Featured

Selamat Datang Apple Watch Series 3! Koneksi Cellular, CPU Lebih Cepat dan Sensor Baru

Apple mengenalkan Apple Watch generasi terbaru di Apple Event September 2017 pada bagian awal acara. Produk wearrable device terbaru ini menggunakan nama Apple Watch Series 3 yang mengedepankan fitur Cellular, CPU dual-core yang lebih kencang dan sensor barometric altimeter dan chip wireless baru.

Jeff Williams (Apple Chief Operating Officer) menjelaskan bahwa Apple Watch generasi baru dengan koneksi Cellular akan mengubah cara orang menggunakan Apple Watch. Yaitu kebebasan untuk menikmati komunikasi dengan Apple Watch seperti membalas pesan, menerima telpon atau mendengarkan katalog musik di Apple Music secara lebih mudah dan cepat.

“We believe the addition of cellular will transform the way people use Apple Watch, providing a new sense of freedom since they can stay connected with or without their iPhone,”

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Berikut ini beberapa teknologi baru yang ada di Apple Watch Series 3:

Teknologi Cellular

Sebagai awalan, Apple Watch Series 3 dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan tipe koneksi. Yaitu Apple Watch Series 3 (GPS + Cellular) dan Apple Watch Series 3 (GPS Only). Untuk Apple Watch Series 3 (GPS + Cellular), nomor yang ada di dalamnya sama dengan nomor di iPhone yang kamu gunakan. Apple menggunakan teknologi sim card elektronik (eSIM) yang bekerja sama dengan beberapa operator ternama di sejumlah negara untuk fitur tersebut.

Fitur utama dari koneksi Cellular di Apple Watch adalah bisa melakukan panggilan telepon, membalas pesan, memanggil Siri atau mendengarkan musik secara streaming dari Apple Music atau Beats1 Radio. Semuanya bisa dilakukan secara nirkabel dan tidak perlu membawa iPhone jika memang ingin kamu tinggal di rumah.

Apple juga menjelaskan bahwa Apple Watch Series 3 menjadi perangkat dengan koneksi Cellular pertama yang menggunakan layarnya sebagai antena. Ya, kamu tidak akan kesulitan mendapatkan sinyal, karena luas penampang layar di Apple Watch adalah antena untuk menerima dan mengeluarkan sinyal data LTE atau UMTS.

CPU Dual Core Apple S3

Apple S3 adalah inti utama dari Apple Watch Series 3 yang menggunakan jumlah inti dual-core. Dengan CPU baru tersebut, kamu bisa membuka aplikasi di Apple Watch secara lebih cepat, grafis lebih halus dan Siri yang bisa berbicara langsung di speaker milik Apple Watch. Bagian baru lainnya adalah Apple W2, wireless chip dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth yang lebih cepat dan tetap efisien.

Baterai di Apple Watch ini juga diklaim bisa dipakai seharian untuk beragam kegiatan. Apple juga menjelaskan sensor baru yang diberikan pada Apple Watch Series 3 yaitu barometric altimeter untuk mencatat beragam kegiatan luar ruangan seperti olahraga atau mungkin mendaki gunung.

Heart Rate App

Apple Watch Series 3 juga punya pengembangan sensor Heart App yang lebih detail. Yaitu deteksi detak jantung saat istirahat, berolahraga, pemulihan, jalan kaki dan mode Breathe. Pengguna Apple Watch juga bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi jika ada perubahan mendadak pada Heart Rate dan beberapa detail lainnya. Kamu juga sebentar lagi bisa menggunakan Apple Watch dengan beragam perangkat olahraga kardio yang mendukung GymKit. Hal ini bisa membuat pencatatan Workout menjadi lebih akurat dan tetap mudah dalam beberapa sentuhan saja ke layar.

Desain Baru Aplikasi Music

Karena bisa terkoneksi ke jaringan Cellular dan mendukung streaming, Apple Watch Series 3 juga dibekali dengan perubahan aplikasi Music. Yaitu mode Sync dengan akun Apple Music yang kamu gunakan untuk menampilkan bagian New Music Mix, Favorites Mix, serta musik yang paling sering kamu dengarkan. Aplikasi Radio juga punya tampilan baru yang bisa membantu kamu mendengarkan Beats 1 Live Radio, tanpa menggunakan iPhone atau terhubung ke Wi-Fi.


Baca Juga:


Beberapa Jenis Apple Watch Series 3

Apple Watch Series 3 (GPS + Cellular) dijual mulai dari $399 dan Apple Watch Series 3 (GPS Only) mulai dari $329. Perbedaan utama dari tampilannya adalah titik warna merah di Digital Crown untuk Apple Watch dengan koneksi Cellular serta Watch Face dengan mode Explorer yang menampilkan kekuatan sinyal.

Secara jenisnya, Apple Watch Series 3 terbagi dalam 4 macam ya. Yaitu:

  • Apple Watch Series 3 (Aluminum, Stainless Steel)
  • Apple Watch Nike+
  • Apple Watch Hermes
  • Apple Watch Edition (Ceramic)

Setiap jenis di atas juga dibagi lagi menjadi berdasarkan ukuran (38mm atau 42mm), serta beberapa warna strap yang diberikan. Kali ini Apple juga sekaligus merilis desain strap baru bernama Sport Loop dalam beberapa warna ekslusif. Apple Watch Edition (Ceramic) yang sebelumnya hanya ada dalam warna putih, kini juga tersedia dalam warna hitam.

Tertarik untuk membeli Apple Watch Series 3? Proses preorder bisa mulai dilakukan pada tanggal 15 Septembr dan pembelian umum di tanggal 23 September. Khusus untuk Apple Watch dengan koneksi Cellular, hanya dijual di beberapa negara saja seperti Australia, Kanada, Amerika Serikat, Tiongkok, Perancis, Jerman, Jepang, Puerto Rico, Swiss dan Inggris. Sedangkan untuk versi GPS Only akan dijual di belasan negara tambahan, paling dekat dengan Indonesia adalah Singapura dan Hong Kong.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top