How-To

7 Tips Mengambil Foto Panorama Menggunakan iPhone


Hobi jalan-jalan ke tempat baru dan memiliki pemandangan alam terbuka yang cantik? Jangan lupa untuk mengambil foto panorama ya! Dengan mode Panorama, kamu bisa mendapatkan foto memanjang dengan resolusi tinggi dan mendapatkan banyak objek dalam satu gambar.

Saya sudah sering menggunakan fitur Panorama sejak perangkat iPhone 4 (saat itu masih memerlukan aplikasi tambahan) hingga sekarang. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat foto panorama lebih maksimal. Yuk simak langsung!

7 Tips Mengambil Foto Panorama Menggunakan iPhone

1. Cari Objek Menarik dan Tidak Banyak Gerakan


Cara mengambil foto panorama adalah memilih mode Pano dari app Camera lalu menggeser perangkat iPhone hingga sekitar 180 derajat atau bahkan lebih. Agar hasil panorama bisa menjadi foto yang cantik dan rapi, hindari mengambil foto panorama di tempat yang banyak orang lewat atau bergerak.

Mengambil foto panorama di tengah keramaian, di sekitar pantai atau daerah ramai lainnya tentu tidak disarankan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Karena ketika kamu menggeser kamera, objek orang yang ada di depan bisa saja sedang berjalan dan membuat hasilnya berantakan. Contoh paling gampang dan menarik untuk membuat foto panorama adalah kegiatan liburan naik gunung di tempat yang sepi atau mungkin lapangan kosong dengan pemandangan rumput hijau dan awan yang bersih misalnya.

2. Pilih Fokus Utama Terlebih Dahulu


Sebelum memulai mode Panorama dari sisi kiri atau kanan, kamu bisa tekan dan tahan layar untuk mengunci fokus sekaligus Exposure foto terlebih dahulu. Dengan cara tersebut, mode Panorama tidak akan mencari-cari fokus yang dibutuhkan atau membuat gambar terlalu terang atau gelap di tempat yang salah.

Wajib diingat juga bahwa fitur Pano di Camera tidak punya mode kompensasi Exposure seperti pada mode foto biasa, jadi pastikan kamu memilih fokus dan Exposure di tempat yang tepat agak tidak perlu terlalu repot mengedit gambar.

3. Kurangi Distorsi, Mundur Beberapa Meter Lagi


Namanya juga panorama, jadi mustinya objek yang kamu jepret ada di jarak yang jauh dan tidak bisa ditangkap semuanya dengan sebuah foto mendatar saja. Jika objek foto kamu terlalu dekat, mode panorama akan menghasilkan distorisi atau garis lurus yang berubah menjadi lengkung – tidak natural dan tidak sedap dipandang.

Jika hasil itu yang terjadi pada foto kamu, silakan coba mundur beberapa meter lagi agar mendapatkan foto panorama lebih bagus. Hindari juga untuk mengambil foto panorama di dalam ruangan yang memiliki banyak garis mendatar dan vertikal seperti meja dan eternit misalnya.

4. Manfaatkan Garis Panduan dengan Baik


Saat kamu mengambil foto panorama, ada panah bantuan di tengah layar yang mengacu pada sebuah garis utama. Silakan gunakan bagian ini semaksimal mungkin untuk tetap mendapatkan foto panorama dengan lebar yang cukup. Karena jika terlalu banyak naik turun, Camera akan memotong bagian yang hilang dan kamu harus kehilangan sebagian tepian dari objek utama tersebut.


Baca Juga:


5. Mulai dari Kiri atau Kanan?


Secara defalult foto Panorama akan dimulai dari sisi kiri dan berakhir di sisi kanan. Kamu bisa membalik arah ini dengan menekan kotak memanjang di tengah layar pada mode Pano. Untuk mengembalikan arah mulainya foto ke sebelah kiri, silakan tekan sekali lagi di tempat yang sama ya.

6. Foto Panorama dalam Mode Tegak

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Bosan dengan foto panorama dengan mode mendatar? Kamu bisa juga loh menggunakan foto panorama dengan mode tegak. Caranya sederhana saja, tinggal pegang perangkat iPhone dalam mode mendatar dan masuk ke fitur Pano. Silakan mulai dari sisi bawah (lantai atau ujung kaki misal) hingga jauh ke atas hingga melihat awan. Hasilnya akan menjadi sebuah foto tegak dengan bentuk yang cukup panjang.

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan foto dengan aspek rasio 16:9 atau malah lebih dan memiliki resolusi tinggi. Pastikan saja kamu tidak lupa memilih bagian fokus foto sebelum mulai menggeser perangkat ke atas.

7. Gunakan Tripod atau Alat Bantu Lainnya


Ingin mendapatkan hasil panorama yang sangat sempurna dan maksimal? Kamu bisa menggunakan beberapa alat tambahan jika memang diperlukan. Paling gampang adalah menggunakan tripod untuk kamera video (fluid head) yang bisa berputar 360 derajat dengan mulus untuk mengurangi gerakan vertikal saat mengambil foto panorama. Namun pastikan juga kamu memiliki alat untuk memegang perangkat iPhone dalam mode tegak ya seperti vertikal iPhone mount.

Akhir Kata


Sebagai info tambahan, foto panorama di perangkat iPhone bisa mendukung hingga maksimal 63MP. Karena hal tersebut, dokumen foto panorama biasanya jauh lebih besar dibandingkan foto biasa, jadi pastikan kamu punya kapasitas penyimpanan yang cukup sebelum pergi berlibur dan mencoba fitur panorama secara maksimal.

Punya tips lain untuk mengambil foto panorama? Atau mungkin kamu termasuk pengguna yang jarang sekali menggunakan foto panorama? Silakan bagikan hasil foto panorama kamu dengan cara Mention ke @MakeMac ya!


Kupas Tuntas Memotret Gambar RAW di iPhone


Click to comment
To Top