News

watchOS 5 Bawa Fitur Kompetisi Olahraga, Walkie-Talkie dan Podcast

Apple mengenalkan watchOS 5 sebagai sistem operasi terbaru untuk Apple Watch di tahun 2018. Fokus yang diberikan adalah membantu kamu tetap sehat dan terhubung bersama pengguna lain. Beberapa fitur yang dikenalkan adalah Activity Sharing, Auto-Workout, fitur baru untuk olahraga lari, Walkie-Talkie, Apple Podcasts dan akses aplikasi pihak ketiga di bagian Watch Face untuk Siri.

Jeff Williams, Chief Operating Officer di apple menjelaskan bahwa Apple sangat bangga bisa membantu banyak orang dalam hal kehidupan, olahraga dan memantau kesehatan dengan Apple Watch.

“We’re thrilled with the positive impact Apple Watch is having on people’s lives,”

“Apple Watch is helping our customers stay connected, enhance their fitness and, in many cases, detect life-threatening conditions. With the launch of watchOS 5, we’re excited to introduce new activity and communications features that will take the Watch to a whole new level.”

Berikut ini sejumlah fitur baru di watchOS 5, simak langsung ya!

Kompetisi Olahraga

Di bagian Activity Sharing, kamu dapat menemukan fitur baru yaitu Activity Competition. Fitur ini akan mengajak kamu bersama teman-teman untuk berkompetisi selama sepekan dalam menjalankan beragam kegiatan dan mencatat Activity Rings, sesuai target yang diperlukan. Selain mengajak untuk terus bergerak dan berolahraga, Activity Competition juga memberikan notifikasi untuk mengajak kamu berlatih dan mendorong untuk memenangkan kompetisi dalam sepekan.

Auto Workout

Update watchOS 5 membawa fitur Auto Workout untuk kamu yang hobi bergerak dan mencatat beragam kegiatan olahraga. Sesuai namanya, fitur ini secara otomatis akan mendeteksi gerakan pengguna dan mulai melakukan catatan Workout yang sedang kamu kerjakan. Begitu juga saat berhenti, mode menghentikan catatan Workout akan dilakukan secara otomatis dan lebih akurat.

Yoga, Hiking dan Fitur Tambahan untuk Pelari

Apple melengkapi daftar Workout yang dapat kamu catat di watchOS 5. Yaitu Yoga dan Hiking, membuat fitur Workout genap menjadi 12 jenis olahraga yang bisa kamu catat.

Sedangkan untuk penggemar lari, ada data baru yang bisa kamu peroleh dari penggunaan watchOS 5 di perangkat Apple Watch. Mulai dari catatan Pace (langkah setiap menit), Pace Alarm untuk lari di luar ruangan dan metrik baru yaitu Rolling Mile Pace.

Walkie-Talkie

Fitur ringan yang menarik di watchOS 5 adalah Walkie-Talkie. Cara baru untuk berkomunikasi antar pengguna Apple Watch ini menggunakan desain yang menyenangkan dan mudah digunakan untuk semua usia. Apple menjamin fitur Walkie-Talkie dapat digunakan secara cepat dan personal antar pengguna Apple Watch, baik dalam koneksi Cellular atau Wi-Fi.

Podcast di Apple Watch

Setelah beberapa tahun menunggu, pengguna perangkat Apple Watch bisa menikmati konten Apple Podcasts tanpa perlu trik atau aplikasi tambahan. Ya, di watchOS 5 akhirnya Apple merilis dukungan Podcasts dan tentunya akses Siri sebagai cara yang lebih cepat.

Fitur baru yang diberikan untuk pengembang dan masih berhubungan dengan ini adalah akses musik, audibook dan sesi meditasi dalam mode offline plus akses dibalik layar.

Fitur Baru Lainnya

Masih ada beberapa fitur baru di watchOS 5 yang dapat segera kamu nikmati jika sudah rilis untuk pengguna umum. Seperti Siri yang mendukung akses dari Watch Face secara lebih maksimal, peningkatan fitur notifikasi dengan tampilan interaktif, serta Student ID Card yang bekerjasama dengan sejumlah kampus untuk mempermudah para pelajar menyimpan data identitas di Apple Watch.

Sebagai tambahan, Apple juga mengenalkan beberapa Watch Strap baru untuk menyambut musim panas di tahun 2018. Selain itu juga ada Watch Band edisi khusus Pride alias warna pelangi dan sekaligus Watch Face dengan warna yang senada.

Kapan watchOS 5 Rilis?

Sama dengan iOS 12, watchOS 5 akan hadir di musim gugur tahun ini alias sekitar bulan September 2018. Saat ini watchOS 5 baru tersedia untuk diuji coba oleh Apple Developer ya. Daftar perangkat Apple Watch yang mendukung watchOS 5 adalah Apple Watch Series 1, Apple Watch Series 2 dan Apple Watch Series 1. Perangkat Apple Watch generasi pertama menjadi satu-satunya yang tidak mendukung watchOS 5.


Apple Kenalkan iOS 12 dengan Perbaikan Performa, Memoji dan Mendukung iPhone 5s


Click to comment
To Top