News

Awas! Games dengan Akses Mikrofon Bisa Mencuri Dengar Siaran TV


Bermain games di perangkat gadget adalah kebiasaan yang banyak dilakukan para pengguna. Sebagian besar games yang kamu kenal pasti ada yang menggunakan sistem memperoleh pendapatan dengan iklan. Namun tahukan kamu, ternyata diam-diam untuk menampilkan iklan yang sesuai, ada games yang memasang sistem “mencuri dengar” lewat mikrofon. Dikutip dari laman New York Times, pelanggaran privasi ini dilakukan oleh games yang menggunakan layanan Alphonso Automated Content Recognition (ACR).

Using a smartphone’s microphone, Alphonso’s software can detail what people watch by identifying audio signals in TV ads and shows, sometimes even matching that information with the places people visit and the movies they see. The information can then be used to target ads more precisely and to try to analyze things like which ads prompted a person to go to a car dealership.

Sesuai dengan kutipan di atas, Alphonso ACR bekerja dengan cara mengaktifkan mikrofon di perangkat ponsel atau tablet ketika kamu bermain. Mikrofon ini akan menangkap suara dari sekitar seperti TV yang sedang kamu tonton dan mendapatkan data suara. Setelah itu data akan diolah, guna menampilkan iklan yang relevan. Misalkan kamu suka melihat acara sepakbola, iklan dengan tema olahraga akan hadir di games tersebut. Bahkan lebih berbahaya lagi, akses mikrofon ini tetap terbuka alias dapat merekam data suara saat kamu sedang tidak bermain dan meninggalkan aplikasi di belakang layar.

Kabarnya ada lebih dari 250 games yang sudah menggunakan sistem ini di Google Play Store. Namun NY Times mengklaim bahwa pengguna di App Store masih aman dari celah privasi tersebut. Pihak Alphonso tidak ingin memberikan list aplikasi yang sudah bekerjasama dengan sistem ACR yang mereka buat ataupun jumlah data yang berhasil dikumpulkan.


Baca Juga:


Ashish Chordia, petinggi di Alphonso ACR menjelaskan bahwa layanan mereka tidak ditujukan untuk aplikasi atau games yang mengincar pengguna anak-anak. Namun kenyataan berkata lain, sejumlah games dengan tema edukasi dan permainan sederhana untuk anak ternyata sudah menggunakan sistem tersebut sejak bulan lalu. Chordia juga memberikan tambahan keterangan bahwa semua hal mengenai perekaman data ini dibuat sangat transparan, pengguna tetap mendapatkan peringatan untuk mengaktifkan mikrofon sepanjang pernggunaan aplikasi dan penjelasan Alphonso ACR di laman deskripsi. Namun siapa sih yang peduli dengan 2 penjelasan itu, saya yakin tidak banyak pengguna yang sempat membaca hal tersebut sebelum bermain.

Bagaimana pendapat kamu mengenai kecanggihan teknologi Alphonso ACR dan celah privasi untuk memberikan iklan bertarget tersebut? Apakah setuju atau tidak merasa terganggu? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment
To Top