Featured

10 Game Strategi Turn-Based Terbaik Versi MakeMac (Part 1)



Game strategi adalah sebuah tipe game yang tidak bisa dimainkan dengan terburu-buru. Dibutuhkan konsentrasi pemikiran dan perencanaan yang matang dalam melakukan suatu langkah. Salah sedikit saja bisa berakibat fatal untuk gerakan selanjutnya. Inilah mengapa game strategi biasanya lebih banyak dimainkan saat orang sedang liburan atau benar-benar tidak melakukan hal lainnya.

Meskipun bukanlah yang terbaik dalam hal memainkannya, saya adalah penyuka game strategi turn-based. Alasannya sederhana, saya menyukai tantangan baru yang biasanya ditawarkan oleh banyak game strategi turn-based. Tantangan tersebut bisa berupa macam-macam, antara lain adanya fitur permanent-death yang memungkinkan karakter milik pemain yang telah mati tidak akan bisa dihidupkan kembali. Atau mungkin adanya skill baru yang didapat oleh suatu karakter dengan tipe tertentu, yang tidak bisa didapatkan oleh karakter dengan tipe lain. Sampai dengan adanya timer di dalam permainan yang membuat kita sebagai pemain harus mengambil keputusan secepat mungkin.

Banyak sekali game strategi turn-based yang telah hadir di App Store. Namun dari sekian banyak tadi, ada beberapa yang cukup menonjol, yang saya pikir bisa menjadi pilihan kamu untuk mencoba game strategi turn-based. Berikut adalah 10 game strategi turn-based terbaik versi MakeMac.

1. Darkest Dungeon

Bukan Darkest Dungeon namanya jika kamu tidak memainkannya sambil bergidik. Dari mulai grafisnya yang digambarkan dengan kelam, musik latarnya yang sukses membuat nyali kita menciut, sampai dengan monolog sang narator yang bersuara tegas, membuat game yang memang sudah sulit ini menjadi semakin berat untuk dikalahkan.

Saya memilih game yang satu ini karena di dalamnya terhadap elemen yang menarik, yaitu adanya level stres dan level penerangan yang akan mempunyai akibat untuk para karakter selama mereka menjalankan aksinya. Level stres akan didapatkan selama karakter hero kita sedang melawan musuh, semakin lama perlawanan yang kita lakukan, semakin banyak stres yang didapat sang karakter. Level penerangan sendiri berarti semakin gelap penerangan yang karakter bawa, maka semakin banyak barang berharga yang kita dapatkan. Sebagai gantinya, musuh juga semakin kuat.

Kedua elemen tersebut menarik karena pada Darkest Dungeon, karakter hero pemain sama kuatnya dengan karakter musuh. Jadi ada kemungkinan karaktermu mati bahkan sebelum memulai banyak aksi. Ditambah lagi dengan adanya fitur permadeath, yang berarti pemain dituntut untuk terus memberikan keputusan yang benar dan tepat. Darkest Dungeon tidak memberikan kesempatan kepada pemain untuk melakukan kesalahan sedikit pun.

Download Darkest Dungeon:Tablet Edition · Harga: 75000

2. Final Fantasy Tactics: War of The Lion

Siapa yang tidak kenal dengan seri game Final Fantasy? Saya rasa hampir semua dari kita sebagai pemain game telah mendengar atau bahkan memainkan game yang satu ini. Final Fantasy Tactics: War of The Lion adalah sebuah game reinkarnasi dari game lamanya yang berusia lebih dari 20 tahun. Sampai pada akhirnya sang pengembang membuat port untuk iOS yang dirilis pada tahun 2012 lalu.

Saya memilih Final Fantasy Tactics: War of The Lion terutama karena adanya banyak sekali kelas yang dapat pemain pilih untuk karakternya. Ditambah dengan jalan cerita utamanya yang khas ala Final Fantasy, yang pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi kebaikannya.

Download FINAL FANTASY TACTICS: THE WAR OF THE LIONS · Harga: 199000


Download FINAL FANTASY TACTICS: THE WAR OF THE LIONS (iPad) · Harga: 239000

3. XCOM: Enemy Within

XCOM merupakan sebuah nama besar pada genre strategi. Hal ini tidak terpungkiri karena bisa dibilang game yang satu ini merupakan sebuah tolak ukur sebuah game strategi turn-based. Tidak hanya pada masanya saja dulu, tetapi bahkan sampai sekarang. XCOM: Enemy Within memaksa pemain untuk menjadi komando, mengepalai sebuah pesawat induk dalam usahanya mengusir alien dari muka bumi.

Alasan saya memilih XCOM: Enemy Within adalah karena tidak bisa dipungkiri seri XCOM sudah mendarah daging di hati. Saya menyukai adanya fitur permadeath yang ditawarkan oleh XCOM: Enemy Within. Tidak hanya itu saja, grafis dari XCOM: Enemy Within terasa modern meskipun game ini telah dirilis lebih dari 5 tahun lalu.

Download XCOM®: Enemy Within · Harga: 149000


Baca Juga:

4. Warbits

Warbits mengingatkan saya pada Advance Wars, sebuah game jadul yang dapat dimainkan di sebuah Game Boy Advance. Terkadang nostalgia itu perlu, jadi pada saat kita menginginkan game yang lama namun dalam format yang baru, atau dengan tampilan grafis yang telah diperbarui maka sekarang, game di iOS merupakan salah satu jawabannya. Bukannya tidak mungkin untuk membeli sebuah konsol jadul dan sekalian membeli kasetnya. Tetapi hal tersebut sangat sulit dilakukan terutama karena ada kemungkinan pengembang yang membuat game tersebut tidak lagi beroperasi, kaset yang dibeli tidak lagi bisa digunakan, dan yang pasti karena masalah uang yang dikeluarkan tidaklah murah. Risky Labs LLC selaku pengembang dari Warbits rupanya sadar akan hal ini dan sebagai jawabannya keluarlah Warbits.

Saya memilih Warbits karena grafis kartunnya yang berhasil menyembunyikan adanya elemen strategi yang cukup detail dibaliknya. Warbits terdiri dari banyak level yang bisa kamu jelajahi sendiri untuk menguji seberapa hebat kamu sebagai pemain dalam mengalahkan Warbits.

Download Warbits · Harga: 75000

5. The Battle of Polytopia

Memainkan game yang satu ini mengingatkan saya pada game strategi turn-based lainnya yang berjudul Civilization VI. Dengan slogan yang terbaca, “tambah satu langkah lagi” yang kemudian menjadi permainan panjang berjam-jam yang tidak ada habisnya, sampai permainan tersebut benar-benar usai. Saya yakin bukan hanya saya saja yang merasa seperti ini saat memainkan Polytopia atau Civilization. Karena permainannya yang cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat, maka The Battle of Polytopia berhasil masuk daftar ini.

Saya memilih The Battle of Polytopia terutama karena grafisnya yang lucu dan unik, tidak terlihat seperti game strategi lainnya. Dalamnya strategi yang ada pada setiap permainan dari The Battle of Polytopia membuat saya terus tertantang untuk mencoba mengalahkan AI musuh.

Download The Battle of Polytopia · Harga: Gratis

Daftar ini diambil dari penilaian pribadi dan saya tidak menaruh game tersebut berdasarkan peringkat. Daftar ini pun bahkan belum selesai. Masih ada kemungkinan untuk game yang kamu sukai akan muncul di daftar selanjutnya. Atau mungkin kamu punya pendapat lain tentang daftar diatas? Silahkan bagikan di kolom komentar ya!


5 Tips Bermain PUBG Mobile Dalam Mode Squad

https://www.makemac.com/wp-content/uploads/2018/04/pubg-mobile-tips-1.jpg
Click to comment
To Top