Mau Make

8 Perbandingan Fitur iPad Generasi 6 dan iPad Pro 10.5 inci

Apple mengenalkan iPad generasi 6 sebagai satu-satunya perangkat iPad non Pro yang mendukung Apple Pencil. Harganya yang sangat murah, dimulai dari $329 membuat perangkat ini cocok untuk digunakan beragam kalangan termasuk para pelajar. Namun bagaimana jika dibandingkan dengan iPad Pro 10.5 inci yang rilis tahun lalu? Fitur apa saja yang patut kamu cermati dari iPad generasi 6 dan iPad Pro 10.5 inci? Berikut ini catatan lengkap dari tim MakeMac:

Perbandingan Fitur iPad Generasi 6 dan iPad Pro 10.5 inci

8. Mendukung Apple Pencil

Perangkat iPad generasi 6 dan iPad Pro 10.5 inci sama-sama mendukung Apple Pencil. Tidak sekedar mendukung mode arsir biasa, iPad generasi 6 yang dijual dengan harga hampir separuh iPad Pro 10.5 inci juga mendukung mode tekanan dan goresan miring yang sangat akurat menggunakan Apple Pencil.

Sebagai catatan, perangkat Apple Pencil dijual terpisah dari iPad generasi 6 dan juga semua jenis iPad Pro ya. Kamu harus mempersiapkan budget tambahan untuk membeli Apple Pencil di harga $99 atua sekitar 1.5 juta Rupiah.

7. Warna Gold Baru di iPad Generasi 6

Perangakt iPad generasi 6 dibuat dengan 3 pilihan warna yaitu Silver, Space Gray dan Gold. Sedangkan iPad Pro 10.5 inci menggunakan 4 warna yaitu Silver, Space Gray, Gold dan Roses Gold. Khusus untuk warna Gold di iPad generasi 6, Apple menggunakan detail warna baru yang membuatnya tampil senada dengna Apple Watch Series 3 dan iPhone 8 dengan warna Gold.

6. ProMotion dan TrueTone Display

ProMotion adalah teknologi untuk membuat perangkat iPad Pro mendukung refresh rates hingga 120Hz untuk membuat interaksi dengan layar menjadi lebih cepat dan akurat namun tetap hemat baterai. ProMotion juga bisa membuat akurasi di Apple Pencil menjadi lebih baik dan tampilan gambar atau video menjadi lebih selaras dengan kecepatan yang digunakan pada layar perangkat iPad Pro. Teknologi ProMotion 120hz hanya tersedia di perangkat iPad Pro dan tidak ada di iPad generasi 6.

Lanjut untuk TrueTone Display, fitur ini bekerja dengan cara menampilkan warna putih di layar lebih natural saat kamu berada di dalam atau luar ruangan. Dengan menggunakan TrueTone Display, pengguna diharapkan bisa melihat gambar atau tampilan layar lebih natural baik saat menggunakan lampu di ruangan dengan warna putih atau kuning misalnya. Saat ini hanya perangkat iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPad Pro 10.5 inci, iPad Pro 9.7 inci dan iPad Pro 12.9 generasi kedua.

5. Kamera Depan dan Belakang

Karena harga yang jauh lebih murah, perangkat iPad generasi 6 hanya menggunakan kamera belakang 8MP dan kamera depan 1.2MP. Hal ini sangat jauh berbeda dengan iPad Pro 10.5 yang menggunakan kamera belakang 12MP dan kamera depan 7MP.

Kamu juga tidak akan menemukan Flash di kamera belakang iPad generasi 6 ya. Sedangkan di iPad Pro 10.5 inci sudah menggunakan lampu Flash dengan teknologi Quad-LED True Tone terbaru dari Apple.

4. Video

Spesifikasi lengkap untuk mode video di iPad generasi 6 adalah merekam di mode 1080p, Slo-mo 720p di 120fps, Video stabilization, Timelapse dan resoulsi 720p untuk video dengan kamera depan.

Seangka di iPad Pro 10.5 inci mendukung video 4K (3840 x 2160), Slo-mo 1080p di 120fps dan 720p di 240fps, cinematic video stabilization, continuous autofocus video dan resolusi 1080p untuk video dengan kamera depan.


Baca Juga:


3. Audio

Semua perangkat iPad dibuat dengan 4 speaker di setiap sudut layar. Bahkan Apple juga memberikan mode deteksi orientasi layar untuk membuat speaker di bagian atas perangkat akan selalu lebih kencang dibandingkan bagian bawah. Hingga iPad generasi 6 dirilis, fitur 4 speaker ini hanya tersedia di perangkat iPad Pro. Ya, iPad generasi 6 hanya memiliki 2 buah speaker audio sama seperti perangkat iPad Mini 4 yaitu di bagian bawah.

2. Smart Connector

Logitech CREATE1
Logitech CREATE

Meskipun mendukung Apple Pencil seperti perangkat iPad Pro, sayangnya iPad generasi 6 tidak memiliki Smart Connector. Bagi kamu yang belum tahu, Smart Connector adalah konektor di sisi samping kiri perangkat iPad Pro untuk terhubung ke aksesoris keyboard yang mendukung. Dengan Smart Connector, keyboard tambahan bisa dibuat dengan desain yang tipis karena sumber tenaganya berasal dari perangkat iPad Pro. Koneksi yang diberikan juga langsung di Smart Connector, tanpa mode nirkabel seperti Bluetooth.

1. Harga iPad Pro 10.5 inci dan iPad Generasi 6

Berikut ini daftar perbandingan harga iPad Pro 10.5 inci dan iPad Generasi 6 dengan sumber data di laman Apple.com:

iPad Pro 10.5 inci

  • Wi-Fi 64GB : $649

  • Wi-Fi 256GB : $749

  • Wi-Fi 512GB : $949

  • Wi-Fi + Cellular 64GB : $779

  • Wi-Fi + Cellular 256GB : $879

  • Wi-Fi + Cellular 512GB : $1.079

iPad Generasi 6

  • Wi-Fi 32GB : $329

  • Wi-Fi 128GB : $429

  • Wi-Fi + Cellular 32GB : $459

  • Wi-Fi + Cellular 128GB : $559

Pilih Mana?

Jika kamu hanya membutuhkan perangkat iPad dengan dukungna Apple Pencil dan budget terbatas, silakan pilih iPad generasi 6. Namun jika kamu butuh layar lebih besar, spesifikasi hardware lebih lengkap seperti ProMotion 120Hz, 4 audio speaker dan lainnya saya sarankan untuk membeli iPad Pro 10.5 inci ya.

Bagaimana, apakah kamu berencana membeli iPad dalam waktu dekat? Pilih iPad Pro 10.5 inci atau iPad generasi 6? Bagikan di kolom komentar ya!


Logitech Mengenalkan Crayon, Alternatif Murah Untuk Apple Pencil


1 Comment
To Top