Mau Make

5 Alasan untuk Menjadi Kolektor iPod

 Photo by ABC News1
Photo by ABC News

Apple berhenti menjual produk iPod (Nano, Shuffle) sejak tahun 2017. Sebelumnya iPod Classic juga sudah dihentikan produksinya dan tidak lagi dijual mulai tahun 2014. Kini hanya tersisa iPod Touch yang bahkan sudah beberapa tahun ini tidak mendapatkan update. Sejak beberapa tahun ini saya menemukan banyak Apple Fanboy yang mulai berburu produk iPod alias punya hobi yang sama dengan saya.

Ingin ikut menjadi kolektor iPod namun masih belum berminat atau malah penasaran kenapa kini semakin banyak orang yang mulai mencari iPod bekas? Berikut ini beberapa alasan untuk mulai menjadi kolektor iPod:

5 Alasan untuk Mengoleksi iPod

5. Belajar Sejarah Produk Apple

Setiap produk Apple hadir dengan filosofi dan sejarahnya yang menarik untuk dikenang. Tidak terkecuali dengan iPod, semuanya dibuat oleh tim terbaik di Apple pada jamannya. Misalkan untuk iPod Shuffle dan iPod Nano generasi pertama, punya sejarah sebagai produk iPod pertama yang menggunakan flash storage alias tidak lagi menggunakan hard disk.

Kamu juga bisa belajar mengenai RockBox, sebuah firmware custom yang bisa diinstal oleh beberapa jenis dan generasi perangkat iPod saja. Pelajaran lainnya adalah melihat Apple meningkatkan setiap kemudahan penggunaan iPod melalui fitur yang diberikan. Misalkan untuk beberapa jenis perangkat iPod generasi awal, musik yang kamu putar tidak akan otomatis berhenti (pause) jika perangkat earphone dicabut. Lain halnya dengan generasi iPod Nano, semuanya sudah punya kendali untuk menghentikan musik ketika kamu tidak sengaja melepas earphone.

4. Masih Menggunakan Jack Audio 3.5mm

Punya banyak koleksi earphone atau headphone yang menggunakan jack audio 3.5mm dan sudah menggunakan iPhone 7, 8 atau iPhone X untuk kegiatan harian? Membawa dongle atau Lightning to Jack Audio 3.5 mm sehari-hari mungkin terasa merepotkan dan rentan hilang. Nah ini adalah alasan berikutnya untuk mengoleksi iPod, masih menggunakan jack audio 3.5mm!

Dengan alasan tersebut kamu bisa pergi olahraga, santai di jam istirahat atau mungkin melakukan kegiatan lainnya sambil ditemani musik dan gak perlu ribet membawa adapter lightning.


Baca Juga:


3. Tampilan yang Familiar dan Mudah di Semua Generasi

Saya sudah pernah mencoba iPod generasi pertama, iPod Mini, semua jenis iPod Nano dan beberapa generasi iPod Classic. Semuanya menggunakan desain yang sangat familiar yaitu kendali menggunakan Scrolling Wheel, Lock Switch dengan warna orange di atas dan beberapa hal lain.

Karena semua bagian dasar dari iPod yang sangat familiar ini, kamu bisa punya banyak koleksi iPod dari beberapa generasi dan tidak akan kesulitan untuk beradaptasi. Bahkan saya bisa bilang tidak perlu adaptasi sama sekali kecuali beberapa penambahan fitur di generasi yang lebih baru seperti Voice Over atau Radio.

2. Kualitas Audio yang Tidak Bisa Dianggap Remeh

Perangkat iPod bisa bertahan selama 16 tahun di industri pemutar musik digital,, tentunya bukan sekedar karena logo Apple di belakangnya. Namun juga karena kualitas audio yang digunakan. Semua hal seputar audio yang digunakan pada perangkat iPod terbagi dalam 2 kelompok besar yaitu iPod dengan Chipset Wolfson (iPod Classic generasi 5 atau yang lebih lawas) dan Chipset Cirrus (iPod Classic generasi 6 atau lebih baru) .

Dalam data yang tim MakeMac dapatkan, perangkat iPod terbaik sepanjang masa menurut beberapa jurnalis dan pengamat audio adalah iPod Classic generasi 5. Produk ini adalah iPod generasi terakhir yang menggunakan Chipset Wolfson dan sampai saat ini masih dicari oleh banyak kolektor dan para penggemar iPod. Apakah kamu termasuk salah satu pemilik iPod tersebut?

1. Alasan Paling Penting, Harga Murah dan Awet!

Dibandingkan semua produk Apple lainnya yang bisa kamu temukan dalam kondisi bekas di pasaran, perangkat iPod adalah produk Apple yang paling murah jika dibandingkan dengan iPhone atau iPad misalnya. Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan iPod generasi lawas dengan harga murah dan kondisi yang sangat baik. Seberapa murah? Saya pernah mendapatkan iPod Shuffle generasi 2 dengan harga 200 ribuan saja. Bahkan pernah juga mendapatkan iPod Nano generasi pertama dalam kondisi rusak dan layak ditukar dengan iPod Nano generasi 6.

Bicara masalah keawetan, produk iPod yang sudah menggunakan flash storage seperti iPod Nano dan Shuffle adalah 2 jenis yang paling mudah dan minim resiko untuk kamu yang baru memulai koleksi. Karena keduanya tidak menggunakan kapasitas penyimpanan bergerak seperti iPod Classic dan iPod Mini, sehingga kemungkinan terjadi masalah error pada kapasitas penyimpanan juga sangat minim. Dengan menggunakan flash storage, baterai juga harusnya masih sangat awet alias bisa digunakan hampir seharian untuk menemani kamu dalam beragam kegiatan.

Jadi, sudah siap menjadi kolektor iPod? Atau sudah menjadi kolektor iPod? Koleksi iPod aja saja yang sudah kamu gunakan? Tulis di bagian komentar ya!


Mengenang Steve Jobs dan Peluncuran iPad Generasi Pertama di Tahun 2010


Click to comment
To Top