How-To

3 Cara Update iOS 11 di iPhone, iPad dan iPod Touch untuk Pengguna Pemula

Sistem operasi iOS 11 sudah dirilis untuk pengguna umum. Bagi kamu yang sudah siap untuk mencoba iOS 11 dengan beragam fitur dan tampilan barunya, namun belum pernah melakukan update iOS, silakan simak tutorial dari tim MakeMac ya! Dalam artikel tutorial update iOS 11 ini saya akan membahas 3 cara update iOS 11 baik untuk pengguna perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch. Silakan simak dan update sesuai kebutuhan kamu ya!

1. OTA Updates

OTA (Over The Air) Updates adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan update ke iOS 11. Pengguna tidak perlu akses ke perangkat komputer, cukup update di perangkat iOS secara langsung. Yaitu lewat aplikasi Settings, secara lengkap adalah Settings – General – Software Update.

Silakan unduh OTA Updates untuk iOS 11 pada bagian tersebut dan setelah selesai, perangkat iPhone atau iPad akan meminta kode kunci keamanan alias Passcode Lock untuk proses instal iOS 11. Besarnya dokumen OTA Updates bisa berbeda-beda pada setiap jenis perangkat, tergantung versi sistem operasi iOS yang kamu gunakan sebelum update serta jenis perangkat yang digunakan. Waktu unduh dokumen di update iOS 11 via OTA Updates juga bergantung kecepatan internet yang kamu gunakan, sedangkan proses instalasinya berlangsung sekitar 30 menit atau lebih cepat.

Untuk mendapatkan iOS 11 dengan cara OTA Updates secara aman dan lancar, ada beberapa persiapan atau hal penting yang harus kamu perhatikan. Berikut ini info lengkapnya:

  • Backup data di iTunes atau secara manual jika diperlukan.
  • Koneksi internet dari Wi-Fi yang kencang dan stabil.
  • Storage kosong yang cukup, tim MakeMac menyarankan 4GB atau lebih.
  • Baterai diatas 50% atau lakukan update dalam posisi charging

2. Update atau Restore via iTunes

Salah satu kelemahan OTA Updates adalah kamu harus menggunakan koneksi Wi-Fi dan sebagian kalangan merasa OTA Updates tidak meyakinkan karena takut terjadi error di tengah jalan serta beberapa kecemasan lainnya. Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan jika menggunakan internet berkabel seperti jaringan LAN atau kabel optik adalah update atau restore lewat iTunes di komputer.

Proses update atau restore perangkat iOS lewat iTunes membutuhkan beberapa hal wajib: iPhone atau iPad itu sendiri, kabel data dan juga komputer yang sudah terinstal iTunes. Hubungkan komputer pada koneksi internet yang kamu gunakan dan pastikan update iTunes ke versi terbaru sebelum menggunakannya untuk update ke iOS 11.

Setelah itu hubungkan perangkat iOS ke komputer via kabel data dan silakan buka iTunes. Masuk ke tab untuk pengaturan iPhone dan kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Kamu bisa melakukan Backup ke iTunes lebih dahulu atau jika perlu lakukan Archive Backup. Setelah itu tekan tombol Update atau Restore iPhone sehingga iTunes akan mengunduh firmware (file update iOS) untuk perangkat iOS yang kamu gunakan dan prosesnya akan dikerjakan setelah mode unduh tadi selesai.

Pilih Update atau Restore?

Update adalah proses menaikkan sistem operasi di perangkat iOS ke versi yang lebih baru atau kita sebut terbaru untuk saat itu. Semua data yang ada di perangkat iOS tidak akan hilang (foto, pengaturan, email, aplikasi, dan lain sebagainya) jika kamu melakukan update dan sudah mencadangkan data sebelumnya – menggunakan iTunes Backup atau iCloud Backup.

Sedangkan Restore adalah metode untuk menghapus semua data di perangkat iOS yang kamu gunakan dan dilanjutkan dengan instal iOS terbaru. Proses ini biasa dilakukan jika kamu ingin mendapatkan tampilan seperti perangkat yang baru dibeli alias semua data dihapu. Untuk melakukan Restore, pengguna harus mematikan pengaturan Find My iPhone sebagai langkah pertama. Jangan lupa juga untuk melakukan proses mencadangkan data ke iTunes atau iCloud jika ingin kembali mengakses data yang ada sebelumnya – dengan metode Restore from Backup.


Baca Juga:


3. Update atau Restore dari iTunes, Unduh IPSW Terpisah

Proses update atau restore di langkah sebelumnya memerlukan komputer dengan koneksi internet yang kencang dan stabil untuk mengunduh firmware iOS terbaru (biasa disebut juga IPSW). Nah jika komputer yang kamu gunakan di rumah tidak mempunyai koneksi internet yang cukup, cara ketiga adalah pilihan yang menarik. Yaitu unduh IPSW untuk perangkat iOS yang kamu gunakan di tempat lain, masukkan ke komputer di rumah dan lakukan proses update atau restore, namun gunakan IPSW yang tadi sudah diunduh sebelumnya.

Dengan proses tersebut kamu bisa menghemat waktu unduh IPSW misalkan tinggal salin dari teman atau mungkin lakukan hal ini untuk beberapa perangkat iOS yang sama secara bergantian atau malah bersamaan di beberapa komputer terpisah. Berikut ini panduan lengkap untuk update atau restore ke iOS 11 dengan dokumen IPSW yang diunduh secara terpisah.

  1. Unduh IPSW untuk iPhone atau iPad kamu di laman website yang terpercaya. Tim MakeMac biasa menggunakan dari IPSW.me
  2. Hubungkan perangkat iOS ke iTunes di komputer. Lakukan Backup dan Archive Backup jika diperlukan.
  3. Masuk ke ikon iPhone di pojok kiri atas hingga tampil gambar seperti di bawah ini.
  4. Di keyboard komputer, tekan dan tahan tombol Option (Mac) atau Shift (Windows) lalu pilih tombol Update atau Restore sesuai kebutuhan.
  5. Finder atau Windows Explorer akan tampil. Cari file IPSW yang sudah kamu unduh tadi. Lanjutkan prosesnya dengan mengikuti perintah yang tampil di layar.

Sebagai catatan, meskipun sudah mengunduh IPSW secara terpisah, komputer yang kamu gunakan tetap harus terkoneksi ke internet selama proses update atau restore. Tutorial ini juga berlaku untuk pengguna perangkat iOS yang sedang melakukan Jailbreak dan ingin update ke iOS paling baru.

Akhir Kata

Apple memang membuat langkah demi langkah untuk update iOS dengan mudah dan cepat. Namun meskipun begitu, bukan tidak mungkin ada kendala atau error yang dapat kamu alami pada waktu update. Jika kamu termasuk pengguna yang kurang beruntung alias mengalami error saat update iOS 11, silakan simak laman berikut ini mengenai daftar kode error iTunes untuk update iOS ya!

Apple juga punya beberapa panduan untuk kendala OTA Updates yang bisa kamu alami dan solusinya. Seerta beberapa catatan lainnya seputar error saat melakukan update ke iOS 11.

Dari ketiga cara di atas, langkah mana yang kamu pilih dan gunakan untuk update ke iOS 11? Silakan bagikan ke kolom komentar ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

Gambar
8 Comments
  • Aghay

    Apple saya habis di pembaharui sendiri tanpa komputer. Ko tiba-tiba di hidupkan kembali tidak keluar menu lagi ya

  • Pingback: 3 Cara Update iOS 11 di iPhone, iPad dan iPod Touch untuk Pengguna Pemula - Ekbizz()

  • anit

    nanya dong ios masih 10.1 kl mau update 10.3.2 gabisa ya krn yg terbaru udah 11? mohon bantuannya

  • bayuu

    suara kamera hilang saat mau fotoan….
    entah itu bug ato bukan ya

  • Farah

    Kalau update ios 11 mcm cara 1 tu, ada kemungkinan x fon akan off sendri atau hang?
    Tak pernah lagi update pkai itune

  • Bahar

    Gan, saya coba pakai cara 3 kok gak bisa ya. An unknown error occurred (3503) terus. Padahal udah itunes versi terbaru. download firmware juga dari ipsw dan lancar lancar aja. Mohon pencerahannya. Thanks.

  • Yd

    Siang min, saya mau tanya. Iphone saya abis di upgrade ke ios 11. Trus muncul selesai pembaruan tinggal lanjutkan beberapa langkah lg. Udh saya ikuti smuanya tp malah muncul tidak dpt masuk. Itu knpa ya min? Mhon bantu jawab

  • adjie

    siang admin,,saya baru update ios 11 saya punya iphone 7 plus.proses download nga ada kendala tetapi waktu kita update aplikasi di playstore nga jalan2 proses update nya knapa ya ?? mohon pencerahan signal bagus di ruang wifi bagus pun nga mau jalan proses updatenya,terima kasih

To Top