Featured

8 Fitur Baru di iOS 10.3 yang Wajib Kamu Tahu

Apple merils update iOS 10.3 untuk perangkat iOS beberapa waktu lalu. Banyak pembaca MakeMac yang masih bertanya di Twitter @MakeMac dan Instagram serta Facebook mengenai fitur penting apa saja yang diberikan oleh Apple. Berikut ini beberapa fitur baru di iOS 10.3 yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone dan juga iPad. Simak infonya:

8 Fitur Baru di iOS 10.3

1. Find My AirPods

Find My AirPods adalah salah satu fitur paling menarik di iOS 10.3. Dengan layanan ini, pengguna bisa mendeteksi posisi perangkat AirPods yang hilang atau tercecer dengan koneksi Bluetooth dan perangkat Apple yang terakhir terhubung. Kamu bisa memutar suara peringatan untuk membantu pencarian AirPods dengan lebih mudah dan melihatnya dari peta.

Cara penggunaan Find My AirPods terintegrasi di aplikasi Find My iPhone. Pastikan perangkat iOS yang kamu gunakan bersama dengan AirPods sudah update ke iOS 10.3 dan silahkan baca panduan penggunaan Find My AirPods dari Apple.

2. Apple ID Profile

Jika kamu sudah membuka app Settings setelah update ke iOS 10.3, pasti menemukan sebuah tampilan baru. Yaitu Apple ID Profile yang berisi foto dan nama dari akun Apple ID yang kamu gunakan. Tekan bagian ini dan tampilan akan berpindah ke halaman informasi akun secara lebih lengkap. Mulai dari nama, nomor telepon, metode pembayaran yang kamu gunakan, daftar perangkat Apple yang terhubung dalam satu akun dan beberapa hal lainnya.

3. Animasi Transisi Aplikasi

Apple mengubah sedikit animasi atau efek saat melakukan mode buka dan tutup aplikasi dari Homescreen. Kini setiap sudut tampilan aplikasi yang hadir akan sedikit lebih roundend atau tidak kaku. Bagian ini memang tidak dapat terlalu dirasakan saat penggunaan harian, namun menurut saya cukup penting untuk kamu ketahui dan cermati.

4. 3D Touch di Weather

Khusus untuk pengguna perangkat iPhone yang sudah mendukung 3D Touch (iPhone 6s, iPhone 7), Apple menambahkan dukungan fitur ini di app Weather. Silahkan masuk ke aplikasi Weather, masuk ke mode list daerah yang sudah kamu pilih sebelumnya lalu tekan dan tahan di salah satu list. Mode 3D Touch akan aktif, silahkan tekan dan tahan lebih dalam untuk menampilkan informasi tersebut dalam mode layar penuh.

5. Kapasitas Penyimpanan di iCloud

Kembali ke tampilan Apple ID Profile di app Settings, silahkan masuk ke bagian iCloud. Di bagian ini juga ada tampilan baru berupa informasi penggunaan iCloud Storage dalam bentuk grafik. Bagian ini sepintas mirip dengan tampilan Disk Utility di komputer Mac atau pengaturan iCloud. Kamu juga bisa menekan animasi grafis ini dan melihat detail Total Storage atau membeli iCloud Storage tambahan secara berlangganan.


Baca Juga:


6. APFS (Apple File System)

APFS juga termasuk salah satu update besar di iOS 10.3. Kini Apple mulai beralih ke teknologi file system tersebut untuk perangkat iOS, macOS, tvOS dan watchOS. Kelebihan utama di APFS adalah dibuat khusus untuk media penyimpanan dengan bentuk Flash/SSD storage. Yaitu mengutamakan keamanan dengan enkripsi yang kuat, space sharing dan beberapa detail lain yang dapat kamu baca di halaman berikut ini.

Sebagai catatan, APFS memang masih sangat awal, baru rilis di iOS 10.3 dan macOS 10.12.4 saja. Beberapa catatan yang tim MakeMac dapatkan masih menjelaskan bahwa kecepatannya belum terasa sangat signifikan. Namun dari sisi keamanan, Apple sudah menaruh pengaturan Two Factor Authentication begitu kamu selesai mengunduh dan instal iOS 10.3 di perangkat iOS – sebagai salah satu dasar dari keamanan di APFS.

7. Widget untuk Aplikasi Podcast

Aplikasi Podcast mendapatkan update kecil yang cukup menarik di iOS 10.3. Yaitu mode Widget yang membuat kamu dapat mengakses beragam dokumen audio atau video yang sudah diunduh di Podcast dan diputar saat kamu perlukan. Silahkan aktifkan Widget untuk app Porcase dari Notification Center lalu swipe dari kiri ke kanan. Scroll hingga bagian paling bawah lalu tekan Edit dan aktifkan Podcast.

8. iTunes “Rent Once, Watch Anywhere”

Sering menyewa film di iTunes Store? Jika sebelumnya kamu hanya bisa menyewa dan tonton film dari sebuah perangkat saja, kini mode sewa dan tonton dimana saja sudah hadir di perangkat iOS 10.3. Pengguna bisa menyewa sebuah film dari iTunes 12.6 atau yang lebih baru di komputer lalu tonton di daftar putar perangkat iPhone, iPad atau mungkin Apple TV.

Punya Fitur Favorit di iOS 10.3?

Dari 8 daftar di atas, mana fitur baru yang menjadi favorit kamu di iOS 10.3? Apakah Apple ID Profile atau mungkin 3D Touch di app Weather? Selain daftar di atas, Apple juga punya beberapa catatan lain untuk update iOS 10.3 yang juga bersifat perbaikan dan peningkatan fitur ya. Mulai dari mode SiriKit, CarPlay dan masih banyak lainnya.

Apakah kamu sudah mengunduh update iOS 10.3? Bagikan review kamu di kolom komentar ya!


Apple Merilis Update iOS 10.3.1 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch

Gambar
5 Comments

5 Comments

  1. DenotDeblong

    9 April 2017 at 06:11

    Sdkt koreksi typo: *Porcase mngkn mksdny Podcast

  2. agung wibowo

    29 April 2017 at 08:59

    setelah update iOS 10.3.1 iphone 5s saya sering restart apalagi jika sinyal kurang bagus,dan lebih lama buka screen saat dihidupkan.

  3. Sri Devi Sopiawati

    1 May 2017 at 21:06

    update ke iOS 10.3.1 iphone 5s saya sering restart sendiri & pada saat memutar musik pakai headphone tidak ada suaranya :(

  4. Kenhondar

    7 May 2017 at 14:31

    Buat iPhone 7 kerasa bgt perbedaan sblm upgrade dari 10.2, kekurangannya masih bnyk bug kadang2 safari kelamaan suka ngelock orientationnya padahal gk di lock jadi mesti restart safari, kedua favorite yg ada di safari jga tiba2 ilang sendiri, ketiga di bagian setting klo mau turn off mode kyk mode low battery sering lama turn offnya kyk kurang responsif. Sisanya sih bagus booting jadi cpt battery lumayan irit plus katanya pangu team udh siap2 ngerilis jailbreak buat 10.3.1

  5. budak jambi

    14 May 2017 at 16:58

    buat iphone 5s jangan memaksakan untuk upgrade ke ios yang lebih tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top