Featured

6 Detail di MacBook Air Retina Display yang Harus Kamu Tahu

Perangkat MacBook Air Retina Display telah dikenalkan di Apple Event. Meskipun Apple sudah menjelaskan secara lengkap, ada beberapa detail yang mungkin kamu lewatkan.

Berikut ini detail di MacBook Air Retina Display yang wajib kamu tahu!

1. Logo Apple Tidak Menyala

Ucapkan selamat tinggal untuk logo Apple yang menyala di belakang layar komputer Mac. Sekarang semua produk baru dari Apple resmi menghapus tampilan mencolok tersebut saat kamu ada di ruang gelap atau mungkin nongkrong di kafe.

MacBook Air Retina Display menjadi komputer Mac ketiga yang menghapus logo Apple menyala. Desain baru ini dimulai dari MacBook 12 inci tahun 2015, MacBook Pro Touch Bar tahun 2016 dan tahun ini MacBook Air 2018.

Alasannya? Tentu saja untuk membuat panel layar lebih tipis. Alasan kedua mungkin untuk meningkatkan kontras layar yang tampil dengan menghapus bagian tembus pandang dibagian belakang.

2. Tanpa Kipas, Seperti MacBook 12 inci

Salah satu hal yang membuat MacBook Air Retina Display bisa begitu tipis, mencapai ketebalan hanya 1.56 cm saja adalah desain hardware yang digunakan.

Apple menggunakan CPU Intel generasi ke–8 dengan spek 1.6GHz dual-core Intel Core i5. Menurut beberapa sumber, CPU ini menggunakan chipset 8210Y (7W) dengan Thermal Design Power (TPD). Yaitu desain chipset yang tidak memerlukan pendingin kipas.

3. Tenang, Masih Ada Headphone Jack

Jika iPad Pro 2018 sudah tidak menggunakan port Headphone Jack, Apple masih memberikan port tersebut di komputer MacBook Air Retina Display. Tepatnya ada di sebelah kanan, karena sisi kiri sudah digunakan untuk 2 buah port Thunderbolt 3 ya. Headphone Jack yang digunakan juga masih tetap dalam standar 3.5mm, seperti yang biasa kamu gunakan di komputer lain atau perangkat pemutar musik digital.


Baca Juga:


4. Touch ID untuk Keamanan Terbaik

Selain layar Retina Display yang 4x lebih tajam dibandingkan MacBook Air generasi sebelumnya, ada juga teknologi Touch ID yang sepenuhnya baru di urutan keluarga MacBook Air.

Teknologi ini bekerja untuk memberikan fitur keamanan yang lebih baik dan cepat. Kamu bisa menggunakan Touch ID di MacBook Air Retina untuk password akun, otentifikasi pembayaran dengan Apple Pay atau akses di aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Teknologi Touch ID di MacBook Air Retina Display dikendalikan oleh Apple T2 Chip yang sebelumnya sudah digunakan di iMac Pro dan MacBook Pro Touch Baru. Apple T2 Chip juga bekerja sebagai pusat enkripsi data di SSD dan mengontrol beragam hal kruisial seputar privasi pengguna.

5. Sepasang Port Thunderbolt 3, Apa Bedanya dengan MacBook 12?

Jika di MacBook Air 13 inci generasi sebelumnya kamu masih menemukan beberapa jenis port input output, kini MacBook Air Retina Display hanya punya sepasang port Thunderbolt 3.

Apa bedanya port ini dengan yang ada di MacBook 12 inci? Pertama, ini adalah Thunderbolt 3. Port ini dapat digunakan untuk transfer data hingga 40Gbps, sementara port USB3.1 di MacBook 12 inci hanya punya kecepatan hingga 5Gbps.

Kedua, Thunderbolt 3 di MacBook Air Retina Display dapat digunakan dengan eGPU. Bagi kamu yang belum tahu, eGPU adalah perangkat kartu grafis eksternal yang dapat digunakan ke komputer Mac untuk mendongkrak kemampuan grafis tanpa mengganti komponen internal komputer.

6. Harga dan Ketersediaan

MacBook Air Retina Display dijual mulai dari harga $1199 untuk spesifikasi 1.6GHz Dual-Core Processor with Turbo Boost up to 3.6GHz, 8GB RAM dan SSD 128GB. Sedangkan spek yang lebih yang menggunakan SSD 256GB dijual dengan harga $1399.

Apple juga memberikan pilihan Custom Order dengan upgrade 16GB RAM dan upgrade SSD hingga 1.5TB. Spesifikasi upgrade paling mahal untuk MacBook Air Retina Display akan mencapai $2599 seperti gambar di atas.

Produk MacBook Air Retina Display akan tersedia di Apple Store mulai 7 November 2018. Saat artikel ini tim MakeMac bagikan, belum ada bocoran informasi mengenai ketersediaan MacBook Air Retina Display di Indonesia.


Selamat Datang MacBook Air Baru! Layar Retina, 3 Warna dan Bahan Ramah Lingkungan


Click to comment
To Top