News

Apple Bakal Ganti Baterai iPhone Tanpa Tes Diagnostik

Apple awal Januari ini sudah mulai meluncurkan program penggantian baterai dengan harga diskon – $29– buat iPhone 6 dan model di atasnya. Buat kamu yang ingin mengikuti program ini, ternyata prosesnya kini lebih mudah daripada yang dibayangkan.

Pegawai di Genius Bar di gerai-gerai Apple dikabarkan tidak akan lagi melakukan tes diagnostik untuk memeriksa apakah baterai dapat mempertahankan 80 persen dari kapasitas aslinya pada 500 siklus pengisian.

Dalam konfirmasinya seperti diterima MacRumors, Apple tetap memberikan penggantian baterai untuk sejumlah model iPhone lama meskipun tes diagnostik menunjukkan bahwa baterainya memiliki kurang dari 80 persen dari kapasitas aslinya.

Kebijakan barunya tersebut hadir menyusul kabar menyebutkan Apple sudah mengirimkan surel internal kepada para pegawai Apple Store soal diperkenankannya konsumen mendapatkan penggantian baterai tanpa melihat kondisinya.

Menariknya, konsumen yang sudah membayar biaya penggantian baterai sebesar $79 sebelum kebijakan baru ini diberlakukan 30 Desember lalu disebutkan bakal mendapatkan refund atau pengembalian uang. Refund bakal diberikan jika konsumen yang meminta.


Baca juga:


Namun sebagai catatan buat kamu, Apple tidak akan memberikan penggantian baterai jika perangkat iPhone milikmu mengalami kerusakan lain dan ditemukan adanya komponen internal dari pihak ketiga.

Program penggantian baterai dengan harga diskon ini merupakan bagian dari permintaan maaf Apple dalam surat terbukanya yang diposting pekan lalu. Mereka mengakui sudah menurunkan performa iPhone lama menjadi lebih lambat lewat update iOS. Hal itu dilakukan guna mencegah iPhone mati mendadak seiring kondisi baterai mengalami penuaan dari waktu ke waktu.

Meski Apple meminta maaf dan memberikan penggantian baterai dengan harga diskon besar, nyatanya hal itu tak meredam sejumlah konsumen mengajukan tuntutan hukum terhadap Apple terkait tindakan tersebut. Terhitung ada 15 tuntutan hukum yang sudah dilayangkan.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/01/02/apple-replaces-iphone-batteries-that-pass-tests/”][/source]


Click to comment
To Top