Opinion

4 Alasan Tidak Menggunakan Pelindung Layar di iPhone


Pelindung layar, biasa disebut screen guard atau tempered glass, seolah menjadi sesuatu yang wajib digunakan oleh semua pengguna perangkat iPhone. Bahkan ada beberapa orang yang saya kenal, masih menggunakan plastik transparan bawaan iPhone di sisi depan dan belakang, hingga mereka punya waktu untuk membeli pelindung layar.

Saya pribadi beberapa minggu ini memilih untuk melepas pelindung layar di iPhone dan mendapatkan beberapa alasan menarik untuk tidak membelinya lagi. Berikut ini alasan untuk tidak menggunakan pelindung layar di iPhone:

1. Warna Layar Tidak Berubah Karena Pelindung Layar


Meskipun hanya selembar plastik tipis atau malah tempered glass yang cukup tebal, lapisan tambahan di atas layar ini bisa mengubah tampilan warna yang tertangkap oleh mata. Apalagi jika kamu menggunakan aksesoris pelindung layar dalam harga murah, tanpa merek atau mungkin malah dijual secara curah. Jangan kaget jika layar iPhone yang sudah menggunakan teknologi Retina Display dan iPhone X dengan Super Retina Display malah menjadi kehilangan ketajaman gambar dan warna yang tidak natural.

2. Akses Home Button dan 3D Touch Lebih Ringan


Dari pengalaman saya menggunakan tempered glass, ada 2 tipe yang dapat kamu pilih untuk perangkat iPhone yang masih memiliki Home Button. Yaitu tempered glass dengan ukuran yang menutupi layar scara penuh dan memberikan lubang bulat sempurna pada bagian Home Button. Opsi kedua adalah tempered glass yang lebih murah dan hanya melindungi 3/4 bagian sekitar Home Button.

Jika kamu sudah menggunakan iPhone 7 atau yang lebih baru (Home Button dengan Haptic Feedback), lapisan pelindung layar bisa membuat posisi Home Button yang sudah dibuat flat menjadi seakan masih tenggelam ketika dipencet. Belum lagi akses fitur 3D Touch, bisa saja memerlukan tekanan sedikit lebih kuat jika kamu menggunakan pelindung layar yang tebal.

3. Pelindung Layar Bisa Mengurangi Kecantikan iPhone


Dalam pengalaman saya menggunakan pelindung layar (dari harga di bawah 50 ribu hingga hampir 400 ribu Rupiah) pantulan tepiannya atau potongan di lubang speaker dan mikrofon atas akan membuat hasil foto kurang menarik atau tidak cantik lagi.

Belum lagi jika kamu menggunakan tempered glass dengan desain sampai tepian layar lalu menggunakan case yang tebal. Pasti bagian tepian case dan tempered glass akan beradu dan membuat pelindung layar ini terlepas di bagian tepian. Repot banget!


Baca Juga:


4. Keribetan Tambahan, Pengeluaran Tambahan


Keribetan pertama yang harus kamu alami saat memutuskan untuk menggunakan pelindung layar adalah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak pertimbangan mulai dari tipe, fitur tambahan yang diberikan dan pastinya harga. Semakin murah pasti semakin jelek dan semakin mahal pasti membuat kamu enggan untuk merogoh dompet.

Masalah kedua adalah instalasi alias memasang pelindung layar. Bukan masalah jika kamu bisa membeli pelindung layar ini di toko langganan dan langsung minta dipasang. Namun bagaimana jika membeli lewat online shop dan harus memasang sendiri tanpa punya pengalaman sebelumnya.

Sama dengan aksesoris lain, pelindung layar juga punya masa pakai alias harus diganti secara berkala. Jika tidak, bagian yang paling sering diakses akan kehilangan lapisan coating pelindung dan membuat warnanya menjadi belang seperti gambar di atas. Bayangkan jika bagian belang ini adalah pola angka Passcode Lock yang sering kamu tekan (terutama untuk perangkat yang belum menggunakan Touch ID), tentu menjadi sesuatu yang berbahaya kan?

Siap Melepas Pelindung Layar?


Keempat hal di atas adalah pengalaman saya melepas pelindung layar di iPhone dan bisa menikmati warna terbaik di layar setiap saat. Akses Home Button dan 3D Touch juga terasa lebih natural. Sebelum memutuskan untuk melakukan hal yang sama, pastikan kamu juga siap dengan segala resikonya jika tidak menggunakan pelindung layar. Yaitu kemungkinan layar pecah yang lebih besar ketika terjatuh atau mungkin kejadian lainnya. Saya pribadi berusaha meminimalisir hal tersebut dengan menggunakan case yang aman dan juga selalu memisahkan iPhone dengan benda lain di dalam tas atau di dalam saku.

Apakah kamu juga tidak menggunakan pelindung layar di iPhone? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


(Opini) 5 Alasan iPhone (PRODUCT) RED Hadir dengan Kombinasi Warna Putih


Click to comment
To Top