Miscellaneous

Apple Ternyata Pinjam Logo untuk Face ID dari Komputer Mac Lawas

Face ID

Face ID adalah salah satu fitur baru dan andalan yang hanya dimiliki iPhone X. Meski baru, elemen yang digunakan berupa logo atau ikon wajah yang sedang tersenyum di fitur pengenalan wajah tersebut ternyata tidak benar-benar baru.

Buat pengguna komputer Mac lawas, logo wajah tersenyum tersebut tidaklah asing. Pasalnya, Apple pernah memakai logo yang disebut Happy Mac itu untuk komputer Mac generasi awal yang diluncurkan di era 1980-an.

Saat itu, logo Happy Mac dibikin untuk menandai bahwa komputer Mac sudah sukses melakukan booting. Namun logo ini sudah mengalami beberapa kali perubahan. Apple sekarang menggunakannya untuk ikon Finder di komputer Mac dengan rupa yang unik seperti kamu tahu.

Logo Happy Mac kuno itu sendiri dibikin seorang desainer bernama Susan Kare. Wanita yang pernah bekerja untuk Steve Jobs (alm.) di NeXT ini dikenal dengan karya-karya ikonnya fenomenal di komputer Mac, seperti Happy Mac, Steve Jobs, Bom, tempat sampah, disket, dan banyak lainnya.


Baca juga:


Dalam gambar, tampilan logo wajah tersenyum komputer Mac generasi pertama terlihat terpikselasi dengan bentuk kotak yang kental. Sedangkan di Face ID tampil dinamis dengan bentuk piksel yang halus dan bentuk senyum yang melengkung sempurna. Meski demikian keduanya sangat mirip.

Buat yang belum tahu, Face ID adalah untuk membuka kunci layar dan melakukan transaksi pembayaran Apple Pay di iPhone X. Fitur ini menggantikan sensor Touch ID di iPhone sebelumnya lantaran iPhone baru dengan harga premium tersebut sudah tidak mengadopsi tombol Home.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top