Mau Make

20 Aplikasi Mac Gratis yang Wajib Diunduh Pengguna Baru (Part 1)


Baru menggunakan komputer Mac? Perlu pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk beragam kegiatan? Kamu berada di halaman yang tepat! Dalam artikel ini, tim MakeMac akan membahas beragam aplikasi gratis yang bisa kamu unduh di Mac App Store atau pengembang pihak ketiga.

Semua aplikasi ini bersifat gratis dan sebagian diantaranya selalu saya gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Yuk simak langsung!

20 Aplikasi Mac Gratis yang Wajib Diunduh Pengguna Baru

1. VLC Player


VLC adalah aplikasi multimedia player yang setia saya gunakan selama 10 tahun mengenal komputer Mac. Berbasis open-source, tersedia secara gratis dan terus dikerjakan oleh komunitasnya di VideoLAN Organization, membuat VLC selalu mendapatkan fitur terbaru dalam waktu cepat.

Beberapa fitur terbaiknya adalah mendukung beragam jenis dokumen multimedia. Baik berupa file, tautan streeaming dan kendali lengkap untuk beragam kebutuhan. VLC versi terbaru juga sudah mendukung video 360 derajat dan memutar dokumen 4K dengan lancar.

Download VLC

2. The Unarchiver


Apple sudah memberikan fitur Archive Utility untuk mengarsipkan dan membuka dokumen arsip yang kamu miliki. Namun fitur yang lebih lengkap dapat kamu nikmati di aplikasi The Unarchiver.

Sesuai namanya, The Unarchiver adalah aplikasi untuk membuka dokumen arsip dalam beragam format. Mulai dari ZIP, RAR, 7z, ISO, XAR dan beragam dokumen arsip lainnya. Baru-baru ini The Unarchiver sudah dibeli oleh tim pengembang MacPaw dan kabarnya akan ditingkatkan dengan beragam fitur archiver tambahan. Selama menunggu versi barunya rilis, kamu bisa mengunduh The Unarchiver dari tautan di bawah ini.

Download The Unarchiver

3. Alfred


Alfred adalah nama karakter pelayan di film BATMAN yang pastinya kamu kenal dengan karakter selalu siap sedia dan cekatan. Sama dengan Alfred di perangkat macOS, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengerjakan beragam hal secara cekatan dengan beberaa cara: hotkeys, keywords, text expansion dan beragam lainnya.

Alfred memiliki tampilan mirip Spotlight di komputer Mac ya. Bedanya adalah fiturnya yang lebih lengkap, mendukung Workflow dan tema pengaturan. Kamu bisa mendapatkan integrasi dari aplikasi pihak ketiga ke Alfred, menjalankan perintah Terminal dan membuat beragam Workflow.

Sebagai catatan Alfred tersedia secara gratis. Sedangkan Alfred Powerpack hadir sebagai Lisensi tambahan yang dapat kamu beli secara personal atau keluarga.

Download Alfred

4. F.lux


Fitur Night Shift yang berguna untuk membuat layar lebih redup dan sejuk di mata pada malam hari, baru tersedia pada macOS Sierra 10.12.4. Namun kamu dapat mendapatkan fitur serupa, pengaturan lebih lengkap dan mendukung macOS sebelumnya dengan menggunakan F.lux.

Tim pengembang F.lux sudah melakukan banyak riset mengenai warna yang nyaman digunakan di layar komputer pada malam hari. Aplikasi ini juga punya pengaturan tambahan seperti mode penjadwalan, deteksi lokasi dan Color Effect yang cocok untuk pengguna yang suka nonton film atau kegiatan lainnya.

Download F.lux

5. Opera


Peramban Opera punya beberapa fitur menarik yang tidak tersedia di pesaingnya yaitu Safari, Firefox dan juga Chrome. Yaitu fitur VPN terintegrasi untuk membantu kamu berselancar di dunia maya dengan akses server privat – membuat pengguna seolah-olah sedang berada di kota atau negara lain.

Selain VPN, Opera juga memiliki mode hemat daya yang diberi nama Battery Saver. Fitur ini akan bekerja ketika komputer Mac ketika tidak menggunakan charger yaitu mengurangi gambar yang tidak diperlukan dan mencegah video autoplay serta beberapa pengaturan cerdas lainnya.

Download Opera for Mac


Baca Juga:


6. Handbrake


Hanbrake adalah aplikasi video converter yang tersedia secara gratis dan dibuat open-source. Kamu bisa menggunakan beragam pengaturan transcoder yang diperlukan serta memilih beragam format file video yang dibutuhkan. Misalkan dokumen video 4K dari iPhone menjadi resolusi yang lebih kecil untuk diputar di iPod Touch atau perangkat Android.

Handbrake juga punya pengaturan Batch Scan and Queueing Encodes, Chapter Markers, Subtitles, Video Filters dan tentunya tersedia secara gratis. Yuk segera unduh!

Download Handbrake

7. App Cleaner


AppCleaner adalah aplikasi utilitas yang berguna untuk menghapus aplikasi, tanpa meninggalkan dokumen pelengkap. Ya, setiap melakukan instalasi sebuah aplikasi pasti kamu juga secara tidak langsung akan menambah dokumen dari aplikasi tersebtu di sistem operasi. Jika hanya menghapus aplikasinya dari folder Applications, dokumen di bagian sistem masih tetap tersimpan.

Silakan gunakan AppCleaner untuk menghapus semua aplikasi yang sudah tidak pernah kamu gunakan secara tuntas. Tinggal drag and drop saja aplikasi tersebut ke jendela tampilan AppCleaner dan tunggu proses scanning. Setelah itu silakan hapus dan semua dokume sistemnya akan ikut dibawa. Mudah, cepat dan gratis!

Download AppCleaner

8. MacTracker


MacTracker bisa dibilang sebagai “kitab suci” para Apple Fanboy sejati. Aplikasi ini punya data untuk setiap produk Apple yang pernah dirilis sejak awal hingga terbaru. Data yang tersedia juga sangat lengkap mulai dari spesifikasi, harga, status produk hingga cerita singkat mengenai waktu rilisnya. MacTracker juga tersedia di perangkat iOS dengan tampilan yang sama dan selalu saya instal di semua perangkat iPhone, iPad.

Download MacTracker for Mac
Download MacTracker for iOS

9. Vanilla for Mac


Punya banyak aplikasi yang menggunakan akses di Menu Bar komputer Mac? Silakan rapikan saja menggunakan Vanilla for Mac. Aplikasi ini bekerja dengan cara ringkas yaitu menyembunyikan semua ikon di Menu Bar dan sisakan saja yang kamu perlukan. Tampilan Vanilla juga mendukung mode gelap di Menu Bar macOS ya.

Butuh fitur lebih lengkap? Silakan beli Vanillan Pro dan dapatkan akses otomatis aktif saat Log In, sembunyikan Menu Bar setelah 5 detik digunakan dan keyboard shortcut.

Download Vanilla for Mac

10. FOLX


FOLX adalah internet download manager alias aplikasi yang dapat membantu kamu mengunduh beragam jenis dokumen. Kelebihan paling menarik di FOLX dibandingkan mode downloader bawaan di peramban adalah organisir dokumen lebih rapi, mendukung multi thread downloading, integrasi ke Spotlight dan Quick Look serta beragam fitur lain.

Jika kamu udah betah dengan FOLX dan ingin terus menggunakan aplikasi tersebut, silakan beli FOLX Pro dan dapatkan fitur yang lebih lengkap ya! Mulai dari integrasi ke iTunes, pengaturan kecepatan download, intergrasi ke iTunes, serta akses unduh via FTP.

Download FOLX for Mac


8 Alasan Beralih ke MacBook 12 inci dari MacBook Air 11 inci


Click to comment
To Top