News

Alasan Kominfo Blokir Tumblr adalah Konten Asusila dan Tidak Bekerjasama


Layanan Tumblr sejak tadi malam secara diam-diam diblokir oleh beragam ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. Kini akun Twitter Kementrian Kominfo memberikan penjelasan perihal menutup akses Tumblr di Indonesia.

Menurut Kominfo, Tim Aduan Konten mendapatkan laporan mengenai konten asusila di platform Tumblr. Yaitu temuan 360 akun asusila di Tumblr, baik akses lewat Tumblr.com atau Tumblr for iOS dan Android.

Pihak Kominfo juga menganggap bahwa Tumblr tidak memiliki mekanisme untuk melaporkan konten asusila, sehingga harus mengirimkan email secara langsung. Jatah waktu yang diberikan oleh Kominfo kepada Tumblr adalah 2×24 jam dan Tumblr tidak juga memberikan respon. Hingga akhirnya Kominfo mengambil keputusan untuk menutup 8 DNS Tumblr pada hari Senin, 5 Maret 2018 sore.

Berikut ini rangkaian Tweet dari Kominfo:

Hingga saat ini daftar ISP yang sudah menutup akses Tumblr di Indonesia adalah Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Biznet. Beberapa ISP yang masih belum menggunakan aturan baru tersebut adalah First Media dan Indi Home – mungkin dalam waktu dekat karena sudah ada penjelasan dari Kominfo.

Beberapa pengguna Tumblr di Indonesia merasa kecewa dengan keputusan pemerintah untuk memblokir Tumblr. Mereka menggunakan layanan mikro blogging tersebut untuk beragam keperluan positif seperti membuat catatan, berbagi informasi dengan rekan komunitas atau bahkan konten edukasi. Semoga pihak Tumblr dan Kominfo bisa segera mendapatkan jalan tengah agar pengguna di Indonesia bisa kembali mengakses Tumblr secara lancar.


Pengguna di Indonesia Tidak Bisa Akses Tumblr, Diblok Lagi?

[source site_name = “Twitter” site_url = “https://twitter.com/kemkominfo/status/970880560435363840”][/source]


Click to comment
To Top