Featured

Panduan Lengkap Menggunakan Widget di iOS 10 untuk iPhone, iPad

Apple menggunakan sistem Widget semenjak iOS 8 dan terus dikembangkan hingga iOS 10. Mode yang dapat kamu panggil dari Lockscreen atau Homescreen ini memberikan kemudahan untuk akses aplikasi yang mendukung secara cepat dan mudah. Bisa disebut Widget adalah shortcut dengan daftar fitur yang bisa kamu kelola dan memudahkan akses ke aplikasi tersebut pada fitur yang spesifik.

Nah di iOS 10, gimana sih cara menggunakan Widget? Simak panduan lengkapnya berikut ini ya mengenal Widget iOS 10!

Cara Menggunakan Widget

Masih sama seperti versi awal, Widget di iOS 10 diberi nama pada Today View pada mode pengaturan. Kamu bisa memanggil fitur ini lewat 2 posisi, Lockscreen dengan cara geser dari kiri ke kanan atau dari dalam Homescreen dengan cara tarik dari atas ke bawah lalu geser dari kiri ke kanan. Cara kedua juga dapat kamu lakukan saat berada di dalam sebuah aplikasi ya.

Mengelola Widget

Bagaimana cara mengelola Widget di iOS 10? Silahkan panggil Widget dengan cara yang sudah kita jelaskan di atas lalu scroll ke bawah. Tekan tombol Edit dan pilih mana yang akan digunakan atau tidak. Selain memilh deretan Widget yang aktif, kamu juga dapat menyusunnya secara berurutan sesuai prioritas dan kebutuhan.

Saran dari tim MakeMac, gunakan Widget sesuai kebutuhan saja agar tidak membuat kamu bingung. Langkah pertama bisa pilih 5 Widgets yang memang sangat kamu butuhkan, gunakan beberapa hari lalu eleminasi mana saja yang jarang dipakai, ganti dengan lainnya.

Sebagai tambahan, Widget di iPad dengan iOS 10 hadir dalam 2 baris. Yaitu pada mode mendatar, sisi kolom kiri dan kanan dapat kamu buat lebih padat dan tetap rapi lewat Widget. Nantinya jika digunakan dalam mode tegak, Widget ini akan kembali ke susunan list dalam 1 kolom.


Baca Juga:


Pembatasan Akses Widget

Untuk menjaga privasi, kamu dapat mematikan akses Widget di iOS 10 pada Lockscreen ya. Caranya sangat mudah, berikut ini langkahnya:

  1. Buka Settings – Touch ID & Passcode Lock
  2. Di bagian Allow When Locked, matikan tombol Today View.
  3. Selesai, coba sekarang masuk ke Lockscreen dan geser ke arah kiri. Seharusnya kamu sudah tidak bisa mengakses Widget.

Widget Favorit Kamu?

Apa saja nih Widget favorit kamu di iOS 10? Tim Makemac sih lebih senang menggunakan Widget untuk akses cepat ke sebuah fitur dari aplikasi atau menggunakan mode memantau informasi yang dibutuhkan. Bahkan beberapa pengembang sampai membuat 2 jenis Widget untuk sebuah aplikasinya, guna memaksimalkan penggunaan yang sesuai dengan kebutuhkan kamu!

Sebagai contoh penggunaan Widget, saya mengandalkan Evernote sebagai cara cepat untuk mencatat ide dalam bentuk tulisan. Sedangkan untuk mengecek penggunaan paket data internet atau monitoring hal lainnya di Widget, silahkan gunakan Usage Widget atau aplikasi sejenis. Nah contoh 2 Widget dalam satu aplikasi, ada di aplikasi Airmail dengan Widget Inbox dan To Do yang dapat kamu aktifkan secara terpisah.

Bagaimana dengan kamu, punya Widget favorit apa? Bagikan di kolom komentar ya!

Thanks, Pitoet!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top