News

Apple Memperketat Rantai Pasokan MacBook, Potong Keuntungan Kontraktor

Apple dikabarkan punya aturan baru untuk para penyuplai suku cadang komputer Mac. Dikutip dari laman DigiTimes, untuk pertama kalinya Apple akan melakukan negosiasi secara langsung kepada pemasok pihak ketiga, khususnya komponen non utama. Seperti sekrup, logam dan plastik yang merupakan bahan dasar dari komputer Mac. Hal ini dikabarkan dapat menekan biaya hingga 10–15% dari proses pembelian bahan.

But the new move, if enforced as reported for new MacBook models to be launched later, would erase the 10–15% profits from the purchases of materials.

Sumber berita yang tim MakeMac dapatkan juga menyebutkan bahwa Apple sebelumnya tidak pernah melakukan intervensi pada material non-utama seperti laporan ini. Termasuk dengan komponen penyusun berupa prosessor, panel, baterai, sasis hingga modul pembuangan panas.


Baca Juga:


Sebelumnya para kontraktor yang ditunjuk Apple dapat secara bebas memilih pemasok lain untuk menyediakan komponen tersebut, namun dalam waktu dekat jika aturan ini diberlakukan, semuanya akan lebih diatur oleh Apple secara lengkap.

Beberapa mitra penjualan rantai pasokan dari Taiwan untuk produk MacBook juga sebelumnya sudah melakukan rapat dengan Apple. Bertempat di kantor pusat Apple, rapat tersebut memberikan penjelasan seputar kebijakan pengadaan komponen yang diperlukan. Hingga berita ini tim MakeMac bagikan, Apple tidak memberikan pernyataaan apapun atau komentar lebih lanjut.

Bagaimana pendapat kamu mengenai upaya Apple untuk lebih memperketat masalah pemasok suku cadang yang dipesan? Apakah akan membuat kualitas komputer Mac lebih meningkat atau mungkin untuk mencegah bocoran produk baru sebelum dirilis? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


Apple Rilis Laporan Perkembangan Tanggung Jawab Pemasok Tahunan

[source site_name = “digitimes” site_url = “https://www.digitimes.com/news/a20180604PD202.html”][/source]


Click to comment
To Top