Miscellaneous

Perbandingan Spesifikasi dan Harga Apple TV 4K dan Amazon Fire TV 4K

Fire TV 4K - Apple TV 4K
Fire TV 4K – Apple TV 4K, Foto: Business Insider

Apple TV 4K yang sudah meluncur di pasaran sejak pekan lalu akhirnya mendapatkan tantangan dari produk serupa dari Amazon. Toko daring terbesar di dunia asal Amerika Serikat tersebut kemarin mengumumkan Fire TV 4K

Lantas bagaimana jika kedua perangkat TV generasi baru dari Apple dan Amazon tersebut dikomparasikan? Dalam hal spesifikasi, Apple TV 4K jelas adalah pemenangnya meskipun banderol harganya lebih mahal.

Selain sama-sama sudah mendukung konten video dengan resolusi 4K, Apple TV 4K, dan Fire TV baru memiliki banderol harga dan spesifikasi yang berbeda. Banderol harga kedua perangkat TV mencapai $110.

Di pasaran, Apple menjual Apple TV 4K dengan harga mulai $179. Sedang Fire TV 4K dijual dengan harga $69. Harganya lebih murah daripada model sebelumnya yang dibanderol sebesar $89.

Apple-TV-4K-Fire-TV-4K

Meski mahal, Apple TV 4K menawarkan mesin yang jauh lebih bertenaga. Apple menyematkan CPU A11 Fusion Hexa-Core (6 inti) dengan kecepatan clock 2,38GHz, RAM dan kapasitas storage lebih besar, serta dukungan Bluetooth 5.0.

Bandingkan dengan Fire TV baru yang punya desain dan faktor bentuk lebih kecil daripada Apple TVK. Amazon hanya menjejali perangkat barunya tersebut dengan CPU Amlogic Quad-Core dengan kecepatan clock 1,5GHz, RAM 2GB, dan kapasitas storage 8GB.


Baca juga:


Kendati mendukung upgrade CPU, Fire TV baru ternyata dilengkapi dengan GPU Mali 450 MP3 yang merupakan versi rendah daripada Power VR GX6250 yang dimiliki model terdahulunya. Hal ini tampaknya cukup masuk karena faktor bentuknya yang tidak memadai untuk disematkan GPU tersebut.

Fire TV baru juga membawa kekurangan lain yaitu penggunanya tidak mendapatkan adaptor koneksi Gigabit secara gratis. Mereka harus membelinya secara terpisah dengan merogoh kocek tambahan $15.

Berikutnya di sisi software, Apple TV 4K menawarkan ekosistem aplikasi yang lebih lengkap. Apalagi Apple menjual film-film 4K dengan harga yang sama seperti film-film HD. Sebagai tambahan, aplikasi Amazon Prime Video juga siap menyambangi Apple TV 4K.

Fire TV baru bisa menjadi pilihan menarik karena harganya yang murah. Namun begitu, di balik banderol harganya yang mahal, Apple TV 4K menawarkan sejumlah keunggulan yaitu spesifikasi lebih tinggi dan ekosistem yang lebih baik.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/09/28/comparison-apple-tv-4k-vs-amazon-4k-fire-tv/”][/source]


Click to comment
To Top