News

Apple Komitmen Buka Tiga Pusat R&D di Indonesia

Apple

Apple seperti diketahui sedang membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) miliknya di BSD City, Tangerang. Namun tidak hanya satu, pencipta iPhone itu direncanakan bakal membangun dua pusat R&D lainnya di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan. Hanya saja seperti dikutip Kumparan, Putu mengatakan Apple belum menetapkan lokasi untuk dua pusat R&D lainnya.

“Masih ada dua pusat R&D lagi yang akan dibangun. Tempatnya belum ditetapkan,” ujar Putu usai jumpa pers di kantor Kemenperin di Jakarta, Kamis (10/8).

Adapun pembangunan pusat R&D Apple di BSD City saat ini dikatakan Putu sudah terealisasi sekitar 30 persen. Dan pekan depan, Apple rencananya bakal menggelar acara pra-peluncuran fasilitasnya tersebut.

Pembangunan tiga pusat R&D tersebut sendiri merupakan aspek investasi yang dipilih Apple dalam upayanya untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) buat ponsel 4G LTE yang ditetapkan pemerintah Indonesia awal tahun ini.


Baca juga:


Dalam aturan TKDN, pemerintah Indonesia memberikan sejumlah opsi aspek investasi kepada vendor perangkat telekomunikasi supaya bisa menjual produk-produknya di sin, seperti lewat jalur manufaktur, pengembangan, aspek aplikasi, dan aspek investasi. Dan Apple memilih opsi yang terakhir.

Karena Apple sudah berkomitmen untuk membangun pusat R&D di Indonesia, pemerintah akhirnya menerbitkan izin kepada Apple untuk menjual produk-produk barunya. Salah satunya adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang diluncurkan awal tahun ini di pasaran Indonesia.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top