News

(Video) Tes Penggunaan Baterai di iOS 10.3.1 dan iOS 10.3.2



Apple merilis update iOS 10.3.2 bagi pengguna umum beberapa hari lalu. Update ini hanya bersifat perbaikan bug system dan beberapa peningkatan keamanan. Namun pastinya banyak yang penasaran, apakah update ini membuat pengguna iPhone atau iPad mendapatkan baterai yang lebih hemat?

Akun YouTube iAppleBytes mencoba membuat sebuah battery test alias percobaan kekuatan baterai di perangkat iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6s. Keempat perangkat tersebut diuji coba dengan cara yang cukup sederhana untuk mendapatkan diagnosa mengenai iOS 10.3.2 yang lebih hemat baterai atau mungkin malah lebih boros.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Dapat kamu lihat dari video di atas, keempat perangkat tersebut baru selesai charging dan mendapatkan pengaturan yang sama yaitu kecerahan layar dalam mode sedang dan langsung membuka aplikasi Geekbench. Aplikasi ini berfungsi untuk memberikan stress test terhadap penggunaan baterai dan juga pengecekan performa perangkat dengan benchmark.

Setelah data dicatat, 4 jenis iPhone berbeda ini mendapatkan update iOS dengan cara OTA Updates ke iOS 10.3.2. Kembali dilakukan proses charging dan ditunggu beberapa saat baru dilakukan tes ulang dengan Geekbench untuk stress test terhadap baterai sekaligus benchmark. Hasilnya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.


Baca Juga:


Update iOS 10.3.2 terbukti membuat baterai lebih hemat namun hanya selisih beberapa menit saja daripada iOS 10.3.1. Sedangkan untuk skor benchmark juga naik dalam rentan poin 20–40 poin untuk setiap jenis perangkat. Peningkatan paling besar terjadi pada perangkat iPhone 6s yang bisa mendapatkan waktu 5 jam 14 menit dan skor 3140.

Sayangnya dalam tes ini tidak ada perangkat iPhone 7 atau iPhone 7 Plus yang turut diuji ketahanan baterainya pada iOS 10.3.1 dan iOS 10.3.2. Saya pribadi sebagai pengguna iPhone 7 Plus merasakan bahwa baterai di iOS 10.3.2 sedikit lebih hemat dan memang lebih gegas pada beberapa proses. Namun tentunya pendapat ini harus dibuktikan dengan sebuah tes seperti di atas ya. Bagaimana dengan perangkat iOS yang kamu gunakan di iOS 10.3.2? Apakah baterainya juga lebih hemat atau tidak merasakan perbedaan apapun? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Geekbench 4 · Harga: 15000


5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. Gusti

    11 June 2017 at 22:50

    Batre tambah boros , biasa ngecharge sehari 1x sekarang sampe 2x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top