Featured

Apple Kenalkan iOS 11 dengan Teknologi AR, Drag and Drop di iPad dan Beragam Fitur Baru

Keynote WWDC 2017 mengenalkan banyak perangkat komputer baru dan juga sistem operasi untuk beragam perangkat Apple. Salah satunya yang mendapatkan waktu paling banyak adalah iOS 11. Apple mengenalkan iOS 11 untuk perangkat iPad, iPhone dan iPod Touch dengan beragam fitur baru yang sangat menarik. Beberapa diantaranya adalah update dari fitur sebelumnya yang kamu kenal di iOS 10 dan ada juga yang berupa fitur baru.

Beberapa diantaranya adalah teknologi AR (Augmented Reality), sistem pembayaran dengan Apple Pay secara personal pada pengguna lain, Do Not Disturb untuk mode berkendara dan peningkatan fitur Camera serta Photos. Craig Federighi, SVP Apple of Software Engineering menjelaskan bahwa teknologi AR dan banyak fitur produktivitas terbarik dihadirkan Apple untuk kamu pengguna iPad di iOS 11.

With iOS 11, we’re delivering the biggest AR platform in the world, and it’s available today for developers to begin building AR experiences using ARKit for hundreds of millions of iPhone and iPad users

Beragam Fitur Baru untuk Pengguna iPad

Saat memberikan penjelasan mengenai iOS 11, Apple lebih banyak membahas fitur terbarunya yang dibuat khusus untuk perangkat iPad. Mulai dari Dock yang sudah dibuat sangat mirip dengan macOS – mendukung banyak aplikasi dan dokumen. App Switcher yang mengandalkan sentuhan multi finger secara dinamis untuk membuat kamu dapat berganti aplikasi, masuk ke mode Slide Over dan juga Split View secara mudah.

Masih di sisi produktivitas, Apple juga menghadirkan fitur Drag and Drop untuk membantu kamu memindahkan dokumen, gambar, tautan atau beragam hal lainnya di tampilan Split View atau dari Dock ke aplikasi lain. Untuk menunjang sisi penyimpanan data, aplikasi Files juga siap hadir bagi pengguna iOS 11. Fiturnya adalah mengelola dokumen yang ada di layanan cloud service favorit kamu seperti Dropbox, Google Drive dan tentu saja iCloud Drive.

Khusus untuk pengguna Apple Pencil, iOS 11 juga memberikan beberapa fitur baru yang mengajak kamu untuk mencatat lebih mudah. Seperti Inline Drawing di app Notes untuk menggambar di tengah dokumen yang sedang dikerjakan atau Notes from Lock Screen dengan cara mengetuk ujung Apple Pencil ke layar iPad Pro sebagai jalan pintas membuka catatan terakhir di Notes.

Teknologi AR dari Apple

Apple mulai memberikan dukungan teknologi AR secara lebih serius di iOS 11. Salah satunya dengan kehadiran ARKit untuk membantu para pengembang mendapatkan akses ke fitur kamera serta membuat konten virtual yang dapat menampilkan gambar dalam format Augmented Reality, secara langsung dan lebih nyata. Beragam ide dan pengembangan untuk AR juga bisa dilakukan pada masa mendatang seperti membuat games interaktif, belanja online dengan tampilan sudut pandang yang tidak biasa serta beragam hal lainnya.

Siri yang Lebih Pintar

Di iOS 11, Siri akan menjadi lebih pintar karena dukungan teknologi machine learning dan artificial intelligence terbaru. Suara dari Siri yang dapat kamu pilih yaitu perempuan atau pria ini juga akan terus belajar dari kebiasaan pengguna dalam mengucapkan kata-kata. Hebatnya lagi semua hal tadi akan disimpan dalam setiap perangkat iOS yang kamu gunakan dan tersinkronisasi lewat akun iCloud.

Pengguna juga dapat merasakan kecerdasan Siri dalam hal memberikan saran. Yaitu dalam bentuk mempelajari setiap penggunaan aplikasi Safari, News, Mail, Mesages dan lain sebagainya sebagai bahan pertimbangan dari Siri untuk setiap saran kepada pengguna. Contohnya adalah memberikan saran pengetikan nama tempat baru di Mail, setelah kamu melakukan pencarian di Safari.

Fitur Camera dan Photos

Sudah menggunakan iPhone 7 Plus dan menikmati Potrait Mode? Fitur ini akan ditingkatkan oleh Apple di iOS 11 dengan kehadiran mode optical image stabilization, True Tone flash dan HDR untuk menghasilkan efek foto terbaik dari kamera ganda tersebut.

Lanjut untuk fitur Live Photos, pengguna dapat menikmati 3 mode baru yaitu Loop, Bounce dan juga Long Exposure yang dapat menghasilkan foto pemandangan di air terjun dengan sangat indah. Apple juga meningkatkan fitur Memories di Photos, dan mengenalkan teknologi High Efficiency Image File Format (HEIF) untuk mengurangi ukuran dokumen foto di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus namun tetap menjaga kualitas gambar secara maksimal.

Do Not Disturb While Driving

Sering menggunakan Do Not Disturb saat mau tidur untuk menghalau notifikasi yang mengganggu? Nantinya di iOS 11, fitur tersebut dikembangkan lagi untuk keamanan berkendara. Yaitu menggunakan nama Do Not Disturb While Driving, secara otomatis mendeteksi apakah kamu sedang berkendara atau tidak. Jika mode ini diaktifkan, layar perangkat iOS akan berubah menjadi gelap dan semua notifikasi yang masuk akan disenyapkan. Bahkan mode Do Not Disturb While Driving juga memberikan fitur balas pesan secara otomatis di daftar kontak Favorites untuk memberi tahu bahwa kamu sedang tidak bisa menjawab pesan tersebut – karena sedang fokus berkendara.

Deretan Fitur Baru Lainnya

Masih banyak lagi fitur menarik di iOS 11 dikenalkan Apple pada Keynote WWDC 2017. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Tampilan baru di App Store
  • Peningkatan fitur App Store for iMessage
  • Apple Pay untuk kirim uang antar pengguna
  • Control Center baru
  • Apple Maps
  • Home
  • Teknologi AirPlay 2
  • Apple Music dengan mode Discover Friends
  • Apple News
  • Keyboard satu tangan untuk iPhone dan iPad

Sedangkan untuk para developer, iOS 11 membawa beberapa fitur pengembangan baru. Yaitu CoreML, HomeKit, SiriKit dan MusicKit yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Kapan iOS 11 Dapat Diunduh?

Update iOS 11 sudah tersedia untuk para pengembang di laman Apple Developer. Pengguna umum yang ingin mencobanya dengan cara mendaftar di Public Beta, baru mendapatkan akses ini pada akhir Juni. Sedangkan rilis finalnya akan dihadirkan pada musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September 2017.

Dari semua fitur baru di iOS 11, mana yang menjadi favorit kamu? Apakah Dock di iPad, teknologi AR atau mungkin semua fitur di Camera? Bagikan di kolom komentar ya!


Daftar Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang Mendukung iOS 11

Gambar


6 Comments

6 Comments

  1. budi

    6 June 2017 at 08:54

    belum ada daftarnya iDevice apa aja yg bisa upgrade ke iOS 11 ini ya?

  2. mangtra

    6 June 2017 at 09:01

    keren habis

  3. hkim

    6 June 2017 at 11:18

    Di laman preview, Coba diperhatikan semua layar iphone /ipad tampilan bar sinyal nya berubah lagi.

    • faizal

      6 June 2017 at 19:12

      iya gan berubah. kok jadi kayak ios 6 hehe

  4. CPNK

    6 June 2017 at 15:04

    Fitur long exposure photography

  5. gilang

    21 June 2017 at 13:58

    Bar signalnya mirip ios 6 ya. tapi ngeliatnya agak aneh, berasa kaya make iphone replika gitu kalau liat bar sinyal nya kaya gitu wkwk. menurut gue sih gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top