News

Resmi Dikenalkan, Apple TV 4K Dukung Film 4K, HDR10, dan Dolby Vision

Judul

Apple akhirnya menjawab perkembangan teknologi televisi dengan resolusi tinggi (ultra high definition-UHD). Dalam gelaran special event malam tadi, mereka memperkenalkan Apple TV 4K generasi terbaru.

Dari namanya, Apple TV 4K mendukung konten-konten video 4K dan High Dynamic Range (HDR). Sehingga pengguna bisa dimanjakan dengan tampilan tayangan video atau film dengan gambar yang tajam, warna lebih kaya dan lebih nyata.

Untuk mendukung Apple TV 4K, Apple pun sudah menyiapkan katalog film 4K HDR di iTunes. Begitu tersedia, para pengguna bisa secara otomatis mengupgrade perpustakaan filmnya dengan film-film 4K HDR dari Apple.

Selain dari iTunes, para pengguna juga bisa menikmati film-film 4K di Apple TV 4K dari para penyedia layanan pihak ketiga. Beberapa di antaranya adalah Netflix yang sudah siap dan Amazon Prime Video rencananya bakal segera mendukungnya di masa datang.

Spesifikasi

Apple TV 4K

Dukungan konten video 4K di Apple TV 4K tidak lepas dari dapur pacu mumpuni dan kencang yang diusungnya. Apple TV 4K dibekali dengan chip prosesor A11X Fusion yang sebelumnya hadir di iPad Pro.

Dibekali dengan teknologi termutakhir, Apple TV 4K tidak saja mendukung Dolby Vision, tapi juga HDR10. Dua teknologi ini diklaim akan memberikan pengalaman menonton lebih mengagumkan daripada sebelumnya di TV 4K atau pun HDTV.

Siri dan Aplikasi Apple TV

Apple TV 4K

Apple TV semakin canggih dengan hadirnya Siri. Asisten pribadi yang kini punya suara alami dan lebih pintar tersebut bisa kamu gunakan untuk mencari dan mengakses film atau acara TV dengan kualitas gambar tinggi di Apple TV lewat kontrol suara kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan beragam film dan acara TV yang ingin kamu tonton melalui aplikasi TV. Aplikasi TV ini kini mendukung sekitar 60 layanan TV buat Apple TV dan perangkat iOS. Layanan TV-nya sendiri bakal terus bertambah dan mendukung tayangan olahraga berikut update informasinya.

Sayangnya, aplikasi TV baru tersedia di sejumlah negara. Menyusul AS, aplikasi TV bakal menambangi pengguna yang ada di Kanada dan Australia. Berikutnya, Apple meluncurkan aplikasi TV di Prancis, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Inggris, pada akhir tahun ini.

Dukung AirPlay 2

Apple TV 4K

Teknologi AirPlay 2 rencananya belum akan tersedia di Apple TV 4K. Namun Apple bakal menghadirkannya pada akhir tahun ini bersamaan dengan dirilisnya HomePod. AirPlay 2 memungkin Apple TV 4K untuk mengendalikan multispeaker yang mendukung AirPlay 2 sehingga menciptakan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik.

Harga dan Tanggal Rilis

Apple TV 4K

Apple TV 4K yang memiliki faktor bentuk serupa seperti generasi sebelumnya tersedia dua model dalam kapasitas ruang penyimpan yaitu 32GB dan 64GB. Masing-masing model dijual $179 dan $199. Sementara itu, Apple TV generasi keempat otomatis turun harga. Kini harga Apple TV tersebut dijual dengan harga mulai $149.

Buat kamu yang tertarik, Apple rencananya bakal membuka pemesanan pada tanggal 15 September dan meluncurkannya ke pasaran pada tanggal 22 September. Ada dari kamu yang berencana memilikinya?


Click to comment
To Top