Opinion

6 Alasan Membeli iPhone 6s daripada iPhone 8 di Tahun 2018, Nomor 5 Menang Banyak!

 Photo by Pexels10
Photo by Pexels

Perangkat iPhone 6s memang sudah berus berumur 3 tahun sejak dikenalkan pertama kali oleh Apple. Namun hingga hari ini, kamu masih dapat membeli iPhone 6s dalam kondisi baru jika membuka laman Apple.com atau di beberapa Apple Authorized Reseller.

Tim MakeMac punya sejumlah alasan yang wajib kamu tahu sebelum membeli iPhone 6s di tahun 2018. Ya, apalagi jika dibandingkan dengan iPhone 8 atau iPhone X, perangkat iPhone 6s punya beberapa hal menarik yang wajib kamu tahu. Simak info lengkapnya ya!

Daftar 8 Alasan Membeli iPhone 6s

1. Harga? Murah!


Perangkat iPhone 6s dengan kapasitas penyimpanan 32GB dan 128GB dijual di Apple.com dengan harga $449 dan $549. Sedangkan iPhone 8 masih menggunakan harga $699 dan $849 untuk kapasitas penyimpanan 64GB dan 256GB. Tentunya harga iPhone X jauh lebih tinggi lagi yaitu mulai dari $999.

Dengan harga yang murah dan spesifikasi perangkat terpaut beberapa tahun, iPhone 6s masih bisa menjadi pilihan menarik. Terutama kamu yang memiliki budget terbatas atau sekedar butuh ponsel tambahan misalnya.

2. Warna? Lengkap!


Jika iPhone 8 hanya terdiri dari 3 pilihan warna Silver, Gold dan Space Gray, iPhone 6s punya warna yang lebih lengkap. Yaitu Silver, Gold, Space Gray dan Rose Gold. Apple Fangirl alias para wanita yang menggunakan perangkat iPhone dan gemar dengan warna feminim pink, pasti lebih mengidolakan Rose Gold yang hanya ada di iPhone 6s.

Bicara bodi, iPhone 6s masih menggunakan anodized aluminum di bagian belakang. Sedangkan iPhone 8 sudah menggunakan bahan kaca. Secara berat keseluruhan, iPhone 8 sedikit lebih berat dibandingkan iPhone 6s karena bahan kaca untuk memberikan fitur Wireless Charging.

Sedangkan di sisi ketahanan perangkat, iPhone 6s jauh lebih tahan dari benturan atau saat perangkat jatuh dari meja. Ya, ini karena bodi belakang yang tidak menggunakan bahan kaca sehingga tidak mudah retak. Apakah kamu sering ceroboh dan tidak sengaja menjatuhkan iPhone? Pilihan paling tepat adalah membeli iPhone 6s.

3. Sudah Mendukung 3D Touch


Perangkat iPhone 6s adalah iPhone generasi pertama yang mendukung sensor 3D Touch. Dengan 3D Touch, beragam fitur di iOS 11 dapat kamu gunakan secara maksimal dan dapat lebih produktif. Mulai dari membereskan Notification Center, kursor keyboard, Peek and Pop di beberapa aplikasi yang mendukung dan shortcut icon aplikasi di Homepage.

Teknologi keamanan Touch ID di iPhone 6s juga sudah masuk pada generasi kedua. Yaitu Touch ID yang dapat membaca sidik jari pendaftarnya secara lebih cepat dan akurat jika dibandingkan iPhone generasi sebelumnya.


Baca Juga:


4. Kamera? Cukup lah..


Dibekali dengan kamera 12MP dan ƒ/2.2 aperture, kamera di iPhone 6s tidak malu untuk diajak balapan dengan kamera di iPhone 8 (12MP dan ƒ/1.8 aperture). Meskipun di beberapa bagian, ada fitur yang belum diberikan oleh Apple untuk kamera di iPhone 6s namun sudah tersedia di iPhone 8.

Yaitu Optical image stabilization untuk foto dan video, Wide Color Aperture, Quad-LED True Tone flash dengan Slow Sync dan juga 4K video recording di 24FPS dan 30FPS.

5. Headphone Jack, Menang Banyak!


Semenjak merilis iPhone 7, Apple tidak lagi menggunakan teknologi kuno untuk perangkat audio yaitu headphone jack 3.5 mm. Begitu juga di iPhone 8, kamu hanya memiliki sebuah port audio output yang bergabung dengan port charging yaitu Lightning Port.

Sedangkan di iPhone 6s, pengguna masih dapat menemukan headphone jack 3.5mm untuk memutar musik. Kamu bisa mengisi baterai di perangkat iPhone 6s sekaligus memutar musik lewat headphone jack, tanpa memerlukan adapter tambahan. Menang banyak deh jika dibandingkan iPhone 7 atau iPhone 8!

6. Masih Mendukung iOS 11 dengan Lancar


Perangkat iPhone 6s masih mendukung iOS 11, sama dengan iPhone 8. Meskipun ada beberapa fitur yang tidak didukung seperti True Tone Display, namun fitur semua fitur utama di iOS 11 dapat kamu gunakan secara maksimal. Mulai dari app Files, Siri Control Center, edit Live Photos, iMessages Stiker, App Store dan beragam lainnya.

Jika menggunakan skema update iOS seperti tahun-tahun sebelumnya, iPhone 6s juga akan mendapatkan update iOS 12 di tahun ini. Yaitu sebagai update terakhir yang dapat didukung oleh perangkat iPhone dengan umur 3 tahun.

Apakah Kamu Menggunakan iPhone 6s?

Sebagai tambahan catatan, kamu harus berhati-hati saat membeli iPhone 6s di tahun 2018. Jangan sampai tertipu dengan sindikat iPhone rekondisi atau mungkin iPhone HDC, replikasi alias palsu.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang masih menggunakan iPhone 6s atau berencana membeli iPhone 6s dalam waktu dekat? Ingin membeli dengan warna dan kapasitas penyimpanan berapa? Bagikan di kolom komentar ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

[source site_name = “Business Insider” site_url = “http://www.businessinsider.sg/apple-iphone-6s-vs-iphone-8-iphone-x-2017-10/?r=US&IR=T”][/source]


Click to comment
To Top