Miscellaneous

Adopsi iOS 11 Kini Berada di atas 50 Persen

App Store di iOS 11

Apple baru-baru ini melakukan pengukuran untuk mengetahui berapa jumlah perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch yang sudah menjalankan sistem iOS 11 dalam mengunduh aplikasi-aplikasi di App Store. Kini hasilnya sudah dirilis di laman Support resminya.

Dalam pengukurannya yang dilakukan Apple pada 6 November lalu, jumlah pengguna yang sudah mengadopsi iOS 11 di perangkat-perangkat iOS miliknya saat ini sudah mencapai 52 persen di pekan ketujuhnya. iOS 11 tersedia sejak 19 September lalu.

Sementara itu jumlah adopsi iOS versi sebelumnya terus menyusut sedikit demi sedikit. iOS 10 sekarang diadopsi 38 persen pengguna. Sisanya dipegang iOS versi lawas yang mencatat jumlah adopsinya mencapai 10 persen saja.

iOS 11 sebelumnya perlu tiga minggu untuk bisa melampaui iOS 10 dalam jumlah penggunaannya. Saat itu, tingkat adopsinya tercatat mencapai 48 persen. Dalam kurun waktu yang sama, iOS 10 diadopsi 45 persen pengguna di perangkat miliknya.

Jumlah adopsi iOS 11 ini juga diklaim lebih lambat dibandingkan iOS 10 dalam waktu 24 jam pertama ketersediaannya. Kala itu, adopsinya mencapai 10 persen dan 25 persen di minggu pertamanya.


Baca juga:


Seiring dengan hadirnya banyak pembaruan dan perbaikan bug dalam update iOS 11 yang saat ini sudah mencapai versi iOS 11.1, adopsinya kian menanjak menjadi lebih dari 50 persen. Namun pendorongnya bukan hanya itu saja, tapi juga didorong oleh kehadiran iPhone X yang sudah tersedia hampir satu pekan ini.

Jumlah perangkat yang menjalankan iOS 11 tentunya bakal terus bertambah, mengingat jumlah pengguna iPhone X semakin banyak. Menurut rencana Apple bakal menjualnya di 13 negara berikutnya, seperti Malaysia, Kamboja, Thailand, sejumlah negara Eropa dan Afrika Selatan.

Belum lagi, Apple berencana merilis update iOS 11.2 di masa mendatang. Salah satu fitur barunya adalah Apple Pay Cash yang memungkinkan pengguna mengirimkan uang ke pengguna lain via iMessage.


Click to comment
To Top