News

Apple Klarifikasi Isu Face ID Gagal Digunakan Saat Apple Event

Face ID atau sistem keamanan di iPhone X adalah cara baru yang dikenalkan Apple sebagai pengganti Touch ID. Dengan serangkaian proses kecerdasan buatan, kamera dan sensor lain di bagian depan, kamu bisa membuka iPhone dengan cara menatapnya saja lalu swipe di layar. Sayangnya dalam demo penggunaan fitur tersebut, Face ID sempat gagal mengenali wajah Craig Federighi. Beragam tanggapan negatif dari sejumlah media dan Apple Fanboy langsung datang dalam bentuk rasa kecewa atau resah jika fitur ini tidak dapat berjalan semestinya saat produk dijual nanti.

Namun Apple hari ini sudah merilis klarifikasi mengenai masalah tersebut. Menurut Apple kepada website berita Yahoo, perangkat iPhone X dibawa oleh sejumlah tim panggung selama persiapan di Apple Event. Tanpa disadari orang tersebut mengarahkan iPhone X ke wajah dan membuat proses autentifikasi Face ID tidak mengenali – karena hanya terdaftar untuk wajah Craig Federighi. Sehingga hal ini membuat Face ID mematikan fitur secara otomatis dan pengguna harus memasukkan Passcode Lock sebagai standar keamanan kedua. Dapat kamu lihat dalam demo video Apple Event, Craig Federighi langsung berganti ke iPhone X cadangan di mejanya dan proses autentifikasi Face ID berjalan dengan lancar.

“People were handling the device for stage demo ahead of time,” says a rep, “and didn’t realize Face ID was trying to authenticate their face. After failing a number of times, because they weren’t Craig, the iPhone did what it was designed to do, which was to require his passcode.” In other words, “Face ID worked as it was designed to.”


Baca Juga:


Dapat kamu baca pada kutipan di atas, proses yang tampil di panggung bisa dibilang sebagai contoh nyata kegiatan menggunakan Face ID. Yaitu tidak akan membuka jika diarahkan kepada bukan pemilik setelah beberapa kali percobaan. Keamanan Passcode Lock akan menjadi kunci terakhir yang harus kamu masukkan secara manual, untuk dapat membuka Lockscreen.

Sebagai info tambahan, proses yang sama juga berlaku untuk fitur Touch ID. Silakan coba gunakan jari yang tidak kamu daftarkan untuk akses Touch ID selama beberapa kali. Setelah itu pasti perangkat iPhone tersebut akan meminta pengguna untuk memasukkan Passcode Lock. Hal yang sama juga akan terjadi jika kamu melakukan Force Restart pada perangkat iPhone, akses pertama kali untuk membuka Lockscreen harus menggunakan Passcode Lock.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai teknologi Face ID dari Apple? Apakah penasaran untuk mencoba fitur tersebut? Bagiakan di kolom komentar atau Tweet ke @MakeMac ya!


5 Tips Mengunci iPhone dengan Passcode Lock Ekstra Aman

Gambar

4 Comments
  • Kece.

  • Alvian Choiri Apriliansyah

    Saya nggak mudeng maksud-maksud dari beberapa media
    Bilangnya “Ya, Face ID fail karena Federighi gagal menunjukkannya, titik !” Terus komen-komennya “Saya setuju, Face ID adalah kegagalan besar, titik”
    Tapi kan sudah dijelaskan diatas, kalau Face ID juga BUTUH passcode saat pertama kali scan wajah. Di event juga sudah jelas di layar kalau begitu, tapi ya namanya orang cuma duduk-duduk, produk saja belum keluar, tapi banyak ngoceh, ya begitu -_-

    Seandainya 4 tahun lalu Touch ID didemokan, terus “gagal” karena butuh passcode, ya hype deh dengan “Touch ID, Big Fail, titik! :D

    Saya agak cerewet sih :D Tapi nggak mau deh karena kelebayan beberapa orang oleh hal yang sepele, harga diri Apple jadi turun

    • Gedhang

      They’ll still buy it tho…

  • nik

    wkwkwk in ga ini?

To Top