Featured

Apple Kerjakan iPhone Masa Depan: Kendali Tanpa Sentuh dan Layar Melengkung

Perangkat iPhone X tanpa Home Button dan menggunakan Notch di bagian atas adalah evolusi terbesar perangkat iPhone setelah 10 tahun. Namun kabarnya evolusi berikutnya tidak akan memerlukan waktu hingga 10 tahun lagi alias lebih singkat. Dikutip dari laman Bloomberg, Apple kabarnya sedang mengerjakan desain iPhone baru yang sangat berbeda.

Yaitu mode kendali tanpa sentuh atau Touchless Control. Teknologi ini akan memungkinkan pengguna untuk mengendalikan perangkat iPhone tanpa menyentuh secara langsung. Dari laporan yang tim MakeMac dapatkan, teknologi ini belum siap untuk dilemparkan kepada pengguna umum hingga 2 tahun ke depan.

The control feature would let iPhone users perform some tasks by moving their finger close to the screen without actually tapping it.


Baca Juga:


Selain Touchless Control, perangkat iPhone tersebut juga kabarnya akan menggunakan layar melengkung. Tidak sekedar melengkun di sisi samping seperti beberapa smartphone dari Samsung. Namun dari bagian atas ke bawah. Teknologi layar melengkung atau bahkan ditekuk memang kabarnya dapat dilakukan dengan komponen layar OLED. Jika benar akan membuat iPhone dengan layar melengkung, Apple harus menggunakan teknologi OLED yang saat ini masih dimonopoli oleh Samsung dan sebentar lagi terbagi ke LG.

Kembali pada Touchless Control, kabarnya teknologi serupa sudah ada di Samsung Air Gestures dan Google Project Soli. Namun dari sumber yang didapatkan Bloomberg, sistem Touchless Control dari Apple akan menggunakan cara yang berbeda.

Yaitu interaksi dengan layar yang lebih dekat dan mudah. Sayangnya tidak ada detail gambar atau purwarupa desain yang dibocorkan. Mengingat semuanya masih dalam tahap uji coba dan penelitian di level awal, belum ada kejelasan juga apakah Apple akan membawa teknologi ini di masa depan atau masih berupa riset saja.


Bocoran Spesifikasi 3 Varian iPhone Baru di Tahun 2018


Click to comment
To Top