News

Apple Beri Peringatan untuk Karyawan yang Bocorkan Informasi Internal

Apple kabarnya telah merilis memo panjang untuk kalangan internal, berisi peringatan bagi karyawan yang membocorkan informasi kepada pihak luar. Dalam catatan yang diterima oleh laman Bloomberg, Apple telah menangkap 29 pembocor informasi dan 12 diantaranya diproses lebih lanjut alias ditahan.

Tidak hanya kehilangan pekerjaan atau hingga diserahkan kepada pihak berwajib, orang-orang tersebut juga akan mendapatkan kesulitan besar untuk mendapatkan pekerjaan lagi di tempat lain. Ke–29 orang tersebut memiliki beragam relasi dengan Apple.Mulai dari karyawan, kontraktor dan beberapa partner penyulai.

In 2017, Apple caught 29 leakers. 12 of those were arrested. Among those were Apple employees, contractors and some partners in Apple’s supply chain.

Apple juga menjelaskan beberapa kebocoran informasi yang dianggap sangat serius di tahun 2017. Yaitu kebocoran tautan iOS 11 GM yang membuat beberapa detail mengenai iPhone X ditemukan dalam sistem operasi iOS 11. Kedua adalah catatan rapat Craig Federighi dengan para petinggi Apple lainnya seputar iOS 12 yang akan fokus pada beberapa perbaikan utama, menunda kehadiran fitur baru.


Baca Juga:


Kebocoran Informasi yang Merugikan Apple

Apple juga menjelaskan bahwa kebocoran informasi kepada publik dapat membuat kerugian yang besar kepada perusahaan. Mulai dari menurunnya penjualan untuk produk yang sedang tersedia saat ini (karena orang akan menunggu produk baru rilis). Masalah juga berlanjut dengan penjualan produk baru yang juga bisa terkena imbas, karena bocoran rumor atau informasi yang sudah lebih dahulu tersebar.

“We want the chance to tell our customers why the product is great, and not have that done poorly by someone else. The best way to honor those contributions is by not leaking.”

Bahkan lebih gawat lagi, setiap bocoran informasi yang jatuh kepada pihak kompetitor dapat menjadi cara mereka untuk mencuri desain atau hal lainnya. Greg Joswiak, salah satu petinggi di Apple juga menjelaskan bahwa Apple ingin memberikan detail penjelasan produk barunya secara lengkap kepada para pengguna setianya, bukan dengan cara bocoran yang buruk dari orang lain.

Bagaimana pendapat kamu mengenai berita kebocoran informasi dari Apple yang selama ini terjadi? Apakah lebih senang jika mendapatkan semua informasinya secara langsung dari Apple atau berupa bocoran informasi seperti yang sering terjadi saat ini? Bagikan di kolom komentar ya!


(Rumor) Fitur Unduh Lagu di iTunes Store Akan Ditutup


Click to comment
To Top