How-To

6 Fitur Tersembunyi di Aplikasi Calculator iOS 11

Sering menggunakan aplikasi Calculator di perangkat iPhone dengan iOS 11? Aplikasi yang dapat membantu kamu untuk melakukan beragam hitungan sederhana dan kompleks ini punya 5 fitur tersembunyi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak daftar fitur tersembunyi di aplikasi Calculator iOS 11 ya!

6 Fitur Tersembunyi di Aplikasi Calculator iOS 11

1. Swipe untuk Menghapus

Sering salah ketik angka yang akan kamu hitung di Calculator iOS 11? Gampang, swipe saja ke kiri atau kanan untuk menghapus digit terahirnya. Setiap satu kali swipe sama dengan menghapus 1 digit terakhir. Tentunya mode gesture ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan menekan tombol Clear dan mengetik ulang semua angka.

2. Copy dan Paste Hasil Hitungan

Selain mendukung mode swipe untuk menghapus 1 baris angka, bagian atas di Calculator iOS 11 juga mendukung mode Copy, Paste, Speak dan Spell saat kamu membutuhkan. Misalkan menyalin angka catatan pengeluaran yang panjang dari sebuah catatan di email lalu Paste ke Calculator iOS 11 dan lakukan hitungan yang kamu perlukan.

3. Mode Mendatar, Scientific Calculator

Aplikasi Calculator iOS 11 juga punya fitur Scientific Calculator loh! Mode ini memberikan kelengkapan tambahan perhitungan dengan beragam rumus matematika. Mulai dari yang paling sederhana yaitu memberikan hitungan dalam kurung, kuadrat, Sin Cos Tan, Radian, hingga Log dan akar kuadrat serta beragam rumus lainnya.

Agar dapat menggunakan fitur Scientific Calculator, pastikan kamu mematikan mode Lock Orientation di Control Center iOS 11 ya. Setelah itu pegang perangakt iPhone dalam mode mendatar saat menggunakan Calculator iOS 11.

4. Lihat Hasil Hitungan Terakhir dengan 3D Touch

Bagi pengguna perangkat iPhone 6s atau yang lebih baru dan sudah mendukung 3D Touch, silakan tekan dan tahan ikon Calculator iOS 11 di Homescreen. Fitur ini berguna untuk menampilkan hasil hitungan terakhir yang kamu lakukan. Kamu juga bisa menekan Copy Last Result untuk menyalin hasilnya ke clipboard sembari masuk ke aplikasi Calculator iOS 11 lagi.


Baca Juga:


5. Mulai dari Spotlight, Lanjutkan di Calculator iOS 11

Saya pribadi cukup jarang menggunakan Calculator iOS 11 karena lebih suka mengandalkan Spotlight di iOS 11 untuk beberapa hitungan sederhana. Namun saya juga bisa melanjutkan operasi hitungan dari Spotlight ke Calculator iOS 11 dengan cepat dan mudah.

Caranya adalah gunakan Spotlight untuk melakukan hitungan biasa. Setelah hasilnya tampil, silakan tekan bagian tersebut untuk membuka aplikasi Calculator iOS 11. Hasil perhitungan akan tampil di kolom paling atas dan silakan lanjutkan dengan Scientific Calculator jika diperlukan atau lakukan Copy Paste.

6. Panggil Calculator iOS 11 dari Control Center

Meskipun Control Center di iOS 11 menggunakan wajah baru, fitur untuk memanggil Calculator juga masih tetap disediakan loh! Pastikan saja untuk mengaktifkan Calculator di Control Center iOS 11 agak kamu bisa memanggilnya secara cepat ketika dibutuhkan.

Silakan masuk ke Settings – Control Center – Customize Control Center. Cari ikon Calculator lalu tekan tanda + dan letakkan di urutan favorit kamu. Selesai, sekarang coba scroll dari bawah ke atas pada layar utama untuk memanggil Control Center dan cari ikon Calculator iOS 11.


Panduan Lengkap Menggunakan Aplikasi Kompas di iPhone


Click to comment
To Top