Tutorial Tethered Jailbreak iOS 6.0.1

Tutorial Jailbreak 6.0.1
Tutorial Jailbreak 6.0.1

Apple baru saja mengeluarkan pemutakhiran terbaru pada sistem operasi yang kita gunakan di setiap iPad, iPhone dan iPod touch, yaitu iOS 6.0.1. Dan dalam waktu yang sangat singkat, Dev-Team sudah berhasil melakukan Jailbreak pada sistem operasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa tutorial ini adalah tethered jailbreak, yang berarti apabila iDevice kamu kehabisan baterai, maka kamu memerlukan bantuan dari Mac/Laptop/PC untuk menyalakannya kembali.

Peringatan

  1. Kami tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan dengan perangkat iOS kamu setelah melakukan Jailbreak.
  2. Tutorial baiknya digunakan pada iPhone FU, karena tutorial ini tidak dapat meng-unlock iPhone SU (Software Unlocked). Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai FU dan SU, bisa kamu lihat di sini.
  3. iPhone 4S, iPad 2, New iPad, dan iPhone 5 belum bisa di-jailbreak menggunakan tutorial ini.
  4. Jika iPhone 4, iPhone 3GS dan iPod touch 4th gen kamu di-jailbreak, garansinya akan hilang.

Persiapan

Berikut adalah hal-hal yang kamu butuhkan:

  1. iOS 6, yang bisa kamu dapatkan di sini
  2. Redsn0w versi 0.9.15b3 OS X/Windows.
  3. iTunes versi terbaru.
  4. Koneksi internet.

Langkah-Langkah

  1. Ekstrak konten dari file Redsn0w yang sudah kamu unduh, dan simpan di Mac/Laptop/PC kamu.

  2. Jalankan Redsn0w. Khusus untuk pengguna OS X Mountain Lion, jalankan dengan ctrl+click lalu Open dan untuk pengguna Windows, jalankan dengan mode Administrator.

  3. Pilih menu Extras dari menu utama yang terdapat di Redsn0w.

  4. Kemudian pilih menu Select IPSW lalu arahkan ke iOS 6 (bukan ke iOS 6.0.1) yang sudah kamu unduh, apabila iOS 6 kamu benar, maka akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa iOS 6 tersebut sudah berhasil diidentifikasi. Kalo tidak, pastikan lagi versi Redsn0w yang kamu gunakan.

  5. Kembali ke menu utama, lalu pilih Jailbreak.

  6. Pastikan iDevice kamu berada dalam posisi Off atau dalam DFU mode. Cara memasuki mode DFU bisa kamu lihat di artikel ini. Apabila sudah, tekan Next.

  7. Jangan lupa untuk memilih Install Cydia, kemudian tekan Next.

  8. Biarkan Redsn0w bekerja selama beberapa saat (sekitar 15–30 menit).

  9. Apabila sudah selesai, karena ini adalah tethered jailbreak. Kembalikan iDevice kamu ke mode DFU, lalu pada menu utama pilih Extras kemudian pilih Just Boot, lalu tunggu beberapa saat.

  10. Jalankan Cydia dan selamat menikmati :)

Saya pribadi menyarankan kamu yang menggunakan iOS 6 dan sudah di-Jailbreak untuk segera melakukan update ke iOS 6.0.1 ini. Walaupun perubahannya tidak terlalu signifikan dibandingkan yang sebelumnya, perbaikan bug yang dilakukan pada iOS 6.0.1 ini pastinya akan sedikit membantu.

Apabila ada pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar :)


Pemegang alat musik tabuh, yang suka mengabadikan momen dengan tustel ala kadarnya. Percaya dengan adanya dunia paralel, dan berharap suatu saat dapat menciptakan mesin waktu. Awas ada UFO!!

43 Comments

  1. Conanda  /  3 November 2012, 17:09 Reply

    Numpang nanya,
    kenapa ya iPhone 4S belum ada jailbreak iOS 6 nya sampe sekarang?

    • Kuswanto  /  4 November 2012, 08:40

      Karena para hacker di komunitas Jailbreak belum menemukan caranya. Device terbaru mempunyai kemanan yang sangat baik.

    • Conanda  /  6 November 2012, 21:10

      apa ada kemungkinan iPhone 4S dengan iOS6 nantinya gak mungkin bisa di jalibreak?

  2. indri pratiwi  /  3 November 2012, 18:26 Reply

    halo min, saya sudah mencoba dan mengikuti seluruh step-step yang diberikan, tetapi mengapa iphone 4 saya tidak bisa ter-update terus ke ios 6 ini ya? trims

  3. bocil  /  4 November 2012, 13:16 Reply

    min kalau ipad 2 saya udah pakai ios 6.0.1 bisa di jailbreak nga

    • Andrie Rifani  /  5 November 2012, 00:09

      Saat ini belum :)

  4. nohansa nuh  /  4 November 2012, 20:58 Reply

    saya habis jaelbreak iphone 3gs, tapi kok cydia engga muncul, kenapa ya?
    ;)

    • Andrie Rifani  /  5 November 2012, 00:10

      Karena tethered, biasanya baru muncul setelah kamu lakukan Just Boot (Langkah 9)

  5. Kholis  /  5 November 2012, 16:55 Reply

    Gan.. Bisa g ya ipad 1 yang 16GB aku jailbreak ke IOS 6.0.1 …? Kalau bisa tolong kasik tau caranya donk.. Makasiiij

    • Andrie Rifani  /  7 November 2012, 15:59

      Bisa, caranya seperti tertulis diatas :)

  6. hendra  /  6 November 2012, 00:01 Reply

    bry iphone4 ios 5.1.1 gw mau update ios 6.0.1 langsung dr iphone (OTA) tp saat instaling iphone nya kluar tulisan ” sofware update failed” an error occured downloading ios 6.0.1
    gmn tuh untuk fix nya..iphone4 gw FU

    • Andrie Rifani  /  7 November 2012, 15:59

      iPhone 4-nya sudah di Jailbreak kah? Untuk update iOS pada iDevice yang sudah di Jailbreak, baiknya dilakukan melalui iTunes :)

  7. Azmi  /  6 November 2012, 20:20 Reply

    Need Help :D

    kenapa ya ada pesan “Missing Keys.plist data for this build” waktu mau ngeboot pake redsn0w ?? ga bisa reboot pas pake just bootnya redsnow.

    terima kasih :)

  8. FerrySanggra  /  7 November 2012, 17:29 Reply

    Bro, koq ipod 4th ios 6.0.1 Ane belum ke jailbreak ya? Padahal udah sampe tahap installing yang lama itu.. Setelah reboot koq masih belum terinstal Cydianya?

    • Andrie Rifani  /  8 November 2012, 15:35

      Setelah langkah 8 yang juga merupakan tahap instalasi, Cydia memang belum ada di Homescreen. Hal ini berbeda dengan Tethered Jailbreak di masa lalu, dimana Cydia akan muncul dalam bentuk icon berwarna putih.

      Untuk memunculkan Cydia, diteruskan saja lewat Just Boot pada langkah 9 ya :)

  9. Alex  /  8 November 2012, 14:43 Reply

    Bro Andrie…, kemarin saya mencoba upgrade iPhone 4 yang masih iOS 4.2.1 ke iOS 5.1.1, tapi keluar error 3194. Dari hasil Googling, disebabkan karena Apple tidak nge-sign lagi iOS 5.1.1. Dan saya juga nggak punya SHSH Blob. Apa solusi satu-satunya cuma upgrade ke iOS 6.01 ya?

    Yang kedua: saya juga coba downgrade iOS 6.0 ke iOS 5.1.1 di iPhone 4s. Namun sampai sekarang nggak bisa, dan sepertinya juga memiliki masalah yang sama seperti pada iPhone 4 di atas. Itu apa solusinya juga cuma bisa update ke iOS 6.01 saja ya?

    Dari jailbreakqa.com, kelompoknya Saurik bilang tidak ada lagi dukungan untuk bikin SHSH Blob 5.1.1, karena sudah tidak ditandai lagi oleh Apple firmware tersebut.

    Sebenarnya untuk iPhone 4 masih memungkin juga untuk jailbreak tethered dengan iOS 6 seperti postingan ini. Tapi, kok rasanya berat ya.Saya sejauh ini masih lebih suka pakai iOS 5.1.1. Cuma ya itu: sepertinya tak ada jalan untuk update/restore ke iOS 5.1 itu.

    Semoga saja bulan depan sudah keluar jailbreak untethered untuk iOS 6.0.1 baik untuk iPhone 4 atau iPhone 4s :|

    • Andrie Rifani  /  8 November 2012, 15:50

      Hi Alex, karena iOS 6.0.1 sudah diresmikan, maka untuk Apple sudah mengunci iOS-iOS versi sebelumnya. Sehingga kamu cuma bisa melakukan upgrade ke iOS 6.0.1.

      SHSH Blobs diperlukan untuk melakukan downgrade iOS, SHSH Blobs sendiri hanya bisa kamu miliki jika kamu sudah melakukan Jailbreak pada iOS yg kamu inginkan. Misal, kamu mau SHSH Blobs di iOS 5.1.1, maka pada saat iPhone kamu berada di iOS 5.1.1, iPhone tersebut sudah harus kamu Jailbreak, nanti secara otomatis SHSH Blobs kamu akan tersimpan di Cydia dan dapat kamu lihat di bagian atas dari Cydia. Atau, kamu juga bisa menyimpan SHSH Blobs dengan menggunakan TinyUmbrella.

      Saya pun berharap Untethered Jailbreak untuk iOS 6.0.1 ini segera muncul :)

  10. Alex  /  9 November 2012, 16:22 Reply

    Nah itu dia jadi masalahnya, Kalau di iPhone 3G dan 3Gs sebelumnya, saya biasa simpan itu SHSH Blobs dengan TinyUmbrella. Pertama pakai waktu downgrade dari iOS 4.0 ke 3.1.3 dulu. Terakhir nge-jailbreak iOS 5 juga sempat bikin SHSH Blobs untuk iPhone 3Gs, tapi kemudian dijual dan kini ada iPhone 3G, iPhone 4 dan iPhone 4s, tapi yang ter-jailbreak hanya iPhone 3G dan iPhone 4, dua-duanya masih iOS 4.2.1. Sementara iPhone 4s beli seken dalam keadaan sudah iOS 6. Sialnya ya itu: SHSH Blobs kan cuma berlaku untuk device itu sendiri, jadi nggak bisa (?) pakai SHSH Blobs iPhone 4s orang lain kan ya?

    Saya sempat mikir mau upgrade dan jailbreak iOS 6.0.1 untuk iPhone 4s, tapi tethered ini agak merepotkan. Karena begitu nanti ter-jailbreak, beberapa aplikasi/tweak di Cydia kan minta reboot kalau kita pasang. Hehe.

    Kayaknya memang cuma bisa nunggu untethered iOS 6.0.1 ya? :)

    • Andrie Rifani  /  9 November 2012, 16:33

      Hi Alex, sepertinya tidak bisa kalo pake SHSH Blobs milik iDevice yg lain. iPhone 4S belum bisa di Jailbreak :)

      Hmm…menurut saya sih Tethered Jailbreak tidak terlalu merepotkan ya, cukup jaga iPhone-nya agar tidak kehabisan baterai. Betul, ada beberapa instalasi tweak/apps Cydia yg memerlukan reboot, untuk itu, baiknya lakukan download di rumah saja, jadi bisa sekalian boot tethered :)

  11. deddy mongol  /  13 November 2012, 08:22 Reply

    ini adalah tanda product yg akan mulai down dan akan segera dilupakan…kenapa?
    kita flashback lagi ke bln thn sebelumnya.

    ingat nokia?……….awal product ini digandrungi oleh seluruh masyarakat baik tua muda bahkan anak tk pun sudah menggunakan product nokia.

    semenjak nokia memperbanyak protexsi maka terdapat kesulitan untuk pemperbaiki bila suatu saat product tersebut mengalami kerusakan. maka disilah letak kesalahan oleh pengembang nokia. mereka hancur dan bangkrut bukan karena kehadiran oleh product2 baru seperti hp china blackberry atau android. tapi mereka hancur dan terlupakan dikarnakan protec mereka sendiri.

    apakah product apple akan mengalami hal yg sama? bila mereka menyinkirkan masalah protecsi maka mereka akan terus di gandrungi oleh semua user.

    jika mereka mengabaikan keinginan user nggak lama lagi akan tamat.

    maka product android samsung yg segera maju menguasai pasaran karna sambung menggunakan boot yg bersahabat. baik pengguna dan technisi bisa mengatasi bila terjadi kerusakan.

    sama halnya dgn blackberry siapapun bisa upgrade dan downgrade free lagi kecuali masalah sweeping ceksum imei dan pin yg mereka lakukan akan melemahkan diri mereka sendiri. masa barang garansi kok di suspend?? hihihihi. mau ngelakuin produk lain kok bunuh product sendir yg sebelumnya. maka lama lama tak ada percaya lagi orang agan RIM…….

    tu

    jika

  12. Zaky Faris  /  15 November 2012, 06:41 Reply

    Dear mas Andrie Rifani. sudah 2 hari ini sy coba untuk JB 3GS menggunakan redsnow tepat seperti yang dituliskan diatas. tapi pas masuk tahap upload IPSW ios. tidak bisa di identifikasi. ada pop-up yang menanyakan “apakah device kamu versi lama atau baru?” saya jadi malah tambah bingung :), sebagai informasi saya menggunakan 3GS dengan IOS 6.0.1. IPSW yang saya upload ke redsnow adalah IPSW 6.0 dan 6.0.1, keduanya juga tetap tidak bisa di identifikasi. apakah ada solusi untuk masalah ini?.
    kmarin juga saya coba JB menggunakan Snowbreeze, tapi pas masuk tahap restoring IPSW buatan Snowbreeze, error dan sudah saya coba berulang kali tetap tidak bisa. mohon bantuan suhu untuk masalah device saya, matur suwun mas. :)

    • Andrie Rifani  /  15 November 2012, 17:56

      Hai mas Zaky Faris, pertama yg dimaksud dengan versi lama/baru adalah iPhone 3GS Anda termasuk New Botroom atau Old Botroom. Untuk melihat apakah iPhone tersebut Old Botroom atau New Botroom, cukup lihat serial number di Settings > General > About > Serial Number. Digit ke-3 dari SN tersebut adalah tahun pembuatan (9=2009, 0=2010). Kemudian digit ke-4 dan ke-5 menyatakan minggu pembuatan. Jika SN Anda berada di minggu ke 40 di tahun 2009 (misal= XX940XXXXXXX), maka iPhone Anda termasuk New Botroom. Tapi jika berada dibawah minggu ke 40, maka iPhone Anda termasuk Old Botroom.

      Untuk IPSW yang di upload ke redsn0w, mungkin maksudnya saat proses Select IPSW ya? Jika iya, baiknya Anda mencoba di Mac/Laptop lain. Karena ada kemungkinan, Mac/Laptop Anda kehilangan file iTunesMobileDevice.dll. Saya mengetahui hal ini berdasarkan kejadian serupa yang dialami oleh teman saya :)

  13. Lira Davania  /  17 November 2012, 06:02 Reply

    mhon bantuannya mas, beberapa bulan lalu saya membeli iphone 3gs yang masih menggunakan IOS 4.2.. dan saya baru mencoba meng upgradenya ke IOS 6.0.1 dua hari yang lalu. setelah ios 6.0.1 berhasil terdownload, saat saya mencoba membuka iphone saya, kartu simnya sudah tidak terbaca lalu muncul perintah untuk mengaktifkan iphone saya.. tapi stlah saya coba ternyata iphone saya tetap tidak bisa aktif kembali. kebetulan iphone saya dibeli d prancis dan kartu simnya sudah hilang. bagaimana y cara mengaktifkannya kembali? terima kasih sbelumnya mas..

    • Andrie Rifani  /  22 November 2012, 13:44

      Hai mba, 3GS Anda tampaknya SU, untuk keterangan mengenai FU dan SU silahkan baca artikel ini
      Penanggulangannya bisa dengan melakukan Jailbreak, lalu install Ultrasn0w yang terdapat pada Cydia.

  14. Wawan  /  21 November 2012, 20:18 Reply

    Maaf mau nanya, sy baru sj membeli iphone 4s FU tp ada pemberitahuan di pengaturN kalau sy harus menupgrade IOS 6.0.1 akan tetapi menggunakan OTA hrs berhubungan dgn internet wifi jd sy mengurungkan niat untuk mengupgrade ios 6. Pertanyaan sy: apakah kalau sy tdk mengupgrade ios 6 untuk sementara iphone sy tdk mengalami kerusakan? Terimakasihh

    • Andrie Rifani  /  22 November 2012, 13:48

      Hai mas Wawan, upgrade iOS sebenarnya tidak wajib dilakukan. Upgrade iOS boleh dilakukan untuk menikmati fitur-fitur baru yang diberikan oleh iOS 6. Tidak ada pengaruh/kerusakan apapun yg akan terjadi apabila Anda memilih untuk tetap berada di iOS 5.

    • tommy ryanto  /  7 April 2013, 21:17

      tenang aja bro.. gk di update iOS nya juga gk ada hukum nya kok hahaha ;)

  15. jebeng  /  2 December 2012, 14:51 Reply

    mas kalo untuk jailbrake iphone 4 ios 6.0.1 apa belum ada mas kok saya baca artikel saat mau jailbrake (ingat 6.0 bukan 6.0.1) padahal iphone ku terlanjur saya upgrade ke ios 601 mohon pencerahanya

    • Andrie Rifani  /  4 December 2012, 01:19

      Sesuai dengan judul artikel ini, Jailbreak bisa dilakukan untuk iOS 6.0.1. iOS 6 hanya dibutuhkan untuk membantu proses Jailbreak-ing iOS 6.0.1 saja.

  16. Willyansen  /  3 December 2012, 18:53 Reply

    Smlm iphone 3gs ane dijailbreak… Mmg seh berhasil tpi setelah itu dia mnta direstart. Tpi sygnya stlah direstart app bawaannya ilang smua. Truz untk mengembalikan app bawaannya terpaksa ios nya diupgrade dri 5.1.1 ke 6.0.1. Yang jdi pertanyaan kapan y ios 6.0.1 bisa dijailbreak karna setau ane untk saat ini ios segitu blom bisa dijailbreak…

    • Andrie Rifani  /  4 December 2012, 01:23

      iPhone yg berhasil Anda jailbreak ini, berada di iOS berapa? Tutorial ini digunakan untuk iPhone yang sudah berada di iOS 6.0.1, maka apabila Anda ingin melakukan Jailbreak pada iOS versi lain, maka treatment-nya akan berbeda.

  17. husman  /  5 December 2012, 00:11 Reply

    bos saya masi binggung sekali cara menjailbreak iphone 4 yang saya punya sekarang ini…..saya pengen sekali punya program cydia itu…terima kasih…..by usman

  18. Rachmat  /  27 December 2012, 13:13 Reply

    Mas bro…ipod touch 4 Ane ga bisa di jailbreak padahal udah di update ios 6.0.1

  19. adhitya  /  9 January 2013, 15:42 Reply

    bagaimana cara upgrade iphone 4 IOS 5.0.1 ke IOS 6 yg sudah di jailbreak??
    tiap mau upgrade biasa ada error 3194, tolong bantuannya yaa

  20. Rendy  /  25 February 2013, 20:06 Reply

    Misi numpang tanya. Kalo ios 5.1.1 yang udah di jailbrake bisa langsung update ke ios 6 kah?? Apa harus di balikin dulu backupnya baru update os?? Trima kasih.

  21. riffai  /  26 February 2013, 21:17 Reply

    mas saya mau tanya dong masalah iphone..saya ada iphone 4.tapi saya mau downgrade ke 5.1.1- posisi ios saya skrg di 6.1.tapi masalahnya saya gak ada simpan yg namanya shsh blobs.jadi gimana dong.kira” bisa gak saya downgrade iphone saya.

  22. Yudims  /  15 October 2013, 06:37 Reply

    Kalo di colok in di iTunes kok game (aplikasi) saya FX bisa di buka (Eror) buka keluar sendiri ada saran gx tolang bantu. Iphone 4 cocok gx IOS 7

  23. adi  /  18 October 2013, 20:37 Reply

    gan boleh tanya kalo iphon 3gs japan bsa di jailbrek gak

  24. weldy  /  9 December 2013, 06:34 Reply

    gan boleh minta no hp ga saya mau tanya tanya nih, soalnya setelah saya updet iphone 3gs kartu malah tidak terbaca kaya SU deh dan solusiny harus bagaiamna yah…?

  25. Ajie  /  9 December 2013, 17:10 Reply

    kalo ipad 1 download firmware nya yang mana ya min?

  26. okkiss  /  8 March 2014, 23:39 Reply

    gan.,iphone jadul (ipone 3G) bisa di jailbreak ke IOS 6.0.1 gak gan..
    tolong gan infonya…
    terima kasih..

  27. okkiss  /  8 March 2014, 23:40 Reply

    balas ke email gw y gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>