Featured

6 Alasan Berlangganan Apple Music daripada Spotify

Pilih Apple Music atau Spotify?

Pertanyaan tersebut masuk ke akun Twitter @MakeMac sejak beberapa hari ini. Sejumlah Sahabat MakeMac yang menggunakan Spotify, merasa “galau” dan ingin berpindah ke Apple Music namun masih merasa bimbang. Apa saja sih alasan untuk berpindah ke Apple Music jika sebelumnya kamu sudah menggunakan Spotify? Berikut ini alasan yang dapat tim MakeMac berikan kepada kamu wahai calon pengguna Apple Music:

Alasan Berlangganan Apple Music daripada Spotify

6. Harga Sama

Sejak awal tahun 2018, Apple Music sudah menurunkan harga berlangganan untuk pengguna di Indonesia. Yaitu 29 ribu rupiah untuk pengguna pelajar, 49 ribu Rupiah untuk pengguna perorangan dan 75 ribu perbulan untuk pengguna keluarga. Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di halaman Apple Music untuk Indonesia.

Bagaimana dengan harga berlangganan Spotify? Tidak jauh berbeda, yaitu 24.990 ribu rupiah untuk pengguna pelajar, 49.990 ribu Rupiah untuk pengguna perorangan dan 79 ribu perbulan untuk pengguna keluarga. Gimana, sama kan? Selisih beberapa ratus Rupiah untuk biaya langganan saya anggap sama ya, karena angkanya sangat kecil sekali

Perbedaan paling mencolok dari cara berlangganan Apple Music dan Spotify adalah promo yang diberikan. Setiap menjelang akhir tahun atau beberapa momen istimewat, Spotify punya program berlangganan yang lebih murah dan mengikat hingga waktu yang ditentukan (6 bulan, 1 tahun). Kelebihan lainnya lagi adalah Spotify sering memberikan promosi kerjasama dengan beberapa operator selular di Indonesia atau sistem pembayaran online untuk mempermudah kamu dalam membayar biaya berlangganan.

Sedangkan untuk Apple Music, Apple hanya memberikan promosi ujicoba gratis selama 3 bulan awal. Setelah itu pengguna harus membayar biaya langganan dan hanya mendukung sistem pembayaran in-app purchases di akun Apple ID. Bisa menggunakan kartu kredit, debit online atau saldo iTunes Gift Card.

5. Tidak Perlu Instal Aplikasi Tambahan

Sejak update iOS 8.4, Apple sudah menghadirkan fitur Apple Music di app Music untuk perangkat iOS. Itu artinya kamu tidak perlu instal apliksi tambahan untuk mulai berlangganan musik dari Apple Music. Tinggal masuk ke app Music dan daftarkan akun untuk pertama kali. Setelah itu pengaturan yang harus kamu cek adalah mode iCloud Music Library agar dapat mengunduh dokumen dari Apple Music dan memutar lagu dalam posisi offline. Semua proses pendaftaran Apple Music bisa dilakuan secara langsung di perangakt iOS atau komputer Mac.

Sedangkan jika kamu menggunakan Spotify, aplikasinya harus diunduh secara tambahan di App Store. Setelah itu pengguna harus membuat akun atau menghubungkan akun email ke Spotify. Pengaturan metode pembayaran yang didukung bisa menggunakan in-app purchases dari Apple atau lewat laman Spotify.com di komputer.

4. Konten Video Musik

Sejak update iOS 11, Apple memberikan konten Music Video di Apple Music secara lebih lengkap dan mudah diakses. Kamu akan menemukan bagian ini di mode Browse yang didalamnya berisi beragam video klip musik terbaru dan juga Playlist yang sesuai. Sedangkan untuk Spotify, seluruh konten yang tersedia hanya berbentuk dokumen audio. Baik musik dari penyanyi favorit kamu, daftar OST dari film favorit, Podcast, dan siaran Standup Comedy dari pelawak favorit.

3. Mendukung Apple TV, Apple Watch, HomePod dan Siri

Layanan Apple Music dibuat oleh Apple dan tentu saja dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hadir di semua produknya. Mulai dari Apple TV, Apple Watch, HomePod dan tentu saja akses Siri.

Bagi pelanggan Apple Music, akses Siri untuk membantu kamu memutar musik pasinya sangat menyenangkan dan mudah. Kamu bisa meminta Siri untuk memutar musik secara spesifik, musik dari daftar putar yang dibuat, musik terbaik di tahun tertentu atau bahkan meminta Siri untuk mencari tahu siapa vokalis dari musik yang sedang kamu putar.

Berlangganan Apple Music juga bisa disebut sebagai kebutuhan penting bagi pengguana perangkat HomePod. Karena speaker pintar ini hanya dapat memutar musik dari teknologi AirPlay dan mengenali permintaan kamu untuk memutar lagu dari Apple Music.


Baca Juga:


2. Kualitas Audio

Bagian ini mungkin akan sedikit kontroversial untuk kamu yang sangat sensitif dengan kualitas audio. Namun untuk saya pribadi, kualitas audio Apple Music lebih baik dibandingkan Spotify. Pengujian ini sudah saya lakukan di perangkat iOS, Mac dan menggunakan speaker atau earphone. Mungkin bagi beberapa kalangan masalah kualitas audio tidak terlalu menjadi perhatian namun saya pribadi merasa bagian ini penting.

Bagaimana dengan kamu, sudah pernah membandingkan kualitas audio di Apple Music melawan Spotify?

1. Desain Antarmuka Putih Bersih

Secara tampilan, Apple Music dan Spotify terlihat sangat berbeda dan kontras. Yaitu warna latar belakang dominan putih untuk Apple Music dan warna latar belakang dominan hitam untuk Spotify.

Karena bagian warna putih yang terang dan luas, saya merasa lebih nyaman untuk menggunakan Apple Music baik di dalam ruang, luar ruang atau kondisi minim cahaya. Namun mungkin sebagian kalangan pengguna merasa lebih cocok dan nyaman dengan tampilan warna gelap yang disediakan oleh tim Spotify. Sama seperti bahasan soal kualitas audio, bagian ini sangat subjektif dan saya kembalikan kepada selera setiap penggunanya.

Pilih Apple Music atau Spotify?

Setelah membaca beberapa alasan di atas, apakah kamu ingin beralih ke Apple Music dari Spotify? Atau mungkin punya alasan tambahan yang bisa saya catat di artikel ini untuk mengajak pengguna Spotify beralih ke Apple Music? Bagikan di kolom komentar ya!


SongShift, Transfer Playlist Antar Layanan Streaming Music dengan Mudah


Cara Membuat Ringtone di iPhone Lewat GarageBand


Click to comment
To Top