Featured

5 Cara Mengambil Screenshot di iOS 10



Screenshot atau rekaman gambar aktivitas di layar perangkat iOS adalah salah satu fitur paling dasar dari penggunaan perangkat. Mode ini biasanya digunakan untuk mendapatkan gambar dari sebuah tampilan website, aplikasi atau mungkin tampilan iOS 10 yang bermasalah untuk kamu laporkan kepada Apple. Ada banyak cara mengambil screenshot di perangkat iOS, mulai dari cara yang biasa saja hingga mungkin belum pernah kamu lakukan.

Berikut ini 5 cara screenshot perangkat iOS 10 yang bisa kamu lakukan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Simak daftarnya:

Cara Screenshot di iOS 10, Semua Wajib Tahu!

5. Cara Biasa, Kombinasi 2 Tombol Andalan

Saya yakin kamu semua sudah tahu cara membuat screenshot yang satu ini: tekan Power Button dan Home Button bersamaan. Aktivitas yang sedang tampil di layar akan terekam menjadi sebuah gambar dan dapat kamu akses dari Camera Roll atau folder Screenshot.

Bagi pengguna yang sering mengaktifkan Assitive Touch, pastikan kamu menekan tombol Power Button sepersekian detik lebih dahulu dibandingkan Home Button. Dengan cara ini, ikon Assitive Touch tidak akan ikut hadir dalam gambar screenshot.

Sebagai catatan, ada beberapa aplikasi yang menutup fitur screenshot untuk tampilan tertentu. Contoh yang pernah saya alami adalah Netflix for iOS pada saat mode memutar film. Setiap screenshot yang kamu buat akan berakhir dengan gambar hitam pekat tanpa tampilan apapun.

4. Tombol Rusak? Gunakan Assitive Touch

Misalkan saya punya sebuah iPhone 4 yang sudah tua dan rusak di bagian Power Button. Apakah masih bisa membuat gambar screenshot? Tentu saja bisa! Gunakan cara kedua yaitu lewat bantuan Assitive Touch. Masuk ke Settings – General – Accessibility – AssitiveTouch – ON.

Setelah itu kembali ke tampilan layar yang ingin kamu screenshot. Tekan AssitiveTouch – Device – More – Screenshot untuk membuat sebuah gambar screenshot. Pengaturan yang lebih lengkap bisa kamu lakukan dengan mode kustomisasi AssitiveTouch atau mode 3D Touch bagi pengguna iPhone 6s atau iPhone 7 misalnya. Yaitu cukup tekan dan tahan tombol AssitiveTouch untuk menjalankan fitur membuat screenshot.

3. Gunakan Aplikasi OneShot

Cara berikutnya membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuat screenshot dengan tampilan berbeda dan lebih menarik. Menggunakan nama OneShot, aplikasi ini bisa memberikan sorotan penting untuk teks yang ingin dibuat lebih menonjol, mengganti warna latar belakang atau menambahkan tautan dari sumber artikel web yang kamu rekam.

Bahkan kamu dapat langsung membagikan screenshot yang diedit dengan OneShot ke sosial media Twitter dan mendapatkan tautan yang bisa diakses secara mudah. OneShot cocok untuk kamu yang sering berbagi kutipan artikel dari sebuah website namun tetap ingin membagikan tautan lengkapnya agar dapat diakses secara mudah.

Download · Harga:


Baca Juga:


2. Arsipkan Percakapan Panjang dengan Stitch It

Salah satu fungsi screenshot yang mungkin kamu butuhkan adalah membuat arsip foto dari percakapan via aplikasi kirim pesan. Bisa iMessage, Line atua mungkin website tutorial yang panjang juga bisa. Nah jika kamu malas menyimpan banyak screenshot yang saling menyambung dan mungkin bisa saja hilang, coba gunakan Stitch It deh!

Aplikasi ini bekerja dengan sistem menggabungkan 2 screenshot atau lebih secara vertikal untuk membuat gambar yang panjang. Pengguna hanya perlu meletakkan bagian sambungan yang tepat di antara kedua gambar dan tinggal tekan tombol Stitch untuk menggabungkan hasil akhirnya. Mudah dan cepat deh. Sebagai catatan, pastikan di gambar berikutnya ada bagian yang menjadi sisi paling bawah dari gambar sebelumnya untuk memudahkan kamu menyambung gambar ya.

Download Stitch It! - Edit & share screenshots! - Combining screengrabs as a seamless vertical collage! · Harga: Gratis

1. Butuh Screenshot Langsung Dari Mac? Gunakan Cara Ini!

Cara terakhir ini cocok untuk kamu yang menggunakan perangkat iOS dan komputer Mac. Yaitu lewat fitur Screen Capture di aplikasi Quicktime. Berikut ini tutorialnya:

  1. Hubungkan perangkat iOS ke komputer Mac dengan kabel data.
  2. Buka aplikasi Quicktime Time Player – File – New Screen Recording.
  3. Pada bagian Source, pilih perangat iOS yang kamu gunakan.
  4. Setelah tampilan layar di iPhone hadir sebagai jendela aplikasi di Mac, silahkan ambil screenshot. Saya biasa menggunakan kombinasi tombol Command + Shift + 4 + Space lalu klik mouse. Dengan cara ini gambar akan tampil secara satu jendela tampilan penuh.

Tutorial ini sangat tepat untuk kamu yang butuh screenshot dari perangkat iOS dan ingin digunakan pada komputer Mac. Mungkin untuk membuat tutorial seperti yang saya lakukan atau mungkin arsip tampilan sebuah aplikasi yang sedang kamu kembangkan.

Cara Favorit Kamu?

Dari 5 cara membuat screenshot yang saya bagikan di atas, mana yang menjadi favorit kamu? Apakah cara normal dengan kombinasi 2 tombol atau mungkin dengan aplikasi tambahan? Atau mungkin kamu memiliki cara lain untuk membuat screenshot yang belum saya tulis di atas? Silahkan tulis di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!


PhotoPanda, Bersihkan Camera Roll di Perangkat iOS dengan Cerdas

Gambar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top