfi  /  28 February 2011, 21:08

      mohon bisa diperjelas pertanyaannya.

  42. gordon  /  20 February 2011, 17:13 Reply

    kang itu tombol power / sleepnya yang mana? pada pc apa iphonenya?

  43. Hermawan  /  23 February 2011, 20:14 Reply

    gw mau tanya dong iphone gw 3gs IOS 4,2
    kalw misalnya matot msh bisa di benerin ngk????
    sry gw msh newbie dalam urusan ini kalw misalnya dia msh masuk icon ippplenya palingan restor doang….
    cuman kalw matot masih bisa di bnerin ngk???
    soalnya gw takut kena resiko besar…..

    • Fauzan Alfi  /  28 February 2011, 21:07

      tergantung matot nya seperti apa. ada kemungkinan bisa hidup lagi, tapi kecil.

  44. Jason  /  26 February 2011, 19:22 Reply

    kang tanya2 boleh? unlock itu apa? baseband 05.15.04 musti di fetching ke 06.15 ga? trus stlh saya download firmware IOS 4.2.1 ga ad file dgn format .ipsw pas saya browse di Redsnow juga ga ke detect apa2.. mohon pencerahan nya saya blm ngerti soalnya..
    thanks..

  45. Ariel  /  27 February 2011, 22:18 Reply

    Salam kenal mas Fauzan n Kuswanto
    Saya cuma mau tanya untuk iphone 3g su lebih kompatible yg mana antara ios 4,1 dgn ios 4,2 soalnya saya udah upgrade, jailbreak n unlock ios 4.0 tapi hasilnya iphone 3g su saya jd lemot sering respring restart n kadang mati nyala ndiri. tolong penjelasanya

    • Fauzan Alfi  /  28 February 2011, 21:05

      nasib iOS 4 di iPhone 3G memang seperti itu. lemot.

    • doni  /  1 March 2011, 10:48

      mas Fauzan, izin bertanya. Saya memakai Iphone 3G,namun masih memakai ios 3.0. namun akhir2 ini saya kesulitan untuk install applikasi dr installous karena banyak minimum os nya 3.1. Untuk itu apa sebaiknya saya upgrade ke ios 4.2.1 ato ke 3.3.3 saja ya? Jika berkenaan, mohon dibantu link donlotnya, sebab seperti redsn0w 0.9.6b6 diatas saya tidak bisa download.
      terima kasih sebelumnya. salam kenal.
      doni

  46. ariel  /  1 March 2011, 16:31 Reply

    ooo,.. bgtu ya mas

    kali ini saya sudah upgrade n jailbreak iphone 3g su saya ke ios yg plg tinggi yaitu 4,2.
    tyus ada ngga cara buat ningkatin kecepatan kinerja iphone 3g su saya biar ngga jd lemot????

    mohon bantuan nya mas Fauzan alfi,… Plisss T.T
    thx,.. ^.^

    • Fauzan Alfi  /  1 March 2011, 16:56

      satu-satunya cara adalah men-downgrade-nya ke 3.1.3 (bila mampu)

  47. ariel  /  2 March 2011, 22:39 Reply

    Pke tiny umbrella emg ngga bisa ya mas…?? Waktu itu saya bisa kok dari ios 4 balik lg ke ios 3.1

    Mas di negara jepang udaw ngluarin iphone 5 q liat priviewny dari youtube n berbagai internet. Itu beneran ngga si?
    Katanya ios5 n memorinya 64gb. Kl bnrn ada saya mau kluar negri beli iphone5 tersebut. Mohon balas kejujuranya.

    • Kuswanto  /  3 March 2011, 16:33

      Ah.. mana mungkin iPhone 5 udah di jual di Jepang. Mungkin itu iPhone 5 abal-abal.

  48. syahendra  /  9 March 2011, 00:07 Reply

    kpada mas fauzan master i-phone yg terhormat,saya mau tanya nich..??
    aq punya iphone SU yg sblumnya sudah berhasil di unlock dan normal pake semua kartu sim.tp habis dipake-pake temen jadi phonelock trus aq restore dan jailbreak pake ios4.2.1 dan basebande 05.15.04.yg saya TANYAKAN KPADA MASTER adalah:knapa iphone saya skarang gak ada sinyal atau emergency only.padahal restore dan jailbreak uda sukses lho.apa PENGARUH BASEBAND YG gak cocok sama ios nya..????saya mohon jawaban terbaik master fauzan dan terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya..trimakasih..biar tuhan yg membalas semua kebaikan master.dunia dan akhirat.amin

  49. enditz  /  12 March 2011, 17:01 Reply

    Makasi mas, blog ini sangat membantu… Saya sukses. Mengunlock dan jailbreak iphone 3G ke iOS 4.2.1 (Telkomsel) SU.. Sempet stuck begitu selesai jailbreak krna ultrasn0w tdk ada dalam paket yg terinstall.. Jd ketika ada notifikasi dr cydia, pilih complete upgrage, lalu install ultrasn0w. Jgn restart, cukup tekan tombol home, tgg sampai sinyal hp anda muncul.. Close cydia. Done.

  50. Rambonich  /  16 March 2011, 01:24 Reply

    Bos iphone 3g ane uda dicoba dijailbreak pake redsnow Ane cuma menaikan versinya saja ke v.4.2.1 basebandnya tetap 05.14.yang jadi masalah kenapa jika saya buka music player selain aplikasi ipod tidak bisa standby playernya jika saya masuk ketampilan home screen.tidak seperti ipod.sedangkan di iphone 3gs ane yg sudah terjailbreak menggunakan greenpision itu bisa semua music player bisa jika saya masuk ke homescreen dia tetap berjalan.klo ada solusinya m

  51. Rambonich  /  16 March 2011, 01:25 Reply

    Bos iphone 3g ane uda dicoba dijailbreak pake redsnow Ane cuma menaikan versinya saja ke v.4.2.1 basebandnya tetap 05.14.yang jadi masalah kenapa jika saya buka music player selain aplikasi ipod tidak bisa standby playernya jika saya masuk ketampilan home screen.tidak seperti ipod.sedangkan di iphone 3gs ane yg sudah terjailbreak menggunakan greenpision itu bisa semua music player bisa jika saya masuk ke homescreen dia tetap berjalan.klo ada solusinya posting ke sya ya bos

  52. Mella  /  17 March 2011, 16:01 Reply

    boz,, udah coba ios 4.2 tapi aq ga mau di upgrade baseband nya nii.. takut eror… hiks , tapi mau downgrade ke 3.1.3 koq ga bisa yaa?? tolong dunk gimana caranyaa,,, iphone 3g nya ga bisa buat nelpon niii,,, cuma bisa buat main game jadinyaa,,,, hehhhehee… tQ

  53. onie  /  19 March 2011, 00:46 Reply

    Salam kenal to bugemac
    Iphone saya 3g su ios 4.2.1 baseband 06.15
    saya mau tanya nih udah 1 bulan otak-atik iphone pi ngga bisa jua.

    kejadianya gini. iphone 3g su saya tidak mau konec ke pc, itunes, dan charge padahal saya lihat di layar lcd pojok kanan atas iphone saya batrenya ngecaz,tak habiz pikir saya jengkel karena batrenya ngga mau ngisi lalu saya restore di itunes shif + ipsw 4,2
    setelah berjalan proses restore tiba” muncul tulisan THE IPHONE COULD NOT RESTORE AN UNKNOW EROR OCCURED 1015. saya coba berkali” hasilnya sama saja. coba ireb dan recboot jg sama tidak bisa. help me master???? T.T

    • Enditz  /  20 March 2011, 19:13

      utk kasusnya onie ini, saya rasa dgn fw yg sudah di 06.15, gak akan bisa lagi utk restore factory setting ke ipsw 4.2, setahu saya baseband itu cm bisa direstore ke iOS yg lebih tinggi. (ipsw . 4.3 )

  54. onie  /  20 March 2011, 20:40 Reply

    4.3 Caranya gimana mas? Hadueww pusing pala ane mas, soalnya saya udaw muter” mal ke iphone center yg berada di semarang. pi hasilnya pd ngga bisa n iphone saya dikembaliin. yg service ternyata ngga bisa.

    • Enditz  /  21 March 2011, 01:16

      Download ipsw 4.3, Diupdate iOSnya ke 4.3 tp kyknya blm bisa di jailbreak. :D, lagian itu iOS msh pre-release mas, gak ada salahnya nyoba jg, sambil nunggu updatean redsn0w yg bisa ngejailbreak iOS 4.3 entah kapan

  55. onie  /  22 March 2011, 03:46 Reply

    Akhirnya saya downgrade juga mas dlm hal ini saya memakai cara
    bikin host sendiri dan ipsw 4.1 lalu saya kick menggunakan tiny umbrela dan saya jailbreak dgn redsn0w 0.9.5b5 proses akhir unlock instal ultrasnow di cydia.
    basebandny ngga berubah masih sama di 06.15
    saya bertrimakasih sekali kepada yang 1) TUHAN YANG MAHA ESA yg masih mengasihi saya untuk dapat memakai iphone lagi. dan yg ke 2) blog ini http://www.makemac.com dari beberapa coment saya yg tersebar di berbagai blog cuma blog ini yg mau membalaz n mengerti keluhan saya terutama mas enditz.
    dan satu yg saya heran dari 4 iphone centre yg saya datangi knp malah tidak bisa mengatasi. sekian ucap salam dari saya. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih buat smua yg ada di sini.

    • bob  /  3 May 2011, 15:29

      mas Onie, bisa dong share step by step downgradenya. punya saya 3g 16 giga jb 4.2.1, baiknya downgrade ke berapa, terima kasih.

  56. ahmad  /  22 March 2011, 16:34 Reply

    pa….maaf iphone 3g ketika mau di restore ..malah eror 1015..toloh pa….bagaimana jalan keluarnya

    • onie  /  22 March 2011, 22:28

      kasus km sama seperti saya. dan saya malah sudah ngalami kasus itu sebulan yg lalu. baru sj q terbebas dari eror 1015 itu. pasti basebandny 06.15 kalau iphone km di ios 4.2.1 caranya restore dgn ios 4.1 jika itu SU kick saja dgn tinyumbrella. dan jailbreak ulang.

    • Devin  /  1 June 2011, 01:04

      Kasus lama nih gan..
      pertama” ente harus downgrade spt bro onie ke versi lbh bawah..
      kalo pada kasus gw ios awal 4.2.1 ke 4.1
      terus ente harus punya tools namanya iReb / tiny Umbrella..
      restore pake ios downgrade donlodan (shift + klik restore buat cari lokasi)
      fix error 1015 pake tools tadi(iReb / t.umbrela)

      buat lbh jelas liat video ini..
      http://www.youtube.com/watch?v=nQnb4wIxNFg

      ps:buat pembuat blog, cara u restore pake custom firmware gw ga jalan..
      jadi gw pake cara ini spt bang onie…

      thanks GBU

    • Ruudy  /  13 July 2011, 23:57

      Maap pak mau tanya, punya saya kasus serupa, bb 6.15 ane downgrade ke 4.1 ane jb status fw masih 4.1, ane unlock pake ultrasnow 1.23, tp permasalahannya sinyalnya ga muncul…
      Mohon pencerahannya boss…

      Terimakasih..

    • Ruudy  /  13 July 2011, 23:57

      Maap pak mau tanya, punya saya kasus serupa, bb 6.15 ane downgrade ke 4.1 ane jb status fw masih 4.1, ane unlock pake ultrasnow 1.23, tp permasalahannya sinyalnya ga muncul…
      Mohon pencerahannya boss…

      Terimakasih..

  57. Dananjaya  /  28 March 2011, 20:05 Reply

    mas maw nanya nie,
    klo iphone 4 ios 4.2.1 dengan baseband 03.10.01 bisa di unlock pake cara ini juga ga? tolong bantuannya…….

  58. vivi  /  6 April 2011, 12:37 Reply

    mas tolooong……iphonequ g bisa nyala…. ceritanya gene.. abis upgrade os.. aq ikutin cara diatas wat jailbreak… ditengah jalan pras proses fetching ipad baseband file g sengaja keclose trus musti diapaan tu iphone??? aq ulang dri awal kok lama banget proses “fetching ipad baseband file” apa emang gtu?????

  59. irmawan  /  16 April 2011, 22:55 Reply

    mas, saya mau tanya, kalai iphone saya sering merestart ulang knp ya mas, trus konsumsi batrei cepat habis, kalo di upgrade solusinya gmn mas, iphone saya osnya 4.2.1(8C148a) makash mas, tolong bls

  60. okta  /  2 May 2011, 07:44 Reply

    thanks ya mas berkat tutorial ini saya udh bisa jailbreak iphone 3G saya sendiri… two thumbs up deh buat mas

  61. toto  /  9 May 2011, 23:14 Reply

    bos itu saya ga bisa download redsn0w nya
    udah expired linknya apa gimana?

  62. kito  /  24 May 2011, 19:40 Reply

    tutorialnya sangat memuaskan…

  63. rahman  /  25 May 2011, 00:42 Reply

    mas saya udah di 4.2.1 tp di cydia nya ga mau nongol ultrasnOw buat instalnya,jd msh ga ada sinyalnya?caranya gmna biar bsa instal ultrasnOwnya mas tolong infonya

  64. edy  /  26 June 2011, 21:36 Reply

    iphone 3g kalo ngcas di listrik biasa emang lama ya , klo di cpu kok malah cpet , n klo di listrik biasa kok sering ada icon colokan , artinya apa si n lama lgi ngisina.

    • Kuswanto  /  27 June 2011, 07:10

      Icon colokan artinya udah batere udah penuh. iPhone 3G waktu charge lebih lama dibandingkan iPhone 3Gs & iPhone 4.

  65. Izzy  /  29 June 2011, 12:41 Reply

    mau tanya nih… internet tathering ku kok hilang ya. dan personal hotspot ku juga hilang.. kenapa ya..??? aku pake 3Gs..

    • Kuswanto  /  2 July 2011, 14:49

      Pakai provider apa? Kalau bukan XL atau Telkomsel harus masukin data APN Personal Hotspot untuk bisa memunculkan menunya.

  66. ian  /  5 July 2011, 17:47 Reply

    Bedanya iphone factory unlock sama software unlock apa yach.??
    mohon bantuannya

  67. godeg  /  16 July 2011, 22:09 Reply

    mohon bantuannya mas mas yg ahli ipun… saya punya iphone 3g 8 gb FW 4.2.1 BB 06.15..itu sudah sy jbreak tadinya FW 4.1karena bermasalah sama wifi akhirnya saya hard reset, sekarang yg jadi masalah bagaiana apa saya harus JB ulang atw .karena saya nyalain cm logo applenya saja yg keluar kemudian keluar gambar usb sama logo itunes kemudian mati begitu seterusnya, saya coba konek ke itunes
    Capacity : n/a
    Sofware fersion : n/a
    Serial Number : na
    saya mesti bagaimana tolong pencerahannya thanks sebelumnya
    dan juga mas fauzan

  68. Deddy  /  25 July 2011, 05:36 Reply

    Saya punya iphone 4 yg kmrn versinya 4.3.3
    Udah saya jailbreak berhasil
    Trus saya upgrade k versi 4.3.4 ternyata jailbreak saya ilang ..
    Trus saya jailbbreak lg pake IOS 4.3.4 ternyata tidak berhasil..
    Saya mohon solusinya temen2 sekalian…

  69. riko matayani  /  21 August 2011, 20:37 Reply

    hai bung ,ini iphone 3 g sy kalau dicas keluar gambar apel trus mati,begitu trus prosesnya hidup keluar gambar apel lalu mati lgi beulang trus begitu,tolong apa masalahnya niii? Balas

  70. febby  /  4 October 2011, 23:50 Reply

    Haduw udaw lama skali dah g coment” di blog ini.
    Buat yg masi ngalami kasus eror 1015 nih tetorialnya
    Step1
    Download ios 4.1
    Redsnow
    Tinyumbrella
    Itunes

    Step2
    Buka explorer
    SistemC/windows/system32/driver/etc
    Disitu ada file bernama host nah km buka sebagai notepad.
    Trus km edit tambahkan/masukan kode berikut di bagian paling bawah.
    74.208.105.171 gs.apple.com
    Jika sudah save. N close.

    Step3
    Buka itunes Restore dgn ctrl+shift pilih ios 4.1 yg baru km donlot td dan yg pasti akan mengalami eror itu hal yg biasa n wajar ngga usah khawatir

    Step4
    Buka tiny umbrella disitu ada tulisan kick recovery mode
    Km klik aja..

    Step5
    Jailbreak dgn redsnow tau kan caranya ngejailbreak,…

    Step6
    Masuk ke cydia bawaan iphone tyus tinggal di unlock j
    Dgn ultrasnow..
    Beres dech.

  71. rusti06  /  16 January 2012, 19:13 Reply

    mas,saya ngkutin langkah2 diatas untuk unlock iphone 3g SU..cuma waktu proses update ipad baseband nya..dia ga maju2,tetep dlam proses itu..smpe dtgu 2 jam msh tetp za proses update ipad baseband..
    Tapi kalo tanpa ceklis ipad baseband,proses nya lancar,smpe iphone bisa nyala msuk ke springboard,lalu instal ultrasn0w tapi tetap setelah ultrasn0w di download dan restart springboard iphone malah searching sinyal trus dan akhrnya “no service”..mhon pencerahannya..untuk informasi kalo ga salah iphone saya 3g 1st gen..trims sblum nya..dtgu sxli jwaban nya.

    • ponkz  /  28 February 2012, 18:26

       @rusti06 sama kasus ny sprti saya gan tlong dbntu ya :)
       

    • naomimichael  /  11 March 2012, 00:15

       @rusti06 iiaa, saya juga punya kasus yang sama.. bagaimana ini??

  72. reynover  /  19 March 2012, 06:59 Reply

    Mas admin, dan para suhu, help donk…
    sy menggunakan iphone 3G dgn firmware 05.15.04, sudah ikutin tutor diatas Cydia nya ga bisa saya eksekusi / dijalankan di hp saya… malah keluar lagi… :(( help donk…

  73. SyahrulAbdurrahim  /  29 March 2012, 16:09 Reply

    mas sy mau tanya saya sudah JB basebandnya Iphone 3G saya ke 06.15, lalu saya mau upgrade osnya dari 4.1 ke 4.2, ko ga bs ya? mohon sarannya…..

  74. KonoikDarkInsides  /  18 April 2012, 15:03 Reply

    om , boleh nanya
    ,ini iphone 3 g sy kalau dicas keluar gambar apel trus mati,begitu trus prosesnya hidup keluar gambar apel lalu mati lgi beulang trus begitu,tolong apa masalahnya nii  om

  75. icun  /  12 July 2012, 15:44 Reply

    udah berhasil jailbreak tapi kok gak bisa konek selain pakai wifi om.. thank’s

    • Kuswanto  /  12 July 2012, 16:45

      Sinyalnya bagus gak? Mungkin setingan APN nya belum bener.

  76. bud  /  5 August 2012, 16:26 Reply

    udah aq coba mas..sukses..tapi kok gak ada perubahan ya..

  77. hery  /  9 August 2012, 00:00 Reply

    Gan, mohon bantuannya ya…
    iPhone 3G ane pertamanya mau di upgrade ke versi 4.2.1 tp sebelum mu upgrade ane di rosort yg di itunes, begitu melakukan upgrade gk bisa2, coz sim nya blm ke unlock…
    mohon penjelasannya…
    arigatou gozaimasu terima kasih banyak gan

    • Kuswanto  /  9 August 2012, 05:35

      Reset di iTunes, maksudnya restore? Restore ke versi iOS berapa?

  78. axa  /  17 January 2013, 14:29 Reply

    mas aku abis JB sesuai tutor di atas dan selesai sampai finis, tetapi pada saat melangkah ke 8

    *Langkah Kedelapan (khusus proses Unlock untuk iPhone 3G SU)

    Pasang ultrasn0w dari Cydia, kemudian bila sudah terpasang, pilih ‘Restart SpringBoard’. Maka, iPhone anda selesai di-unlock!

    ini gak ngerti aku udah buka cydia tapi keluar network error “Unable to Load”
    ini gimana..? gimana cara pasang ultrasnow yg dimaksud mas..? gimana cara restartnya..?
    mohon di bantu..

    syncron ke email juga boleh mas jawabannya ” axa_cell@ymail.com

  79. amri  /  6 May 2013, 08:57 Reply

    bos minta tlng solusinya,
    sy baru sj restarting springboard tp dah 1 hari saya tunggu kok tetap aja gak bisa hidup,
    sreennya ttp hitam gitu gmn ya…

  80. boeyz  /  29 May 2013, 02:34 Reply

    trimakasih banyak buat fauzan….maju indonesia terus berkarya….thanks so much

  81. aditya  /  5 June 2013, 13:03 Reply

    mas gimana sih klau buka unclock tapi sudah ke lock di iphonee.

  82. voctwins  /  15 June 2013, 10:32 Reply

    klo langkah yang ke 8 itu mesti instal lewat “Cydia” ya?…

  83. yosi  /  23 June 2013, 15:16 Reply

    mau tanya gan. saya punya iphone 4 dr japan (softbank). saya sudah pernah unlock sebelumnya menggunakan gevey ultra dan alhamdulilah bisa digunakan. beberapa hari yang lalu, iphone saya ke RESTORE melalui itunes dan akhirnya iphone tersebut ke LOCK dan tidak bisa masuk ke HOME. Sim Card nya tidak bisa terdeteksi / kebaca. apakah bisa iphone saya di unlock ? paling tidak supaya bisa masuk home karena setelah itu saya bisa meng unlock sendiri dengan gevey ultra tersebut.

  84. Yosua Gilbert Sahuburua  /  8 July 2013, 23:28 Reply

    bos mau nanya nih, ini kok saya g bisa upgrade Baseband saya ke 06.xx.xx ya ?
    makasih

  85. jere  /  18 July 2013, 03:44 Reply

    mas fauzan, saya mau tanya- iphone saya 3g iOs nya 4.2.1 dan baseband 05.15.04-,9_m3s2, saya dah download redSnow 0.9.6b6 dan iOs 4.2.1-tapi muncul `unable to recognize specified IPSW`. saya dah coba jalankan pake windows 95 jg sama(komputer saya windows vista )…kenapa ya? thanks

  86. ahmad  /  5 August 2013, 06:34 Reply

    Siang bos..boleh tanya? Kalau punya saya iphone 3G 16 GB. Kemaren saya kan mau atur ulang semua jadi kan data semua akan dihapus disitu ada petunjuk waktu proses selama 2 jam. Tapi setelah 2 jam kok yg keluar cuma emergency call.. Gimana ya tolong bantuannya.? Makasih

  87. nelson  /  7 August 2013, 13:20 Reply

    setelah di jailbreak,kok icon cydia gak muncul ya,saya cek usage udah berubah .tolong yang mengerti masalah saya ini,meau memberi penyelesaian terbailnya.terima kasih

  88. dedy  /  18 September 2013, 11:47 Reply

    om,, kmaren saya sudah coba, saat masih proses, mati lampu dan iphonenya tidak bisa nyala lagi,, bagaimana cara hidupinnya om???

  89. tri  /  25 September 2013, 16:27 Reply

    Iphone saya 3GS (SU) sdh di upgrade IOS 6.13 berhasil secara normal, namun SIm card tidak terdeteksi. kemudian saya jailbraik (pakai redsn0w) namun sudah 3 jam lebih kok masih proses ? tertulis sbb :
    ” please wait while your build is being processed ”
    “waiting for reboot”
    apa yang harus saya lakukan… tolooong bantuannya, thx b 4

  90. jean  /  1 October 2013, 14:30 Reply

    Mas, maaf mau nanya kali iPhone 3g bisa pake aplikasi path gak, pas saya unduh bisa, new user bisa tapi pas log in existing path kok gk bisa ya, nuhun

  91. jenny  /  1 December 2013, 06:21 Reply

    makasih tutornya pak, iphone saya skrng sudah ter jb

  92. regi  /  3 July 2014, 17:21 Reply

    Cara install bbm di iphone 3g gimana mas , tau gak..

  93. Firman Harahap  /  31 October 2014, 22:08 Reply

    Salam Kenal Mas Fauzan….

    Saya mau bertanya masalah dengan iPhone 3G 16GB saya Mas.
    Masalahnya, kemarin saya telah melakukan “erase content all setting” jadi handphone saya kembali ke pengaturan pabrik Mas, waktu saya hidupin handphone saya hanya tampil logo Apple doank, solusinya gimana ya Mas?
    saya mau minta bantuan Mas.
    terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>