News

Apple Merilis iPhone Xr dengan Liquid Retina Display, 6 Warna dan Face ID

Apple baru saja selesai mengumumkan iPhone Xr, sebuah penerus dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang memiliki spesifikasi dan harga dibawah iPhone Xs dan iPhone Xs Max.

Sebagai kelas paling bawah, hadirnya iPhone Xr seperti mengingatkan kembali adanya seri iPhone 5C ketika Apple mengumumkan iPhone 5S pada tahun 2013 yang lalu. Sayangnya, seri ini tidak diteruskan oleh Apple.

Namun seperti sengaja dibangunkan lagi, kini Apple justru merilis iPhone Xr yang mirip dengan iPhone 5C, yang hadir dalam varian 6 warna berbeda, yaitu: putih, hitam, biru, kuning, coral, dan merah sebagai (PRODUCT)RED.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Spesifikasi & Detail

Warna hanyalah sebagian kecil dari pembaruan yang diberikan oleh Apple. Sebagai permulaan saja, wajah iPhone Xr dilengkapi dengan panel LCD, bukan lagi permukaan OLED seperti yang digunakan pada deretan iPhone kelas atas milik Apple.

Layar yang tadinya hanya sebesar 5.5 inci pada iPhone 8 Plus, kini diperlebar menjadi 6.1 inci Liquid Retina Display. Apple juga menghilangkan tombol Home dan kamu tidak akan mendapatkan fitur 3D Touch. Sebagai gantinya, Apple menghadirkan teknologi baru bernama Haptic Touch, seperti yang didapat pada trackpad kaca milik MacBook. Tidak berhenti sampai disitu, Apple menerapkan fitur ‘tap to wake’ yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan layar dengan hanya mengetuk permukaan layar. Tidak seperti iPhone Xs dan Xs Max yang mendapatkan peningkatan soal kadar ketahanan air IP68, iPhone Xr masih menggunakan IP67.

iPhone Xr juga dilengkapi dengan kamera tunggal 12MP yang dapat mengambil gambar secara melebar, sama seperti yang terdapat pada iPhone Xs dan Xs Max. Sayangnya, dukungan mode Portrait pada iPhone Xr akan sedikit berbeda dengan yang ada pada dua iPhone diatasnya, yaitu menggunakan fitur image segmentation, iPhone Xr bisa mereplikasi hasil yang sama. Tidak ketinggalan juga mode TrueDepth yang tetap hadir pada iPhone Xr.

Fitur tersebut tentunya akan memakan daya yang cukup signifikan, dan Apple telah menyematkan baterai yang lebih besar daripada deretan iPhone sebelumnya. Menurut klaim Apple, baterai pada iPhone Xr akan lebih tahan lama satu jam 30 menit dibandingkan dengan baterai iPhone 8 Plus.

Akhirnya, sebagai selimut luar, Apple menggunakan bahan aluminium yang memungkinkan iPhone Xr untuk mempunyai berat yang lebih ringan dibanding seri iPhone lain serta memiliki warna yang tidak mengkilat seperti iPhone sebelumnya.

Hadirnya Face ID pada semua deretan iPhone terbaru ini memunculkan spekulasi bahwa untuk kedepannya, Apple tidak akan menggunakan Touch ID lagi.

Baca Juga:


Harga & Ketersediaan

iPhone Xr akan dijual seharga $749 untuk kapasitas 64GB, dengan varian model berkapasitas 128GB dan 256GB. Harga ini sedikit lebih murah dibandingkan seri terdahulunya iPhone 8 Plus.

Rencananya, iPhone Xr akan mulai tersedia untuk dipesan pada tanggal 19 Oktober mendatang bagi sebagian negara terpilih. Sayangnya, Indonesia belum termasuk pada daftar negara yang terpilih, jadi kita masih harus menunggu lagi sampai pengumuman Apple selanjutnya.


Selamat Datang iPhone Xs dan iPhone Xs Max: CPU A12 Bionic, Layar Besar, Dual SIM dan Kamera Canggih

https://makemac.com/wp-content/uploads/2018/09/iphone-xs-iphone-xs-max-1.jpg
Click to comment
To Top