News

Ukuran Aplikasi Facebook for iOS Terus Bertambah Besar, Apa Sebabnya?



Aplikasi Facebook for iOS sudah beberapa tahun ini mendapatkan update secara berkala – 2 minggu sekali untuk kamu pengguna iPhone dan iPad. Bahkan di versi terbarunya yaitu Facebook 87.0, ukuran aplikasi ini menjadi sangat besar. Salah satunya di iPhone 7 Plus yang tim MakeMac gunakan, mencapai 391MB! Apa sebabnya aplikasi Facebook menjadi berukuran sangat besar?

Laman Timac mencoba membedah hal ini dalam bentuk analisas sederhana. Yaitu membandingkan Facebook for iOS pada versi 66 yang rilis 6 bulan lalu dari aplikasi Facebook 87.0 yang rilis pekan ini. Dia menemukan bahwa perubahan ukuran aplikasi tersebut terlihat sangat besar, dari 165MB menjadi 253MB untuk perangkat iPad Air 2 yang tentunya hanya berjalan di mode 64-bit.

Timac menggunakan aplikasi GrandPerspective untuk melihat bagian dalam dari kedua versi aplikasi Facebook tersebut. Hasilnya adalah konten yang sangat berbeda baik secara jenis, ukuran dan sumber dokumen yang digunakan. Di versi terbaru, bagian bernama ‘FBSharedFramework’ menjadi ukuran paling besar yaitu 136MB dan dokumen binary yang tadinya berukuran 104MB, berubah menjadi 19MB saja.

One of the reason the app size grew is due to multiple copies of the same resources inside the app.


Baca Juga:


Bagian lain yang menjadi penyebab aplikasi Facebook for iOS menjadi sangat besar adalah dokumen terduplikasi dalam jumlah yang cukup banyak. Ada banyak sekali dokumen pendukung yang terduplikat di aplikasi Facebook, mulai dari terduplikat 2 kali atau bahkan ada yang mencapai angka 6 kal. Meskipun ukuran dokumennya sangat kecil, tetapi belasan nama dan duplikat yang dibuat tentunya bisa menambah ukuran dokumen hingga belasan MB.

Masih dikutip dari laman sumber, selain dokumen yang terduplikasi, ternyata juga banyak ditemukan masalah serupa pada bagian gambar. Yaitu dokumen assets.car yang memiliki ribuan gambar yang terduplikat pada 3 tempat berbeda. Jika dihitung secara sederhana, perampingan gambar terduplikasi bisa menghemat hingga 28.5MB dan data terduplikasi bisa menghemat hingga 40MB.

Sebagia tambahan catatan, Facebook juga membuat cache data atau daftar data sementara yang sering kamu akses untuk mempercepat penggunaan. Bagian ini juga terus membesar seiring dengan kebiasaan kamu – sering nonton video misalnya, pasti akan cukup besar. Sayangnya Facebook tidak memberikan fitur menghapus cache data seperti aplikasi Twitter. Jadi cara yang dapat kamu lakukan adalah menghapus aplikasi tersebut dan instal lagi atau gunakan trik rahasia clear cache data dari MakeMac.

“custombox2”

Twitter Merilis Fitur Hapus Cache Data untuk Pengguna iOS

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. Dhevon

    11 April 2017 at 23:37

    Pantesan. Aplikasi fb jg kayanya berat :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top