Featured

Apple Kenalkan iOS 12 dengan Perbaikan Performa, Memoji dan Mendukung iPhone 5s

Keynote WWDC 2018 baru saja selesai dipresentasikan dengan banyak detail menarik. Apple membuka acara ini dengan mengenalkan iOS 12 untuk kamu pengguna perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Ada banyak fitur baru dan peningkatan performa yang dijelaskan.

Craig Federighi, Apple SVP of Software Engineering menyampaikan bahwa update iOS 12 punya banyak fitur baru di bagian komunikasi antar pengguna, performa lebih cepat dan mendukung perangkat iPhone 5s yang diciptakan tahun 2013.

“We’re very excited about the new communications features we’re bringing to iPhone and iPad with Memoji, a more personal form of Animoji, fun camera effects and Group FaceTime,”

“With iOS 12, we’re enabling new experiences that weren’t possible before. We’re using advanced algorithms to make AR even more engaging and on-device intelligence to deliver faster ways to get things done using Siri.”

Berikut ini penjelasan dari Apple untuk beragam fitur baru di iOS 12 yang resmi dikenalkan pada WWDC 2018. Simak langsung ya!

Lebih Cepat dan Responsif

Apple menciptakan iOS 12 untuk membantu kamu menjalankan beragam kegiatan harian secara lebih cepat dan responsif. Yaitu dengan akses kamera 70% lebih cepat dan akses keyboard 50% lebih cepat dalam hal tampilan dan mengetik. Bahkan saat banyak aplikasi dan hal penting berjalan di belakang layar, iOS 12 bisa menjalankan aplikasi hingga 2 kali lipat lebih cepat.

Update iOS 12 juga menjadi sistem operasi paling baru yang dapat dinikmati oleh pengguna yang sama dengan iOS 11. Yaitu perangkat iOS yang diciptakan mulai tahun 2013, salah satunya iPhone 5s dan tentu saja hingga iPhone X dan iPad Pro.

Pengembangan Teknologi AR

ARKit 2 di iOS 12 menjadi salah satu bagian yang sangat menarik dan bisa diintegrasikan ke beragam hal lainnya. Salah satunya yang paling baru adalah pengalaman berbagi konten AR antar pengguna untuk menikmati aplikasi atau games.

Apple menjelaskan bahwa ARKit 2 dapat digunakan untuk berbagi konten dalam mode lokasi, deteksi objek dan gambar serta membuat aplikasi AR menjadi lebih dinamis. Teknologi AR di iOS 12 juga diciptakan dengan kolaborasi Apple dan Pixar yaitu membuat format file usdz. Teknologi file ini akan membuat konten AR bisa dengan mudah dihadirkan di beragam aplikasi seperti Messages, Safari, Mail, Files, News dan tentunya dengan grafis dan animasi terbaik.

Teknologi Penerus Animoji Bernama Memoji

Memoji adalah Animoji dengan karakter yang dapat kamu kustomisasi sesuai keinginan. Mulai dari wajah, rambut, warna kulit, aksesoris di muka seperti kacamata dan beberapa hal detail tambahan. Cara membuat Memoji juga sangat mudah yaitu akses dari aplikasi Messages di iOS 12 untuk perangkat iPhone X. Kamu juga bisa menyimpan hasil Memoji yang dibuat dan ciptakan beberapa karakter lain jika diperlukan.

Sedangkan untuk Animoji, Apple juga menambahkan beberapa karakter baru ya. Mulai dari karakter hantu, Koala, Tiger dan T. Rex. Baik Animoji atau Memoji di iOS 12 akan mendukung pengenalan gerakan lidah dan ekspresi wajah lebih detail.

Group Facetime

Sering menggunakan Facetime untuk membuat panggilan video? Di iOS 12, Apple mengenalkan fitur Group Facetime untuk membantu kamu melakukan panggilan secara bersama-sama, maksimal hingga 32 orang! Teknologi canggih yang diberikan pada Group Facetime adalah deteksi suara dari setiap peserta panggilan, di mana suara yang paling dominan atau keras akan menampilkan videonya menjadi lebih besar secara otomatis.

Lebih menariknya lagi, Group Facetime bisa kamu mulai secara lebih mudah dari aplikasi Messages. Misalkan untuk Group Chat yang sudah dibuat sebelumnya bersama teman dan keluarga. Peserta Group Facetime dapat ikut bergabung di tengah sesi dan memilih untuk membagikan tampilan video atau suara saja. Fitur ini juga akan tersedia di Facetime for Mac dan Facetime Audio di Apple Watch.

Siri Shortcuts

Siri Shortuct adalah cara baru yang lebih cepat dan mudah untuk mengerjakan beragam hal dengan bantuan Siri. Dengan kecerdasan yang dimiliki Siri, kamu dapat mengatur beberapa aktivitas atau kegiatan yang biasa dilakukan secara berurutan dengan menentukan frase khusus untuk menjalankan Action tersebut.

Action yang ada di Siri Shortcut juga bisa diterapkan secara spesifik pada aplikasi yang mendukung. Pengguna juga bisa mengunduh daftar Action yang dibuat oleh Apple untuk Siri Shortcut dan pengembang bisa memberikan API ini tanpa kesulitan berarti.

Aplikasi Photos

Perubahan cukup besar juga dihadirkan oleh Apple di aplikasi Photos. Beberapa fitur yang dijelaskan pada Photos di iOS 12 adalah tab baru bernama For You untuk akses konten Memoris dan iCloud Shared Albums. Lalu ada juga mode Sharing Suggestions untuk berbagi foto bersama teman secara dua arah dengan lebih mudah.

Fitur Search Suggestions juga kini mendukung beberapa mode baru seperti pencarian berdasarkan Event, People, Places, Groups, Category dan pencarian dalam beberapa kata kunci jika diperlukan.

Do Not Disturb, Notifikasi dan Screen Time

Fitur Do Not Disturb kembali dikembangkan, kali ini bernama ‘Do Not Disturb during Bedtime’ yang artinya perangkat iOS dapat membantu kamu menikmati tidur yang lebih nyenyak berkat tampilan layar lebih redup dan menyembunyikan semua notifikasi di Lockscreen pada malam hari.

Masih melanjutkan notifikasi, Apple juga memberikan fitur Group Notifications untuk membuat tampilan di Lockscreen menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Kamu juga bisa mengendalikan notifikasi yang masuk dalam beberapa cara seperti tanpa suara atau dimatikan secara total, semuanya langsung dari Lockscreen.

Screen Time adalah salah satu fitur baru di iOS 12 yang berhubungan dengan durasi penggunaa perangkat iOS. Kamu dapat memantau waktu yang dihabiskan dalam sebuah aplikasi atau tampilan website. Fitur Activity Reports juga disediakan untuk melihat total waktu penggunaan d setiap aplikasi, kategori aplikasi atau berapa banyak notifikasi serta berapa kali kamu mengambil perangkat iPhone atau iPad untuk melihatnya.

Fitur Screen Time juga bisa digunakan oleh orang tua untuk memantau Activity Reports dari penggunaan perangkat iOS oleh anak. Semua fitur ini terkendali dari teknologi Family Sharing yang ada di produk Apple. Bahkan menariknya lagi dari Screen Time, orang tua dapat memberikan jadwal penggunaan aplikasi secara detail kepada perangkat iOS 12 dan beberapa pengaturan tambahan.

Fitur Tambahan di iOS 12

  • Aplikasi iBooks berubah nama menjadi Apple Books. Tampilan baru yang diberikan akan mempermudah kamu untuk akses ke Book Store, mencari buku berdasarkan judul, Top Charts, kurasi koleksi dan promo khusus.
  • Apple News mendukung mode Favorites, Sidebar dan navigasi lebih mudah.
  • Aplikasi Stocks tersedia di perangkat iPad dan mendukung integrasi ke aplikasi News.
  • CarPlay mendukung aplikasi navigasi pihak ketiga.
  • Voice Memos tersedia di perangkat iPad dan mendukung iCloud. Desain barunya mempermudah kamu memulai proses rekaman dan edit.
  • Wallet mendukung fitur Student ID Cards dan bekerjasama dengan beragam kampus untuk akses kebutuhan pelajar dan sistem pembayaran.

Kapan iOS 12 Rilis?

Update iOS 12 Beta sudah tersedia untuk pengguna di portal Apple Developer. Pengguna umum yang ingin mencoba versi Beta, dapat mendaftar di Apple Beta Software Program dan mendapatkan update ini di akhir bulan. Saran saya, jangan instal iOS Beta di perangkat kerja harian ya.

Sedangkan untuk versi final, akan tersedia pada musim gugur tahun 2018. Yaitu sekitar bulan September dan bisa diinstal oleh perangkat iOS mulai dari iPhone 5s hingga iPhone X, iPad generasi 5 atau lebh baru, iPad Air, iPad Pro dan iPad Mini 2 atau lebih baru serta iPod Touch generasi 6.

Fitur baru apa saja yang paling ingin kamu coba di iOS 12? Punya pertanyaan seputar update iOS 12? Silakan tulis di kolom komentar ya!


Selamat Datang macOS Mojave dengan Tampilan Dark Mode, Mac App Store Baru dan Aplikasi Tambahan


1 Comment
To Top