Roundups

5 Perbedaan Penting Apple TV 4 dan Apple TV 4K


Perangkat Apple TV generasi 4 (rilis tahun 2015) dan Appel TV 4K (rilis tahun 2017), terlihat sama persis jika kamu pandang secara sepintas. Namun sebetulnya banyak perbedaa penting barik dari sisi tampilannya dan teknologi hardware yang diusung.

Berikut ini daftar perbedaan penting di Apple TV 4 dan Apple TV 4K yang wajib kamu tahu:

Perbedaan Penting Apple TV 4 dan Appel TV 4K

5. Spesifikasi Hardware


Apple TV 4 yang rilis tahun 2015 menggunakan CPU Apple A8 (2 Core @1.4Ghz), RAM 2GB dan pilihan kapasitas penyimpaan 32GB dan 64GB. Setelah merilis Apple TV 4K, Appel TV 4 hanya tersisa dalam model 32GB saja.

Sedangka untuk Apple TV 4K, menggunakan CPU Apple A10X Fusion (3 Core @2.3GHz), 3GB RAM dan storage 32GB serta 64GB. Jika kamu hobi mengunduh dan nonton film serta games di ruang keluarga, saya sangat menyarankan untuk membeli Apple TV 64GB ya karena kapasistas penyimpanan yang besar dan tentunya harga tidak terlalu jauh berbeda.

4. Resolusi Video dan Beragam Teknologi Baru


Bagian paling seru di Apple TV 4K tentu saja ada di dukungan resolusi 4K (2160 piksel). Teknologi pendukung lainnya untuk menikmati audio dan video yang ada di Apple TV 4K adalah Dolby Vision dan HDR10.

Pastikan perangkat TV yang kamu gunakan juga sudah mendukung resoulsui 4K dan teknologi HDR 4K akan lebih disarankan. Layanan streaming yang kamu gunakan juga mustinya sudah harus menggunakan opsi berlangganana dengan pilihan resolusi 4K untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Mundur ke Apple TV 4, resolusi paling besar yang dapat didukung oleh perangkat ini hanya ada di 1080p. Pengguna juga tidak bisa menikmat mode HDR dan tentunya tidak perlu mempersiapkan TV dengan resolusi 4K agar dapat menikmati gambar terbaik di layar.

3. Port dan Koneksi Nirkabel


Apple TV 4 menggunakan koneksi 10/100BASE-T Ethernet, 802.11ac Wi‑Fi with MIMO dan Bluetooth 4.0 yang menjadi standar terbaik pada tahun 2015. Beberarapa teknologinya masih sangat baru dan cocok untuk pengguna di Indonesia dengan kecepatan internet sedang alias di kisaran 50Mbps atau lebih kecil.

Sedangkan Apple TV 4K, menggunakan koneksi Gigabit Ethernet, 802.11ac Wi‑Fi with MIMO, dual band (2.4GHz and 5GHz) dan Bluetooth 5.0. Tentunya penggunaan beberapa teknologi baru di Apple TV 4K hadir untuk membantu kamu menikmati streaming konten 4K dengan internet yang lebih cepat dan teknologi hardware yang mendukung.


Baca Juga:


2. Hilangnya Port USB-C dan Upgrade HDMI 2.0


Apple menghapus port USB-C di Apple TV 4K, sebelumnya ada di Apple TV 4 dengan fungsi utama pengecekan saja atau mencoba aplikasi oleh para pengembang. Masih membahas port di Apple TV, Apple juga meningkatkan mode konektor HDMI dari versi 1.4 menjadi 2.0 di Apple TV 4K.

Lanjut ke perangkat Siri Remote, tidak ada perubahan apapun pada kendali utama dari Apple TV ini. Semuanya masih sama baik secara bentuk, fungsi dan juga cara penggunaan standar yang pastinya kamu sudah familiar.

1. Paling Penting, Perbedaan Fisik dan Harga


Perbedaan paling penting dan mudah dibedakan dari semua catatan lain adalah fisik dari Apple TV 4 dan Apple TV 4K. Untuk Apple TV 4K, kamu akan menemukan grill atau lubang ventilasi tambahan di bagian bawah. Fungsi dari bagian ini adalah mengeluarkan udara panas dari dalam Apple TV secara lebih mudah karena hardware yang lebih tinggi pasti akan mengeluarkan panas ekstra.

Perbedaan berikutnya adalah harga dari Apple TV 4 dan Apple TV 4K yang terpaut tidak terlalu jauh jika dicek pada laman Apple Online Store di Amerika Serikat. Berikut ini daftarnya:

  • Apple TV 4 32GB: $149
  • Apple TV 4K 32GB: $179
  • Apple TV 4K 64GB: $199

Pilih Mana?

Jika kamu berencana mengambil Apple TV dalam waktu dekat, saya sarankan untuk mengambil Apple TV 4K. Alasannya sederhana saja, teknologinya lebih baru dan suatu saat kamu bisa menikmati secara lebih maksimal dengan membeli TV 4K. Namun jika kamu sudah menggunakan Apple TV 4, tunda saja rencana kamu untuk melakukan upgrade hingga ke versi Apple TV berikutnya.

Apakah kamu sudah menggunakan Apple TV? Fitur apa yang paling sering kamu gunakan, apakah nonton film, main games atau mungkin lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Aplikasi Video Player Terbaik untuk Pengguna macOS


Click to comment
To Top