Miscellaneous

(Video) Cara Bikin iPhone 6s Sendiri dengan Beli Spare Part di Tiongkok

Scotty Allen

Memiliki iPhone dengan harga jauh lebih murah kini bukan lagi hal yang mustahil. Bukan dengan membeli di pasar gelap atau dengan cara tidak halal, kamu bisa mendapatkan smartphone dari Apple itu dengan membuatnya sendiri. Ya membuatnya sendiri.

Seperti yang dilakukan seorang mantan engineer di Sillicon Valley satu ini, Scotty Allen. Pria yang kini berprofesi sebagai pengembang ini berhasil membuat iPhone idamannya sendiri dengan membeli spare part atau komponen-komponen bekas iPhone yang banyak dijual di pasaran Tiongkok.

Dari video yang dibagikannya di YouTube, Allen yang saat itu sedang menikmati liburan di Shenzhen, Tiongkok, membeli semua spare part bekas yang dibutuhkan untuk membuat iPhone 6s 16GB di sebuah pasar bernama Huaqiangbei.

Dilansir dari Mashable, Allen mendapatkan inspirasi saat dia berada di pesta barbekyu di Tiongkok di mana banyak orang tertarik pada elektronik. Seseorang bertanya apakah dia bisa membuat ponsel sendiri. Meski ragu dengan hal tersebut, dia mulai memburu komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat iPhone 6s.

Lantas mengapa Allen lebih memilih membuat iPhone 6s ketimbang iPhone 7? Allen punya dua alasan yaitu dia sudah punya iPhone 6s supaya nantinya mudah dibandingkan. Alasan kedua adalah spare part bekas iPhone 7 belum banyak tersedia di pasaran mengingat masih baru.

Allen pun mengumpulkan spare part utama untuk membuat iPhone 6s, seperti layar, case, baterai dan logic board. Setelah dihitung, iPhone yang dibuatnya sendiri seharga $300 (Rp 3,9 jutaan). Sekitar $250 lebih murah jika membeli iPhone 6s baru.

Penasaran dengan proses untuk membuat iPhone 6s tersebut? Kamu bisa menyaksikannya di video berikut:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Meski berhasil membuat iPhone 6s sendiri, ada komponen yang tidak berfungsi yaitu pemindai sidik jari Touch ID. Karena, komponen ini tidak bisa diganti untuk alasan keamanan, seperti disebutkan Apple. Selebihnya berfungsi normal layaknya iPhone seken.

Selain dari video, kamu bisa mengetahui lebih lanjut proses bagaimana cara Allen membuat iPhone 6s sendiri melalui blog miliknya di tautan ini.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top