News

App Store dan Mac App Store Akhirnya Mendukung Sistem Free Trial

Setelah Keynote WWDC 2018, Apple mengumumkan pembaharuan untuk App Store Guidelines alias panduan dan peraturan dalam membuat dan mendaftarkan aplikasi di App Store. Salah satu catatan terbarunya adalah seputar fitur Free Trial. Kini pengembang di App Store dan Mac App Store dapat membuat sistem coba aplikasinya secara gratis walaupun tidak menggunakan sistem berlangganan.

Berikut ini kutipan dari App Store Guidelines untuk fitur Free Trial:

Non-subscription apps may offer a free time-based trial period before presenting a full unlock option by setting up a Non-Consumable IAP item at Price Tier 0 that follows the naming convention: “14-day Trial.”


Baca Juga:


Sesuai penjelasan di atas, kini pengembang aplikasi dapat membuat In-App Purchase dengan level Price Tier 0 alias gratis sebagai cara menghadirkan fitur Free Trial. Misalkan masa uji coba gratis ini berlangsung selama 14 hari, setelah itu pengguna aplikasi tersebut harus membeli in-app purchase yang berguna untuk membuka semua fiturnya secara lengkap.

Apple juga menjelaskan bahwa pengembang aplikasi harus menuliskan secara jelas saat aplikasi mereka menggunakan sistem Free Trial. Maksudnya adalah harus ada keterangan waktu uji coba gratis yang diberikan, fitur apa saja yang hilang jika Free Trial sudah selesai dan beberapa catatan lainnya.

Apple memang sebelumnya sudah menghadirkan fitur Free Trial, namun hanya tersedia di aplikasi atau games yang menggunakan sistem berlangganan. Hal ini sempat menuai protes dari sejumlah pengembang dalam komunitas The Developer Union dan membuat petisi ke Apple. Tuntutan yang diberikan adalah meminta Apple menghadirkan sistem Free Trial di luar aplikasi berlangganan. Kini akhirnya tuntutan ini tercapai lewat update panduan App Store terbaru yang saya jelaskan di atas.


Apple Umumkan Pemenang Apple Design Award 2018


Click to comment
To Top