News

Bocoran iOS 11 GM Dilakukan Orang Dalam dan Merugikan Apple

Update iOS 11 GM yang bocor beberapa hari lalu memang memberikan banyak info baru. Terutama jelang Apple Event dalam waktu dekat, sebagian besar info produk baru yang akan diumumkan oleh Apple, sudah bocor lewat dokumen sistem operasi iOS 11 yang diduga berupa versi final alias GM (Gold Master). Sejumlah jurnalis dan pengamat produk Apple menjelaskan bahwa ini bocoran terbesar yang pernah ada di pengumuman Apple.

Bahkan John Gruber dari Daring Fireball berpendapat, bocoran iOS 11 GM ini diberikan secara langsung oleh orang dalam Apple kepada 2 website besar yaitu 9To5Mac dan MacRumors. Tidak hanya satu jenis IPSW saja, namun kabarnya semua IPSW iOS 11 GM untuk beragam perangkat iPhone dan iPad sudah dibocorkan kepada kalangan terbatas.

The list of URLs they leaked included every device. The least amount of heretofore unknown information that was going to come out of this leak was massive, and whoever leaked it knew that.


Baca Juga:


Dalam catatan yang tim MakeMac dapatkan, para jurnalis ini mengatakan bahwa bocoran info yang diberikan oleh orang dalam Apple ini sudah mengungkap terlalu banyak hal. Hal tersebut harusnya dikenalkan Apple pada Apple Event September 2017 mendatang. Apple bisa saja kehilangan kejutan yang sudah dipersiapkan oleh Tim Cook dan para petinggi lainnya dalam pengumuman Apple Event kepada publik. Seperti pengumuman iPhone X, Apple Watch LTE atau mungkin hal lainnya. Namun pastinya semua detail yang ada di setiap pengumuman tersebut masih tetap dipegang oleh Apple ya.

Saat artikel ini tim MakeMac bagikan, pihak Apple belum memberikan komentar apapun. Jalur update (TSS Server) untuk iOS 11 GM juga kabarnya masih tetap dibuka oleh Apple meskipun mereka tahu bahwa update ini telah bocor.

Saya pribadi merasa bocoran info untuk produk Apple yang akan rilis terasa sangat masif mulai tahun ini. Bisa kamu cek di arsip berita tahun lalu, info untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak bocor sebesar ini dan pengumuman dari Apple mendapatkan perhatian besar seperti sebelumnya. Bisa saja pengumuman dengan tagline andalan Apple yaitu “One More Thing” di Apple Event September 2017 nanti, menjadi hal yang tidak lagi istimewa karena sudah bocor dari banyak info sebelumnya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai bocoran info jelang Apple Event 2017? Apakah ini akan merugikan Apple atau tetap biasa saja? Bagikan di kolom komentar ya!


4 Hal Penting yang Bocor di iOS 11 GM: Wallpaper Baru, Apple Watch LTE, Face ID, iPhone X


1 Comment

1 Comment

  1. Yohan

    13 September 2017 at 17:05

    Biasa saja dan masih tetap setia sama apple. Yg penting tetap berinovasi terhadap pengguna setianya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top