News

Apple Ajukan Paten Kacamata AR/VR dengan Ukuran Kompak dan Ringan

Apple dikabarkan mengajukan sebuah paten baru yang berkaitan dengan sistem optik untuk kacamata pintar yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan desain dan faktor bentuk yang modern.

Perusahaan dari Cupertino itu memang menyebutkan tentang teknologi Augmented Reality. Namun mereka dalam paten barunya tersebut memfokuskan utamanya pada teknologi Virtual Reality.

Paten Apple tersebut menjelaskan soal sistem layar dengan ukuran lebih kompak dan ringan yang terpasang di kepala. Sehingga tidak membuat pengguna lelah memakainya untuk waktu yang lama karena ukurannya tidak berat dan besar, seperti yang dijual di pasaran.

Dari dokumen yang dirilis USPTO (via Patently Apple), Apple mengatakan layar yang terpasang di kepala, seperti kacamata VR, menggunakan lensa dan layar mikro untuk menampilkan citra kepada pemakainya.

Layar mikro itu sendiri berfungsi untuk menampilkan citra buat masing-masing mata pengguna. Sedangkan lensa diletakan di antara mata pengguna dan sebagian layar mikro sehingga pengguna bisa melihat konten virtual reality.


Baca juga:


Untuk bodinya kacamata pintarnya, Apple disebutkan menggunakan beragam bahan, seperti plastik, fiber komposit, karbon fiber, kayu, kaca, dan bahan alami lainnya atau bahan campuran dari dua atau lebih dari bahan-bahan tersebut.

Sistem layar dan komponen kaca optikal memiliki berat yang ringan dan ringkas. Untuk sistem optikalnya sendiri didasarkan pada lensa catadioptric. Sistem ini lumrah dijumpai dalam lensa untuk teleskop dan beberapa kamera telefoto.

Dengan menggunakan lensa catadioptric, kacamata AR/VR Apple tidak akan mengadopsi lensa pembesar untuk menampilkan citra lebih besar kepada si pemakainya. Namun begitu, kacamata pintar seperti ini belum tentu bisa terwujud lantaran masih berupa paten.

Apple sendiri sudah lama dirumorkan sedang mengembangkan kacamata pintar AR/VR. Untuk tahap awal, mereka menyematkan teknologinya di iPhone X dan kemungkinan selanjutnya dalam perangkat mandiri, berupa kacamata AR/VR tadi. Diprediksikan kacamata AR/VR dari Apple bakal hadir di pasaran mulai 2019/2020 mendatang.


Click to comment
To Top