Featured

5 Aplikasi Jepret Foto RAW di iPhone


 Photo by. Pexels1
Photo by. Pexels

Apple sudah memberikan fitur untuk mengambil gambar tanpa terkompresi (RAW) sejak iOS 10 di perangkat iPhone, iPad. Setelah 2 tahun berjalan, kini telah banyak aplikasi yang mendukung mode jepret gambar RAW. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar RAW di perangkat iPhone.

Aplikasi untuk Jepret Foto RAW di iPhone

5. RAW+

RAW+ adalah aplikasi jepret kamera dengan fitur sangat minimalis. Kamu hanya bisa mengatur Shutter, ISO, White Balance dan mode Manual Focus jiak diperlukan. Beberapa pengaturan tambahan seperti Level, Grid, Historgram, Highlight dan beberapa hal detai lainnya untuk membantu kamu mengambil gambar. RAW+ Tersedia secara gratis di App Store dengan batasan jepret 100 kali. Jika lebih dari itu, silakan beli in-ap purchase yang disediakan ya!

Download RAW+ · Harga: Gratis

4. MuseCam

MuseCam menawarkan mode jepret dalam format RAW sekaligus fitur edit gambar secara terpadu. Kamu dapat mengambil gambar RAW di MuseCam dengan menekan ikon JPG di bagian kiri atas layar dan ganti ke mode jepret RAW. Ya, mudah dan cepat!

Bicara fitur edit, ada beberapa mode edit dasar yang diberikan oleh pengembang MuseCam. Mulai dari Exposure, Contrast, Vibrance, Saturation dan banyak hal lainnya. Jika membutuhkan fitur edit gambar yang lebih lengkap, silakan beli in-app purchase Pro Kit untuk menikmati mode Curves, HSL, COlor dan Split-toning Tools.

Download MuseCam · Harga: Gratis

3. Adobe Ligthroom

Di kalangan fotografer, aplikasi Adobe Ligthroom pasti bukanlah nama yang asing. Selain memiliki fitur edit gambar yang lengkap dan dapat terhubung ke Adobe Ligthroom di komputer dengan akun Adobe CC, kamu bisa mengambil gambar RAW lewat aplikasi ini.

Bahkan tidak sekedar gambar RAW, Adobe Ligthroom juga mendukung fitur HDR dengan menggabungkan 3 RAW photos untuk mendapatkan hasil terbaik dan tidak terkompresi. Semua foto yang kamu jepret di Adobe Ligthroom juga akan disimpan pada Library yang digunakan. Silakan edit atau simpan ke Camera Roll untuk daftar foto yang kamu inginkan saja dengan mudah.

Download Adobe Lightroom CC · Harga: Gratis


Baca Juga:


2. ProCam 5

Aplikasi jepret foto ProCam 5 juga bisa kamu andalkan untuk mengambil gambar RAW. Selain format RAW, Pro Cam 5 juga memiliki pengaturan lengkap untuk membantu kamu mengambil gambar dalam beragam situasi. Seperti Slow Shutter, 3D Photos, Time Lapse dan juga mode video.

Bagi kamu yang menyukai kendali manual, ProCam 5 juga mendukung mode kendali ini untuk beberapa bagian. Mulai dari Shutter, ISO, Manual Focus, White Balance, Focus Peaking, dan mode Location Services yang dapat dimatikan sesuai permintaan pengguna. Review lengkap untuk ProCam 5 dapat kamu baca di artikel MakeMac ya!

Download ProCam 5 · Harga: 89000

1. Halide

Halide menjadi aplikasi jepret gambar dengan dukungan RAW yang paling saya rekomendasikan. Tampilannya terlihat profesional, semua fiturnya diletakkan secara rapi di bagian atas dan bawah, serta bisa diatur sesuai kebutuhan. Bicara pengaturan Manual, Halide juga mendukung Focus Peaking dan gesture yang dapat kamu gunakan untuk mengendalikan beberapa pengaturan manual.

Selain format RAW, Halide juga mendukung mode JPG dan HEIF yang ramah terhadap iPhone dengan storage minim tetapi tidak mengorbankan kualitas. Bagi pengguna iPhone 7 atau yang lebih baru, Halide juga sudah mendukugn Haptic Feedback untuk membantu kamu mengambil gambar di tempat yang silau dan ragu jika hasilnya salah fokus.

Download Halide Camera · Harga: 89000

Aplikasi Favorit Kamu?

Dari daftar di atas, mana yang menjadi aplikasi favorit kamu untuk mengambil gambar RAW? Apakah Halide, ProCam 5 atau tidak ada di daftar ini? Bagikan di kolom komentar ya!


Review Halide Camera, Tampilan Profesional untuk Hasil Foto Terbaik


7 Tips Mengambil Foto Panorama Menggunakan iPhone


Click to comment
To Top