Featured

(Video) Teknik Upgrade Memori iPhone 16GB Jadi 128GB

iPhone 16GB to 128GB

Kabar mengenai mudahnya tukang oprek ponsel di Tiongkok mengganti memori iPhone 16GB menjadi 128GB kemarin sontak menjadi sangat viral dan memunculkan perdebatan di lini masa media sosial.

Menyusul kabar tersebut, kini beredar video menarik bagaimana teknisi ponsel di Tiongkok melakukan penggantian memori iPhone 6 dan iPhone 6 Plus 16GB menjadi 128GB dengan sangat mudahnya.

Sayangnya, video tersebut berbahasa Mandarin dan terlihat seorang pria pergi ke sebuah pusat elektronik untuk menunjukkan cara mengganti memori iPhone 6 miliknya di sebuah toko reparasi iPhone.

Berkat bantuan rekan kami, Toni Lee, diketahui tempat penggantian NAND flash iPhone 6 dari video itu dilakukan oleh seorang tukang reparasi iPhone bernama Zhang yang bekerja di pusat elektronik terbesar yaitu Zhongguancun, Beijing. Terlihat juga berbagai peralatan khusus dan cukup banyak digunakan si teknisi.

Adapun langkah pertama penggantian adalah memastikan semua fungsi berjalan normal, tidak ada yang disfungsional. Setelah itu lakukan flashing ulang iOS iPhone dan tidak boleh ada error sedikit pun. Setelah berjalan lancar dan diaktivasi, baru bisa dilakukan modifikasi NAND flash.

Ternyata memori NAND flash bisa menggunakan memori merek SanDisk 128GB. Komponen yang perlu dibongkar hanya Logic Board. Perlu dicatat, pelepasan NAND flash cukup beresiko karena PCB cukup tipis oleh karena itu memerlukan keahlian tinggi.

Setelah proses pelepasan NAND Flash selesai, NAND Flash harus dibersihkan dan ditanam bola timah menggunakan alat khusus. Lalu diberi lem khusus agar lebih kuat menempel di logic board.

Selanjutnya proses penyolderan kembali NAND Flash ke logic board diperlukan kemampuan yang bagus supaya tak meninggalkan sisa-sisa timah yang menempel di logic board.

Usai NAND Flash dilepas, NAND Flash baru harus di-flash menggunakan program khusus untuk memasukkan informasi macam nomer IMEI, Serial Number (SN) dan MEID dari NAND Flash lama.

Terakhir, logic board dipasang kembali ke iPhone dan iPhone di-flash ulang lagi. Apabila muncul kata “Hello” di layar iPhone, berarti proses penggantian NAND flash baru berhasil dilakukan

Ini videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Disebutkan, perangkat iOS yang bisa diganti kapasitas memorinya adalah mulai dari iPhone 4 – iPhone 6 dan perangkat iPad, seperti iPad mini dan iPad Air juga bisa mendukungnya. Biayanya disebutkan berkisar antara 400-500 Yuan ($63-$78)

Sebagai catatan untuk kamu, video yang tim MakeMac hadirkan ini tidak bertujuan atau menyarankan untuk kamu mencobanya di rumah tanpa pengetahuan sama sekali. Juga, penggantian ini akan menghapuskan garansi kecuali iPhone yang sudah habis masa garansi dan kapasitasnya 16GB.

Thanks to Toni & Indra


12 Comments

12 Comments

  1. Ismail

    5 November 2015 at 14:50

    Dear team MM.

    just FYI, jika nandflash (storage) nya diganti maka akan dikategorikan unauthorized modification oleh Apple, maka walaupun Out of Warranty (OOW) Product Apple nya
    tidak akan bisa lagi di service ke AASP.

    thank you for your good articles
    Cheers
     Ismail

    • p0ser

      5 November 2015 at 18:33

      Resmi amat mas, ini kan kolom komentar bukan email.

      Btw jadi makin ngeri nih klo beli iPhone seken.

    • Lab B102

      5 November 2015 at 23:03

      di video nya aja sdh jelas tempat nya bukan di Apple Authorized Service, ya jelas void donk mas warranty nya.

    • ismail

      8 November 2015 at 12:09

      @Lab B102 warranty pasti void tapi point nya ditambah include out of warranty void karena unauthorised modificarion , jadi nggak akan bisa di service lagi di AASP, apple ngga mau terima barang yang dimodif terserah masih garansi atau enggak.

  2. jobs

    9 November 2015 at 01:20

    yaelah serius amat sih lu pada,
    bodo amat mau service resmi atau gak..
    selama setelah diganti memori gitu lancar” aja mah selaw bray..

    • ismail

      9 November 2015 at 12:07

      jobs,

      namanya handphone sendiri bebas aja mau diapain, saya kan salah satu teknisi aasp jadi ngga salah kan ngasi tau informasi ini, banyak soalnya yang sudah melakukan unauthorized modification giliran error nya marah marah di AASP padahal mereka sendiri yang ngelakuin itu hehe. klo sudah tau jadi pas datang ke AASP jadi udah tau resiko nya sendiri.
      jadi ini bukan serius atau engga, cuman ngasih informasi

    • orangAASP

      23 November 2015 at 16:42

      sebagai orang AASP, tentunya setuju dengan pak Ismail. Tapi asik juga sih kalo ada unit service yang masuk, eh unauthorised modified.. jadi ga usah repot2 lagi ke step berikutnya karena udah pasti ditolak sama Apple hehe..

  3. zerck

    9 December 2015 at 17:07

    ya setidaknyaa teknisi resmi apple gak beda jauh sama teknisi unofficialnya haha malah “mungkin” lebih dewa wkwkwkw

  4. Sony

    3 January 2016 at 09:57

    Sangat mudah buat ganti memori iPhone ,….bila ada ya berminat calo me at this email ..or come to my store, Bandung electronik center Bandung up 16 to 128 .900 k guaranty 2 mont

    • Dodo

      6 January 2016 at 23:13

      Mana emailnya?

    • Yudie

      29 March 2016 at 17:54

      Bec nya dimana om?
      Mau lah, iphone 5s saya udh mau jalan 2th. Dan garansi singapore nya juga udh hangus.
      Dr pada ganti iphone mending upgrade aja..

  5. Andreas Eka

    10 April 2017 at 17:48

    Wih artikel nya di Up lagi ya? Kayanya tahun lalu pernah di tulis juga sama MakeMac lho… hehe

    Instagram @omyandreas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top