Unduh Lagu Gratis dengan iLike

itunesicon.jpgKadang saya suka sebal melihat CD bajakan yang dijual di lapak-lapak, dijual murah tanpa menghargai jerih payah para musisi yang telah membuat karya seni selama ribuan jam. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mendengarkan lagu di iTunes secara legal, Anda bisa mendengarkannya dengan membeli CD yang versi Indonesia (jauh lebih murah daipada versi Import) dan convert ke AAC dengan itunes atau melalui radio internet atau berbelanja di iTunes Store dengan Gift Card. Cara lainnya yang baru saja saya pakai adalah dengan memasang plug-in tambahan di iTunes, yaitu iLike. Mari kita lihat apa sih iLike, tenang ini gratis koq, seperti yang tertulis di judul post ini.

Perkenalkan iLike

iLike adalah sebuah website musik sosial. Dengan iLike kita dapat mengunduh lagu dari musisi indi yang tersedia di iLike atau mendengarkan lagu, menonton video dari artis–artis terkenal langsung di iTunes. Anda dapat mendengarkan lagu di website iLike atau langsung di sidebar iTunes. Sepertinya kita langsung ke cara install-nya saja, mari!

Instalasi iLike

Unduh iLike untuk iTunes, kemudian install. Setelah terpasang, sidebar akan muncul di sebelah kanan iTunes.

 

Sidebar iLike

Sidebar iLike

Apabila Anda belum mempunyai akun, buatlah akun di iLike. Karena, tanpa akun sidebar iLike tidak akan bekerja.

Mari dengarkan lagu

Setelah itu, putarlah sebuah lagu yang ada di Library iTunes, lagu-lagu terkait yang terdapat di iLike akan terlihat di tab Related. Terdengar seperti Genius Bar, bukan? 

 

Sidebar iLike

Sidebar iLike

Untuk mengunduh lagu gratis tekan tautan Free yang bewarna jingga, lagu yang telah diunduh akan langsung masuk Library iTunes. Sayangnya lagu yang terpampang di sana hanya akan mengikuti lagu yang sedang diputar di iTunes. Tapi, hey! Namanya juga gratis, jangan terlalu pilih-pilih. Ada banyak musik yang bagus di sana, walaupun memang tidak terkenal.

Apabila ingin lagu lebih, Anda bisa mencarinya di situs iLike dan menambahkan beberapa teman untuk menambah library iTunes Anda.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

7 Comments

  1. mikal roby  /  2 January 2009, 16:39 Reply

    O:) bro,… unduh lagu nya melanggar hak cipta gak?
    nice information anyway

  2. Kuswanto  /  2 January 2009, 16:53 Reply

    @mikal roby: Iya gratis, seperti yang saya sebutkan diatas.

  3. yus  /  4 January 2009, 15:51 Reply

    saya kesulitan untuk mendownload lagu,tolong bantu ;-(

  4. Akmal Shihab  /  4 January 2009, 16:03 Reply

    yus kamu punya yahoo messenger tidak?

  5. arif  /  27 December 2009, 12:10 Reply

    Bro, saya pemakai baru i tunes en product kompu Mac, bingung banget cara download lagu, beli lagu ( kok hanya app store indonesia yang bisa ya),terus ada referensi pedoman buku tentatang MAC en i tunes 9 . Thanks sebelumnya :D

  6. Nurul  /  3 November 2013, 12:24 Reply

    Itu iLike-nya bisa dipakai di iPad tidak?

  7. uut  /  18 October 2014, 11:28 Reply

    bro download iLikenya dimana??
    trs Register akun iLikenya Juga Di Mana?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>