Reviews

6 Fitur Baru di Notes iOS 11 untuk Pengguna iPhone


Notes adalah aplikasi pencatat bawaan setiap perangkat iOS yaitu iPhone, iPad dan iPod Touc. Di iOS 11, Notes punya banyak fitur baru yang dapat digunakan oleh pengguna perangkat iPhone untuk membuat catatan ringan atau mungkin catatan penting yang biasa diakses kembali saat kamu butuhkan. Berikut ini 6 fitur baru di Notes yang wajib kamu coba segera ya!

1. Menggambar Dalam Dokumen


Apple mengenalkan fitur menggambar di Notes sejak perangkat iPad Pro pertama kali rilis. Fitur ini semakin dilengkapi dengan kehadiran iOS 11 yaitu mode Sketch alias menggambar dalam 1 dokumen catatan yang sudah kamu buat. Cara menggunakan fitur ini juga tidak sulit, cukup buat catatan baru lalu tekan ikon + dan tombol Add Sketch. Setelah itu silakan membuat catatan dalam bentuk gambar atau coretan yang kamu perlukan. Akhiri mode Sketch ini dengan menekan tombol Done di bagian kiri layar.

2. Format Teks Lebih Lengkap dan Mudah


Suka membuat catatan dengan format dan font berbeda untuk beberapa jenis catatan? Gampang, di Notes iOS 11 ini ada banyak fitur Format Teks yang bisa kamu gunakan dan dijamin membuat catatan kamu lebih rapi dan cara menggunakan fitur ini juga tidak ribet.

Tinggal buka catatan yang sudah kamu buat, sorot teks atau kalimat yang ingin kamu format. Setelah itu tekan ikon Aa di bagian atas keyboard iOS 11. Pilih format yang diberikan serta jenis teks yaitu karakter tebal, garis miring, garis bawah, garis tengah serta jenis perataan paragraf serta list yang bisa kamu buat. Sebagai tambahan, mode format teks ini akan lebih mudah dan cepat jika kamu kerjakan dengan bantuan keyboard nirkabel dan shortcut yang biasa digunakan di komputer. Misalkan cmd+b untuk membuat teks tebal dan lain sebagainya.

3. Membuat Tabel


Notes di iOS 11 juga bisa digunakan untuk membuat Tabel. Kamu bisa membuat catatan lebih rapi dalam beberapa kolom dan baris secara instan. Caranya adalah tekan ikon Table di bagian atas keyboard untuk membuat tabel dalam format 2×2. Jika ingin membuat baris dan kolom yang berbeda, silakan tekan ikon 3 titik di sebelah kiri atau atas. Setelah itu tekan Add Row atau Add Column dan sebaliknya silakan tekan Delete Row atau Delete Column untuk menghapus tabel yang tidak kamu perlukan.

Untuk membuat fitur Tabel tetap sederhana, kamu tidak bisa melakukan banyak mode Format Teks di dalam bagian Tabel. Seperti membuat teks rata tengah, baris bagian atas dengan cetak tebal atau beberapa kustomisasi lainnya yang biasa kamu temukan di Microsoft Excel misalnya.


Baca Juga:


4. Fitur Digital Scanner


Sering mendapatkan kartu nama dari kenalan baru usai rapat atau ingin memotret catatan penting hasil dari rapat yang kamu tulis? Gampang, gunakan saja mode Scan Documents di Notes iOS 11. Fitur ini akan mengambil gambar dari dokumen yang kamu gunakan lalu melampirkan di catatan yang sedang kamu buat.

Mode jepret gambar ini akan bekerja secara otomatis jika dokumen yang kamu letakkan di meja terdeteksi secara lengkap dan mendatar. Bahkan ada fitur Edit untuk memotong bagian yang tidak diperlukan atau mungkin merapikan hasilnya dengan fitur Filter, kirim hasil digital scanner dengan format PDF dan lain sebagainya.

5. Mengunci Dokumen Lebih Mudah


Mode mengunci atau Lock Notes pertama kali dikenalkan pada iOS 9. Kini fitur tersebut punya cara akses baru yang lebih mudah dan cepat untuk kamu gunakan. Yaitu dari halaman utama list catatan, silakan swipe ke arah kiri dan tekan ikon gembok untuk membuat catatan tersebut dikunci dengan password yang kamu buat atau keamanan Touch ID.

Fitur Lock Notes biasa juga tetap dapat kamu temukan yaitu dari bagian Share Extension saat membuka catatan tersebut dan cari tombol action untuk Lock.

6. Pinned Notes


Pinned Notes atau sematkan catatan untuk selalu tampil di bagian atas adalah fitur baru di aplikasi Notes iOS 11. Mode ini bisa kamu gunakan untuk catatan yang jarang mendapatkan update dan tidak ingin “tenggelam” dari list Notes dengan catatan lain yang sering kamu buka. Untuk menggunakan Pinned Notes, kamu tinggal kembali ke halaman list catatan di Notes lalu swipe ke arah kanan untuk menampilkan ikon Pinned Notes.

Jika sudah berhasil membuat Pinned Notes, catatan tersebut akan menggunakan ikon Pin di sudut kiri atas bersama beberapa catatan lain. Tentunya mode Pinned Notes juga bisa kamu kombinasikan dengan fitur Lock Notes untuk menjamin privasi catatan.

Fitur Favorit?


Masih banyak fitur seru di Notes iOS 11 yang bisa kamu lakukan. Mulai dari berbagi catatan bersama pengguna lain, eksport dokumen ke aplikasi Files, ubah catatan menjadi PDF dan beberapa hal lainnya. Dari beberapa catatan di atas, mana saja fitur favorit dari Notes iOS 11 yang sudah kamu coba? Apakah membuat Tabel, mengunci cattan dengan cepat atau mungkin sematkan catatan di bagian atas? Bagikan di kolom komentar ya!


3 Cara Memisahkan Halaman Dokumen PDF dengan Preview di Mac

Gambar
1 Comment

1 Comment

  1. erwanto

    12 October 2017 at 22:36

    biasa aja, ga ada yg wah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top